Marketing

Tips Menentukan Segmentasi Pasar dengan Efektif

Sebelum melakukan strategi pemasaran sudah seharusnya seorang pengusaha mengetahui cara menentukan segmentasi pasar. Namun, sebenarnya apa itu segmentasi pasar? Dan bagaimana cara menentukannya? Nah, kali ini kita akan membahas “Tips Menentukan Segmentasi Pasar dengan Efektif” dimulai dari pengertian hingga kiat-kiatnya.

Untuk membahas lebih jauh lagi, yuk simak poin-poin di bawah ini!

Definisi Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar sesungguhnya adalah sebuah kegiatan memilah serta mengelompokkan produk sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumennya. Biasanya segmentasi pasar dilakukan di awal dengan pengelompokkan konsumen sesuai dengan karakteristik, daya beli, serta kebutuhan yang berbeda-beda.

Tujuan utama dari penentuan segmentasi pasar sendiri adalah untuk meningkatkan efektifitas pemasaran yang akan dilakukan. Karena sejatinya setiap konsumen pasti memiliki target pembelian produk yang berbeda. 

Jenis-jenis Segmentasi Pasar

1. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis adalah pengelompokkan konsumen berdasarkan batas-batas wilayah. Contoh pembagian berdasarkan batas-batas wilayah adalah segmentasi berdasarkan kota, kabupaten, negara, atau radius tertentu. 

2. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis dilakukan berdasarkan data statistik konsumen. Data statistik yang dimaksud adalah umur, jenis kelamin, latar belakang, pendidikan, domisili, hingga jabatan atau pendapatan.

3. Segmentasi Perilaku 

Segmentasi perilaku dapat diterapkan untuk membantu Anda mengetahui kebiasaan dan tingkah laku konsumen dari bisnis Anda. Variabel yang dijadikan sebagai tolok ukur dari segmentasi perilaku antara lain pengetahuan, sikap, reaksi, dan penggunaan produk barang atau jasa oleh konsumen.

Segmentasi perilaku memiliki keterkaitan erat dengan proses pengambilan keputusan (decision making) seorang konsumen. Dengan penerapan segmentasi perilaku yang baik, Anda bisa dengan mudah menyusun strategi untuk mendapatkan brand loyalty dari bisnis Anda.

4. Segmentasi Waktu

Segmentasi waktu berarti mengelompokkan konsumen ke dalam waktu-waktu tertentu. Melalui segmentasi waktu, sebuah brand dapat mengetahui saat-saat konsumen melakukan pembelian dalam jumlah besar yang berdampak pada peningkatan dan penurunan penjualan.

Sebagai contoh, menjelang Ramadhan produk terkait bingkisan, pakaian muslim, dan makanan sebagian besar mengalami peningkatan. Dengan memanfaatkan segmentasi pasar, Anda dapat menyusun strategi produk seperti apa dari bisnis Anda yang tepat dipasarkan dalam momen-momen tertentu.

5. Segmentasi Harga

Segmentasi harga memiliki keterikatan erat dengan daya beli konsumen. Kemampuan ekonomi setiap orang yang berbeda-beda berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Sebagian orang mampu membeli produk dengan harga tinggi, tetapi tidak bagi sebagian yang lainnya. 

Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan variasi harga terhadap produk dengan segmentasi yang tepat agar dapat menjangkau sebagian besar lapisan konsumen. 

Tips Menentukan Segmentasi Pasar yang Efektif

  • Tentukan Target Pasar

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menentukan target pasar mana yang akan kamu pilih. Ada 3 jenis target pasar yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Pelanggan Baru

Pelanggan baru/new consumer adalah konsumen yang sebelumnya belum pernah menjadi target pasar kamu, jadi kamu harus mencari dan menyasar konsumen-konsumen baru.

  • Pelanggan Yang Sudah Ada

Pelanggan yang sudah ada/Exist Consumer adalah konsumen yang sebelumnya sudah pernah menjadi target pasar kamu, konsumen-konsumen ini biasanya dapat menunjang bisnis kamu dalam jangka panjang.

  • Pelanggan Pendukung

Pelanggan pendukung/Supported Consumer adalah konsumen yang 

Berdasarkan pada 3 target pasar di atas, kamu bisa mulai untuk menganalisis demografi, harga, dan produk apa yang akan kamu buat.

  • Analisis Masalah dan Kebutuhan Konsumen

Langkah kedua adalah mencari tahu kebutuhan dari konsumen. Sebelum membuat produk ada baiknya kamu mengetahui produk seperti apa yang akan menjawab masalah atau kebutuhan dari konsumen Anda. Produk yang dapat menjawab kebutuhan dan masalah konsumen memiliki peluang terjual yang lebih besar. Lalu bagaimana cara mendapatkan informasi terkait produk yang konsumen butuhkan? Anda bisa menanyakan langsung ke konsumen melalui kuesioner atau melakukan rangkaian tes produk. 

  • Mengetahui Karakter dan Psikologis Konsumen

Selanjutnya pahami karakteristik dan psikologis konsumen. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tahu, apakah produk yang terjual karena memang sebuah kebutuhan atau karena trend/booming saja?

Jika hanya karena tren saja, produk yang Anda miliki hanya akan terjual cepat dan dalam jumlah yang banyak saat musimnya saja. Berbeda jika alasannya karena suatu kebutuhan, produk yang terjual karena menjawab kebutuhan konsumen akan terus-menerus dicari dan terjual walaupun mungkin jumlahnya tidak akan sebanyak produk yang terjual karena tren atau saat booming.

  • Riset dan Olah Data Konsumen

Setelah mendapatkan data kebutuhan, karakter, serta psikologis konsumen saatnya untuk mengolah data-data tersebut. Saat mengolah data yang ada Anda akan mengetahui produk mana yang berpeluang besar untuk dijual dan sesuai dengan target pasar. 

  • Memilih Strategi Pemasaran Produk

Jika sudah melalui riset olah data, Anda dapat berlanjut ke pemilihan strategi pemasaran produk. Perlu diingat bahwa setiap target pasar mempunyai strategi pemasaran yang berbeda. Jadi, Anda perlu untuk menyesuaikan strategi pemasaran dengan target pasar.

Menentukan segmentasi pasar yang efektif sangat bermanfaat sekali di masa sekarang. Bila Anda bisa memanfaatkan segmentasi pasar dengan baik dan benar, maka bisnis atau usaha yang dijalankan akan lebih terarah dan terukur. Ketika bisnis sudah mulai stabil dan terarah, maka untuk mengembangkan usaha akan lebih mudah lagi. 

Selain melakukan segmentasi pasar yang tepat, salah satu cara untuk mengembangkan usaha adalah dengan mendapatkan pembiayaan. Produk pembiayaan dari Investree dapat menjadi solusi untuk mengembangkan bisnis pribadi ataupun memberdayakan UMKM. Ingin tahu lebih lanjut tentang pengajuan proses pembiayaan yang mudah? Gabung Investree sekarang juga.

Sumber: 

https://www.ocbcnisp.com/en/article/2022/03/11/segmentasi-pasar-adalah

https://www.xendit.co/id/blog/mengapa-segmentasi-pasar-mempengaruhi-keberlangsungan-bisnis/#:~:text=4.%20Segmentasi%20Harga&text=Segmentasi%20harga%20dilakukan%20berdasarkan%20kemampuan,membeli%20produk%20dengan%20harga%20murah

Share this Post