8 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

Memulai bisnis membutuhkan persiapan yang matang. Tidak hanya dari sisi biaya modal usaha, namun juga kesiapan Anda menghadapi badai ekonomi ataupun permasalahan dalam bisnis. Bila bisnis Anda masih tergolong bisnis pemula, mungkin Anda bisa meminjamnya pada orang tua ataupun keluarga. Namun, saat bisnis Anda mulai tumbuh dan berkembang, Anda pasti membutuhkan modal usaha yang lebih besar.

Untungnya, saat ini banyak sekali pinjaman modal usaha yang bisa Anda peroleh dengan beragam persyaratan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari pinjaman konvensional seperti bank, koperasi, hingga fintech.

Selain modal usaha, Anda harus memiliki rencana atau rancangan bisnis yang jelas. Hal ini menjadi nilai plus serta bisa memudahkan Anda  untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.  Nah, jika Anda merasa terjegal oleh modal dan kesulitan mencari tambahan modal usaha, yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Tabungan Pribadi

Untuk mendapatkan modal usaha, terutama Anda yang baru memulai bisnis adalah dengan menggunakan tabungan pribadi. Walaupun umumnya, tujuan menabung adalah untuk menikah, pendidikan anak, liburan, bahkan Anda bisa menyisihkan pendapatan Anda untuk memiliki modal usaha bisnis pertama Anda.

Jika Anda memilih tabungan pribadi menjadi sumber modal usaha, Anda harus mematangkan konsep bisnis Anda dan memiliki beberapa rencana cadangan untuk bisnis Anda. Namun, pastikan Anda memiliki dana untuk kehidupan sehari-hari ya!

2. Keluarga atau Teman Dekat

Beruntunglah jika Anda memiliki teman dekat ataupun keluarga yang akan mendukung apapun kegiatan bisnis Anda. Tidak apa jika Anda ingin meminjam modal usaha pada mereka lho! Walaupun Anda meminjam pada orang terdekat ataupun keluarga, bukan berarti Anda bisa mengembalikan sembarangan.

Pastikan Anda mengembalikan pinjaman modal usaha tersebut sesuai jumlah dan waktu yang ditentukan. Bahkan Anda bisa mengembalikan lebih cepat jika bisnis Anda memiliki keuntungan yang berlipat. Sebab, jika terlambat, bisa jadi uang akan mengacaukan pertemanan Anda ataupun hubungan dengan keluarga Anda.

Baca Juga: 4 Modal Usaha Pasca Pandemi: Wajib Kamu Coba!

3. Perbankan

Selain dua opsi pinjaman modal usaha di atas, Anda juga memiliki opsi lain yaitu meminjam uang pada bank. Wajib Anda ingat, pilihlah bank yang sesuai dengan kriteria bisnis Anda. Mulai dari bunga, tenor, dan persyaratan-persyaratan lainnya.

Sebab, jika Anda telat membayar kredit pinjaman modal usaha tersebut, Anda bisa saja masuk daftar hitam dunia bank. Bahkan Anda bisa didatangi penagih hutang jika Anda telat membayarkan pinjaman modal usaha Anda.

4. Crowdfunding

Istilah ini pasti tidak asing di telinga orang. Yap! Crowdfunding merupakan bentuk penggalangan dana untuk beragam baik untuk profit ataupun non profit. Penggalangan dana ini dilakukan di sosial media melalui sebuah platform.

Nantinya, platform tersebut dapat menghubungkan Anda dengan orang yang akan membantu Anda mewujudkan mimpi bisnis yang Anda jalani. Tapi ingat, Anda harus pintar mengemas produk bisnis Anda agar bisa menarik orang yang akan berinvestasi pada bisnis Anda.

Agar menarik perhatian netizen dunia maya, Anda harus memberikan sesuatu yang menarik seperti contoh produk ataupun giveaway agar mereka tertarik untuk berinvestasi pada bisnis Anda.

5. Menjual Aset

 Cara lain untuk mendapatkan tambahan modal usaha adalah menjual aset yang dimiliki. Anda bisa menjual perhiasan, properti, ataupun kendaraan bermotor dan memanfaatkannya untuk modal usaha.

Patut diingat, Anda harus mempertimbangkan untung rugi ketika Anda memutuskan untuk menjual aset tersebut. Anda juga harus memiliki perhitungan yang matang. Jangan sampai Anda tidak memiliki tempat bernaung karena terlanjur menjual aset yang Anda miliki.

6. Cari Rekan Bisnis yang Sesuai

Rekan bisnis merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal usaha saat Anda akan memulai bisnis. Anda perlu mencari kawan bisnis yang bisa menyeimbangi keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Sehingga Anda tidak boros di awal saat memulai bisnis.

Carilah rekan bisnis yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis Anda. Sehingga nantinya biaya modal usaha akan lebih cepat kembali dan bahkan bisa saja menambah value dari bisnis Anda sendiri. Kriteria utama yang juga harus Anda pertimbangkan adalah mencari rekan bisnis yang memiliki visi dan misi sama dalam menjalankan bisnis bersama.

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Melalui Pembiayaan Syariah

7. Mengikuti Program Pemerintah

Nah, cara lainnya untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti program pemerintah yang mendukung UMKM. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar memajukan UMKM agar dapat berkembang pesat dan nantinya akan memajukan perekonomian Indonesia.

Melalui lembaga perbankan pemerintah dan swasta banyak sekali menawarkan pinjaman modal usaha bagi UMKM. Terutama di masa pandemi ini, perusahaan baik besar dan kecil banyak yang gulung tikar. Sebagai bentuk dukungannya, pemerintah menggalakkan program dukung UMKM agar roda ekonomi kembali hidup. Salah satunya adalah program KUR.

8. Angel Investor

Angel Investor merupakan orang yang memiliki aset kekayaan lebih dari 1 juta dolar AS. Tak hanya perseorangan, biasanya mereka yang disebut investor malaikat ini tergabung dalam angel investor lainnya.

Untuk menarik minat para angel investor, Anda harus membuat proposal bisnis dan perencanaan yang menarik. Tentu jika mereka berminat, puluhan juta suntikan dana siap Anda dapatkan.

Itu dia 8 cara yang dapat Anda coba untuk mendapatkan modal usaha. Wajib diingat adalah saat Anda ingin membuat bisnis, siapkan rencana bisnis dan proyeksi lima tahun kedepan mengenai bisnis Anda. Ingin alternatif lain? Anda bisa mencoba mendaftar di Investree! Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Daftar di sini sekarang!