Tips Hemat Liburan Akhir Tahun: Nikmati Liburan Tanpa Merusak Dompet Kamu

Tips Hemat Liburan Akhir Tahun: Nikmati Liburan Tanpa Merusak Dompet Kamu

Libur natal dan tahun baru 2023 sudah ditetapkan oleh pemerintah. Setidaknya kamu mendapat hari libur 4 hari (23 – 26 Desember 2023). Belum lagi kalau ditambah sisa cuti tahun ini, bakal lebih panjang.  

Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk istirahat atau liburan akhir tahun. Eits, tapi tetap harus disesuaikan dengan budget, ya. Jangan berlebihan, nanti kamu sendiri yang pusing. 

Nah, berikut Investree punya beberapa tips liburan hemat akhir tahun biar nggak boncos. Simak, yuk!

Tips hemat liburan akhir tahun

Jika kamu ingin berlibur, ya, sah-sah saja. Tapi ingat, harus sesuai budget biar nggak perlu ngutang. Liburan dengan uang utangan, nggak bikin stres hilang, lho! Makanya simak dulu tips hemat liburan akhir tahun berikut!

Menabung dari jauh-jauh hari

Sebelum momen liburan tiba, sebaiknya kamu persiapkan anggaran untuk berlibur. Caranya, tentukan besar anggaran, lalu waktu yang dibutuhkan untuk menabung. Misal, kamu butuh dana liburan Rp10 juta, besar dana yang bisa disisihkan tiap bulan sebesar Rp1 juta. 

Itu artinya, kamu harus menabung dana liburan selama 1 tahun. Jika dana yang terkumpul lebih, alokasikan dana tersebut untuk keperluan tak terduga. Jadi, sesuaikan budget liburan akhir tahun dengan jangka waktu menabung. Lebih cepat dimulainya, tentu lebih baik.   

Baca juga: 6 Strategi Menabung dengan Budget Minim ala Ibu Rumah Tangga  

Sesuaikan dengan budget liburan

Setelah kamu menetapkan anggaran liburan akhir tahun, pilih kebutuhan transportasi, akomodasi, dan konsumsi yang sesuai budget tersebut. Buat prioritas pengeluaran, sehingga tidak melebihi anggaran.

Selain itu, kamu harus berani batasi pengeluaran agar tidak over budget. Urungkan niat membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Jika ingin belanja, lakukan sesuai anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jangan sampai bela-belain untuk menambah utang.   

Pilih tempat wisata murah

Nah, untuk menghindari over budget, selama berlibur jangan terlalu sering mendatangi pusat perbelanjaan. Kamu akan tergoda untuk belanja terus, dan tidak memikirkan hal lain yang masih dibutuhkan. 

Coba berlibur ke tempat-tempat wisata alam yang tidak membutuhkan dana besar. Wisata alam akan membuatmu benar-benar melakukan healing. Bisa juga coba tujuan wisata baru berbiaya rendah, yang belum pernah dicoba sebelumnya.   

Baca juga: 7 Trik Menghemat Anggaran Saat Staycation Bareng Keluarga

daftar lender investree sekarang

Bayar kewajiban sebelum berlibur

Sebelum kamu pergi berlibur, pastikan uang bulanan untuk satu bulan ke depan sudah dipisahkan. Jangan sampai terpakai saat kamu liburan, karena setelah liburan selesai, kamu akan kembali ke kehidupan sehari-hari. Jangan sampai uang bulanan kamu habis. 

Lebih baik lagi bila kamu bayar dulu semua tanggungan dan utang, seperti uang spp sekolah anak, kredit kendaraan, KPR, sampai tagihan kartu kredit. Jadi, uang untuk bayar kewajiban tidak berisiko terpakai, dan pulang-pulang liburan kamu sudah tenang. 

Tak perlu pamer di medsos

Salah satu penyebab anggaran berlibur jadi over budget karena ingin memenuhi kebutuhan flexing di media sosial. Ya, jika anggaran kamu mencukupi untuk kebutuhan tersebut, tak masalah. Tapi, jika tidak – please, jangan dipaksakan. Kamu sendiri nanti yang rugi, padahal follower cuma lihat sesaat. 

Untuk posting foto di media sosial tak perlu dengan kemewahan, kok. Yang penting bisa menghasilkan foto yang apik sehingga terlihat indah. Foto nuansa alam juga tak kalah menarik dengan foto di hotel bintang lima. Cobain, deh!   

Ide liburan akhir tahun hemat budget

Ada banyak, kok, aktivitas seru hemat budget untuk mengisi liburan akhir tahunmu. Apa saja? Yuk, cari tahu!

Wisata alam

Jika kamu ingin healing, wisata alam bisa jadi pilihan karena alam dapat memberikan ketenangan. Ada banyak destinasi wisata alam yang indah, instagramable, dan affordable. Seperti, Air Terjun Madakaripura di Probolinggo, Candi Prambanan di Yogyakarta, Pantai Sawarna di Banten, atau hamparan sawah hijau di Buleleng dan Ubud.   

Wisata petualangan

Jika kamu pecinta kegiatan yang memicu adrenalin, wisata petualangan sangat cocok. Ada banyak pilihan aktivitas petualangan yang bisa kamu pilih, seperti paralayang di Yogyakarta, panjat tebing (Citatah) di Jawa Barat, arung jeram (Green Canyon) di Pangandaran, atau kayaking di Nusa Lembongan. 

Wellness tourism

Liburan akhir tahun juga bakal seru kalau diisi dengan aktivitas wellness tourism. Wisata ini lebih fokus pada kegiatan yang dapat memberikan kedamaian jiwa sehingga menunjang kesehatan mental dan emosional. Aktivitasnya seperti wisata yoga di Taman Kyai Langgeng – Malang, perawatan spa di Bali, atau meditasi di Candi Borobudur saat bulan purnama. 

Wisata kuliner

Nah, buat kamu yang hobi makan sekaligus ngonten, wisata kuliner bisa jadi pilihan tepat. Ada banyak kafe dan restoran yang menawarkan makanan dan minuman yang instagramable. Kamu juga bisa menjajaki kuliner street food, misal di Galabo – Solo, Gang Lombok – Semarang, atau Jalan Cibadak – Bandung. Sekalian aja bikin review buat konten.   

Sekarang coba liat, berapa total tabungan yang sudah berhasil kamu kumpulkan? Kamu bisa sesuaikan tujuan liburan dengan budget yang dimiliki. 

Baca juga: Inilah 5 Cara Menabung untuk Liburan ke Korea

Tapi, kalau masih punya banyak utang, mending keinginan untuk liburan akhir tahun ditunda dulu. Prioritaskan untuk membayar utang. Biar liburan kamu jadi lebih tenang. Setuju?

Referensi:

Ria Theresia Situmorang. 23 Desember 2019. 5 Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil Selama Libur Natal dan Akhir Tahun. Finansial.bisnis.com: https://bit.ly/3Nge1bh

Ulfa Arieza. 28 November 2022. 10 Ide Liburan Akhir Tahun yang Seru untuk Melepas Penat. Travel.kompas.com: https://bit.ly/481EYYh