Resolusi Bisnis untuk Tahun Baru: Menetapkan Tujuan Bisnis yang Ambisius di 2024

Resolusi Bisnis untuk Tahun Baru: Menetapkan Tujuan Bisnis yang Ambisius di 2024

Memasuki tahun yang baru, saatnya para pemilik bisnis siap-siap menapaki tantangan baru. Menyusun resolusi bisnis untuk tahun baru, jadi langkah awal dalam membangun tujuan bisnis yang ambisius di 2024.

Pasti setiap pemilik bisnis menginginkan usahanya terus maju dan berkembang setiap tahun. Oleh karena itu, resolusi bisnis diperlukan untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Apa saja resolusi yang sebaiknya dimiliki oleh sebuah bisnis di tahun yang baru? Berikut ulasannya!

Tujuan Bisnis di 2024

Secara umum, bisnis dibangun adalah untuk mendapat keuntungan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun, masing-masing bisnis juga punya tujuan yang lebih spesifik. Misal, ingin meningkatkan penjualan hingga 30%, ingin mencapai profit lebih maksimal, hingga tujuan untuk ekspansi bisnis agar semakin banyak peluang kerja tercipta.  

Kalau kamu, apa tujuan bisnis yang ingin dicapai tahun depan?

Baca juga: 7 Tujuan Bisnis yang Wajib Diketahui Sebelum Memulainya

9 Resolusi Bisnis untuk Tahun Baru  

Ya, apapun tujuan bisnis yang ingin dicapai, akan lebih mudah jalannya bila kamu memiliki resolusi bisnis yang jelas. Berikut beberapa resolusi bisnis yang bisa kamu terapkan di tahun depan!

Coba mendelegasikan pekerjaan

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik, kamu harus dibantu oleh orang lain. Kamu sendiri sudah banyak pekerjaan dan pikirannya. Jika kamu tidak mencoba untuk percaya dan mendelegasikan sebagian pekerjaanmu ke orang lain, kamu akan keteteran sendiri.

Akibatnya, bisnis berpotensi sulit berkembang. Oleh karena itu, belajar untuk bisa mendelegasikan sebagian pekerjaan. Jadi kamu bisa lebih fokus menangani core bisnis, seperti mengurus permodalan dan investasi, ekspansi, sampai manajemen pemasaran dan keuangan. 

Membuat inovasi baru

Inovasi menjadi hal yang sebaiknya dimiliki bisnis untuk bisa bersaing dengan para kompetitor. Inovasi ada banyak ragamnya, misal membuat inovasi produk baru, inovasi ingredients, sampai inovasi dalam pemasaran (misal dengan memanfaatkan virtual reality, machine learning, dan artificial intelligence). 

Inovasi dibutuhkan bisnis untuk menciptakan nilai tambah atau untuk memecahkan masalah yang ada. Ketika produk inovasi yang diciptakan berhasil menjadi solusi sebuah masalah, peluang baru akan tercipta, dan produk tersebut akan diminati pasar. Bisnis kamu pun berpotensi untuk tumbuh.

Menambah wawasan (skill) baru 

Sebagai seorang pengusaha, dituntut untuk menjadi lifelong learner. Sehingga harus mau terus mempelajari hal baru agar bisa beradaptasi. Jangan cepat puas dengan wawasan yang dimiliki sekarang. Usahakan untuk selalu meng-upgrade diri.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti kelas online, seminar dan workshop, atau short course secara privat. Dengan mempelajari hal baru, kamu dapat mengembangkan diri dan kemampuan, yang memberi pengaruh terhadap kesuksesan bisnis.     

Perluas jaringan bisnis

Hal ini bisa dilakukan dengan ikut dalam sebuah organisasi atau kelompok bisnis. Dengan bertemu orang-orang baru yang mungkin lebih berpengalaman, akan menambah insight dan memberi inspirasi ide-ide baru untuk bisnis. 

Selain itu, jaringan bisnis yang luas akan memberi peluang baru untuk kerja sama atau melakukan ekspansi bisnis. Dengan begitu, bisnis kamu lebih mudah berkembang. Kamu pun jadi lebih update terhadap informasi bisnis dan perkembangan pasar.  

Baca juga: Cara Efektif Membangun Networking untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Menyejahterakan pegawai

Sadarkah kamu? Dengan menyejahterakan pegawai, itu artinya kamu membantu bisnis untuk berkembang. Sebab, pegawai punya peran yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis itu sendiri. 

Usahakan untuk selalu menggaji pegawai tepat waktu dengan nominal yang sesuai standar. Akhir tahun, beri bonus yang disesuaikan dengan kinerja masing-masing pegawai. Agar tahun depan produktivitas mereka meningkat dan semakin nyaman bekerja dengan kamu.  

Merekrut pekerja yang lebih kompeten

Memilih pekerja yang lebih baik adalah hak kamu sebagai pemilik bisnis. Karena itu, kamu harus pintar-pintar melakukan manajemen sumber daya manusia. Yang penting, kamu bisa mempekerjakan orang yang tepat untuk masing-masing bagian di perusahaan karena akan berpengaruh pada kemajuan bisnis. 

Kemampuan terbaik di divisi yang tepat, akan membuat kerja pegawai lebih maksimal. Jika kamu punya ambisi untuk meningkatkan penjualan bisnis di tahun depan, jangan ragu berinvestasi pada pekerja yang lebih kompeten.

Meningkatkan kualitas produk dan layanan

Semakin bertambahnya tahun, kualitas produk harus semakin ditingkatkan agar konsumen selalu puas. Juga agar dapat bersaing dengan kompetitor, sehingga produkmu tidak ditinggalkan. 

Selain itu, menjaga kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas layanan. Baik layanan saat penjualan, maupun after sales. Ketika konsumen puas, mereka pasti akan datang lagi, bahkan tak ragu untuk merekomendasikannya ke orang lain. Apalagi saat ini, referensi menjadi strategi pemasaran yang efektif dan murah.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan Biar Makin Setia

Memaksimalkan digital marketing

Pemasaran digital (digital marketing) menjadi hal yang wajib dilakukan bagi pelaku bisnis dewasa ini. Ada banyak sarana media digital yang bisa dimanfaatkan, seperti media sosial, website, sampai marketplace. Kamu bisa membuat berbagai content marketing yang sesuai dengan target market dan publikasikan pada media digital yang sesuai.

Tahun depan maksimalkan lagi dengan memproduksi konten-konten berkualitas yang penuh dengan kreativitas, agar semakin mudah menarik atensi pelanggan. Selain itu, konsistensi juga dibutuhkan agar digital marketing yang dijalankan berhasil.  

Berkontribusi terhadap masyarakat sekitar

Coba perhatikan sekeliling dan lihat apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu masyarakat sekitar jadi lebih baik. Misal, mempekerjakan orang-orang lokal di sekitar lokasi bisnis, memberi pelatihan kewirausahaan bagi warga lokal, atau menggunakan bahan baku hasil produksi lokal setempat. 

Dengan begitu, kamu akan merasakan sinergi positif antara perusahaan dengan masyarakat sekitar, untuk tujuan memajukan bisnis dan mencapai kesuksesan. 

Itu tadi beberapa resolusi bisnis yang bisa kamu terapkan di tahun baru. Agar tujuan bisnis untuk semakin berkembang dapat terwujud. 

Jika kamu membutuhkan tambahan permodalan untuk mengembangkan bisnis di awal tahun, kamu bisa mengajukannya melalui Investree. Proses pengajuannya mudah, cepat, dan 100% online. Juga tanpa ada jaminan aset untuk bisa memperoleh pinjaman. Yuk, ajukan sekarang di sini!