Pentingnya Visi dan Misi Bisnis: Membangun Fondasi Bisnis yang Kuat dengan Visi Misi yang Jelas

Pentingnya Visi dan Misi Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Visi Misi Bisnis

Visi dan misi bisnis menjadi penting sebagai upaya untuk mempertahankan bisnis. Visi dan misi berperan sebagai fondasi agar bisnis tetap kuat dan bisa beroperasi dalam jangka panjang. Itu artinya, visi dan misi sebaiknya ditentukan sejak awal bisnis berdiri. 

Visi dan misi memang menjadi kata yang selalu bergandengan, namun masing-masing punya arti dan fungsi yang berbeda. Berikut penjelasan lebih lanjut seputar visi dan misi bisnis, beserta contohnya!

Perbedaan antara visi dan misi

Sebelum kamu menyusun sebuah visi dan misi untuk bisnis, yuk, ketahui dulu perbedaan antara keduanya biar lebih jelas!

Visi

Visi diartikan sebagai tujuan utama, impian, cita-cita, nilai, dan masa depan sebuah bisnis yang ingin dicapai. Bisa dibilang, visi adalah tujuan yang ingin dicapai ketika bisnis didirikan. Visi berorientasi pada impian masa depan.  

Visi yang akan menuntun sebuah bisnis agar selalu berjalan dalam koridornya, serta mencegah untuk membentuk arah baru yang melenceng dari tujuan awal. 

Visi biasanya ditulis dengan rangkaian kata yang ringkas dan jelas. Umumnya hanya satu kalimat atau tidak lebih dari satu paragraf. Sifatnya juga permanen untuk jangka panjang, tidak diubah-ubah karena menjadi dasar dalam menentukan langkah-langkah pencapaiannya.  

Misi

Sedangkan misi diartikan sebagai langkah-langkah bisnis untuk mewujudkan cita-cita atau tujuan di masa depan. Bisa dibilang, misi adalah kumpulan rencana atau cara yang dilakukan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan.

Misal, bagaimana sikap sebuah bisnis dalam meng-handle masalah, bagaimana upaya bisnis untuk sukses, hingga bagaimana cara mengukur sebuah proses kemajuan.

Misi disusun dalam beberapa kalimat yang mencakup poin-poin sebagai penjabaran yang dapat menjelaskan langkah-langkah untuk mencapai tujuan dari visi bisnis.

Misi menentukan karakter sebuah bisnis dan orang-orang di baliknya. Itu karena misi memiliki orientasi jangka pendek, yang berbentuk langkah-langkah realistis untuk dikerjakan. Sifatnya juga lebih fleksibel, menyesuaikan kebutuhan dan bergantung pada situasi serta kondisi bisnis.      

Fungsi visi dan misi bagi sebuah bisnis   

Visi dan misi bisnis dikatakan sangat penting dan berguna. Lalu, apa sebenarnya fungsi visi dan misi bagi bisnis? 

Sebagai standar operasional bisnis

Fungsi visi dan misi berguna sebagai pedoman atau standar kerja operasional bisnis. Dengan begitu, para pegawai punya dasar sebagai acuan atas apa yang harus mereka kerjakan dan hindari saat bekerja.

Tugas, tanggung jawab, dan target kinerja masing-masing pegawai menjadi lebih jelas. Para pegawai pun dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Serta, mengerti harus bertindak seperti apa untuk mencapai tujuan bisnis.   

Baca juga: Simak Pengertian SOP Lebih Dalam Beserta Fungsinya 

Menjadi motivasi bagi pegawai

Visi dan misi bisnis juga berfungsi untuk meningkatkan motivasi kerja pegawai. Ketika para pegawai mengerti akan tujuan pekerjaannya masing-masing, mereka jadi memiliki motivasi dan semangat kerja. 

Pegawai juga memiliki landasan yang jelas, sehingga dapat bekerja lebih teratur (tidak asal-asalan), dan lebih mudah mencapai tujuan (visi) bisnis.   

Meningkatkan produktivitas kerja

Ketika visi dan misi dapat mempengaruhi motivasi dan semangat kerja, secara otomatis membuat pegawai jadi lebih produktif. 

Produktivitas tenaga kerja biasanya dipengaruhi oleh motivasi yang dimilikinya. Jadi semakin pegawai termotivasi, semakin produktif mereka dalam pekerjaannya. 

Menumbuhkan loyalitas pegawai

Apabila bisnis menetapkan visi misi yang jelas dan mampu menggerakkan perasaan karyawannya, mereka juga akan memiliki loyalitas dalam bekerja. 

Loyalitas yang meningkat, membuat para pegawai mampu bekerja lebih maksimal dan berdampak positif bagi bisnis. Loyalitas pegawai juga menurunkan tingkat turnover pekerja, yang memberi pengaruh baik pada operasional bisnis sehari-hari.  

Baca juga: Ternyata Inilah Tujuan dari Strategi Manajemen dalam Membangun Usaha

Sebagai landasan pengambilan keputusan

Visi dan misi jelas memiliki kekuatan untuk mempengaruhi bisnis dalam mengambil keputusan. Proses pengambilan keputusan yang sesuai visi misi dapat mencegah terjadinya penyimpangan yang tidak sesuai tujuan utama bisnis.  

Pengambilan keputusan harus sesuai visi misi yang telah ditetapkan, sehingga memberi dampak baik bagi bisnis secara jangka panjang. 

Cara membuat visi dan misi usaha bisnis 

Visi dan misi dibangun sebagai fondasi bisnis agar dapat bertahan secara jangka panjang. Kalau kamu masih bingung cara membuat visi misi bisnis yang jelas, berikut ulasannya!

Tetapkan tujuan bisnis dalam jangka panjang

Tanpa adanya tujuan, bisnis akan mudah goyah karena dipengaruhi perkembangan industri yang cepat, serta berisiko merugi. Sehingga dengan memiliki tujuan bisnis secara jangka panjang, akan membantu kamu mengarahkan bisnis ke jalan yang benar. 

Untuk bisa menentukan tujuan bisnis, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Mengapa bisnis didirikan?
  • Langkah apa yang diambil untuk mewujudkan target atau visi bisnis?
  • Bagaimana bisnis bisa berbeda dari para pesaingnya?
  • Apa yang dapat diberikan bisnis sebagai solusi dari masalah yang ada?  

Tentukan nilai (value) bisnis

Setiap bisnis wajib memiliki nilai (value) yang mencerminkan citra dari bisnis itu sendiri. Value juga berfungsi sebagai ciri khas yang membedakan bisnis kamu dengan kompetitor, sehingga dapat bersaing.

Kamu harus menentukan nilai bisnis di awal. Misal, value bisnis berupa peduli lingkungan dengan menjual produk daur ulang atau produk organik yang berbahan baku non kimia. Ketika nilai bisnis sudah ditentukan, kamu bisa menjalankan bisnis beriringan dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.        

Baca juga: Sustainable Business: Pengertian, Tujuan dan Implementasinya

Identifikasi kekuatan bisnis

Salah satu upaya yang bisa dicoba untuk mengenali kekuatan bisnis adalah dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti:

  • Apakah bisnis menyediakan produk atau layanan? 
  • Mengapa konsumen memilih produk atau layanan yang kamu tawarkan?
  • Penawaran atau solusi apa yang diberikan bisnis kepada konsumennya?
  • Siapa target dari bisnis ini? Apakah B2B (Business-to-Business) atau B2C (Business-to-Customer)?

Pikirkan masa depan bisnis

Bisnis berdiri tentu untuk jangka panjang, makanya kamu harus memikirkan masa depan bisnis. Kamu dapat memvisualisasikan posisi bisnis dalam 5 – 10 tahun mendatang, serta langkah konkret untuk bisa mencapai posisi bisnis dalam 5 – 10 tahun tersebut. 

Kamu harus bisa membayangkan visi misi yang tak lekang oleh zaman, terukur, realistis, dan relevan. Sehingga bisnis dapat bertahan seiring berjalannya waktu dan terus beradaptasi dengan kondisi lingkungannya.  

Visi misi harus jelas dan sederhana 

Alasan visi dan misi bisa gagal adalah tidak spesifik dan cenderung ambigu. Padahal visi misi turut andil dalam proses pengambilan keputusan bisnis. 

Sehingga bila tujuan, arah, dan target yang ingin dicapai tidak jelas, akan semakin sulit bagi bisnis dan pegawainya dalam menentukan langkah dan rencana perwujudan visi misi. Karena itu, visi misi harus jelas, mudah dipahami seluruh pegawai, dan tidak menimbulkan kesalahpahaman di masa mendatang. 

Contoh visi misi bisnis yang inspiratif

Supaya kamu lebih jelas lagi, berikut beberapa contoh visi misi usaha bisnis yang bisa jadi inspirasi!

Visi misi perusahaan startup fintech

Salah satu perusahaan startup yang bergerak di bidang financial technology (fintech) adalah Investree. 

Investree memiliki visi misi yang jelas dan terukur. Dilansir dari situs resmi perusahaan, berikut visi dan misi Investree:

Visi

Menjadi pionir peer-to-peer lending marketplace di Indonesia. 

Misi

Berlaku sebagai online marketplace yang mempertemukan orang yang memiliki kebutuhan pendanaan dengan orang yang bersedia meminjamkan dananya. Tak hanya meningkatkan perolehan (profit) Lender, Investree juga membuat pinjaman modal yang lebih terjangkau dan mudah diakses bagi Borrower

Visi misi perusahaan makanan

KFC merupakan perusahaan yang bergerak di industri makanan cepat saji. Berikut visi misi yang dimiliki perusahaan:

Visi

Selalu menjadi merek restoran cepat saji Nomor 1 di Indonesia dan mempertahankan kepemimpinan pasar dengan menjadi restoran yang termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, pelayanan, dan fasilitas.

Misi 

Semakin memperkuat citra merek KFC dengan strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, terus meningkatkan suasana bersantap yang tiada bandingnya dan konsisten memberi produk, layanan, serta fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera konsumen yang terus berubah. 

Baca juga: 4 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Efektif untuk Anda

Visi misi perusahaan fashion

Salah satu brand fashion ternama seperti UNIQLO, hingga kini sudah memiliki jaringan retail sebanyak 64 toko dan tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan ini memiliki visi misi seperti:

Visi

Unlocking the Power of Clothing with a focus on product, supply chain, employees, stores and communities, we will change the world for the better through our business. 

(Membuka kekuatan produk pakaian dengan fokus pada produk, rantai pasok, karyawan, toko dan komunitas, UNIQLO akan mengubah dunia menjadi lebih baik melalui bisnisnya).  

Misi 

UNIQLO to continuously provide fashionable, high quality, basic casual wear at the lowest prices in the market – casual wear that anybody can wear whenever and wherever, focus on low cost operation and directly link production and marketing by the shortest and cheapest means. Provide an environment where global standard employees can happily work. 

(UNIQLO akan terus menyediakan pakaian santai dengan dasar yang modis, berkualitas tinggi dengan harga yang rendah di pasaran. Pakaian kasual dapat dipakai oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja, fokus pada pengoperasian dengan biaya rendah dan secara langsung menghubungkan produksi dan pemasaran dengan cara tersingkat dan termurah. Menyediakan lingkungan tempat karyawan berstandar global sehingga dapat bekerja dengan senang hati).

Visi misi perusahaan media

Transmedia pertama kali hadir dengan siaran TRANS TV, lalu berkembang sebagai group media yang juga memiliki TRANS7, Transvision, Detikcom, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, dan masih banyak lagi. Visi misi yang dimiliki perusahaan seperti:

Visi

Menjadi televisi terbaik dan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara yang mampu memberikan hasil usaha positif bagi stakeholders.

Misi

Sebagai wadah gagasan dan inspirasi masyarakat untuk mencerdaskan serta mensejahterakan bangsa, memperkuat persatuan, dan menumbuhkan nilai-nilai demokrasi. 

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Bisnis Digital yang Menguntungkan Anda

Visi misi perusahaan teknologi

Samsung adalah perusahaan teknologi yang merajai berbagai produk seperti smartphone, home appliances, computing, TV, dan lainnya.  Sebagai perusahaan teknologi, Samsung memiliki visi misi: 

Visi

Together for tomorrow

Misi

Rencana untuk membangun masa depan yang berkelanjutan (everyday sustainability), terkustomisasi, dan terhubung melalui berbagai produk dan inisiatif yang meminimalkan dampak lingkungan, menyesuaikan dengan gaya hidup pengguna, dan membuat pengalaman smart home menjadi benar-benar mulus.    

Visi misi perusahaan retail otomotif

Agung Toyota adalah perusahaan perdagangan otomotif yang khusus menjual produk transportasi merek Toyota (dealer resmi Toyota). Visi misi yang dimiliki Agung Toyota adalah:

Visi

Menjadi perusahaan global penyedia jasa dan produk transportasi yang utama dan terhormat.

Misi 

Memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan dan membangun sumber daya manusia yang profesional. 

Itu dia ulasan seputar pentingnya visi dan misi bisnis, beserta contoh visi misi yang bisa dijadikan inspirasi usahamu. Semoga dengan memiliki visi misi yang jelas, fondasi bisnis yang kamu bangun jadi lebih kuat dan bisa untuk jangka panjang.  

Referensi:

Shirley C. 17 November 2023. 15 Contoh Visi Misi Perusahaan Inspiratif dan Cara Membuatnya. Kitalulus.com: https://bit.ly/3thWY1M

Habib Hidayat. 16 Agustus 2022. 9 Contoh Visi Misi Perusahaan serta Cara Membuatnya dengan Benar. Myrobin.id: https://bit.ly/471jRo6