Mau #MerdekaFinansial Duluan? Yuk, Buat Diri Anda Cinta Menabung!

Siapa yang tidak ingin merdeka secara finansial? Bebas dari utang, tak hidup dari gaji ke gaji, hidup jadi lebih tenang dan damai. Pasti semuanya ingin. Meski butuh usaha dan kerja keras untuk mencapainya, sebenarnya banyak cara bisa kita lakukan untuk mencapai merdeka finansial sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan gemar menabung dan terbiasa hidup hemat. Hmm… Memang itu tidak gampang, ya. Tapi Investree punya beberapa trik untuk membuat diri Anda lebih cinta menabung sehingga Anda terbiasa melakukannya, dan tak mustahil mencapai merdeka finansial pada usia muda. Apa saja triknya? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Tetapkan tujuan Anda menabung

Saat akan melakukan perubahan gaya hidup atau mencapai suatu resolusi, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini yang akan mengawal Anda tetap berada di jalur yang benar. Banyak orang gagal saat berencana diet dan membentuk badannya karena tidak ada goals yang serius. Mereka melakukannya dengan santai, tidak ada deadline tertentu, atau bahkan hanya sekedar ikut-ikutan tren. Tapi coba jika semua tergerak dari dalam diri Anda, mungkin ada suatu peristiwa yang akhirnya membuat Anda sadar untuk melakukan diet dan berolahraga, tujuan itu yang akan mengikat Anda. Bahkan jika membutuhkan waktu yang lama.

Nah, kecintaan terhadap menabung bisa Anda bangun dengan memiliki tujuan yang dapat menyemangati Anda. Misal, tujuan Anda menabung adalah untuk biaya sekolah lanjutan, membeli rumah, atau kendaraan impian. Dengan begitu, Anda akan selalu berusaha menyisihkan uang untuk ditabung agar tujuan tersebut dapat segera terwujud.     

Tempatkan penghasilan Anda dalam tagihan tertentu

Setiap bulan Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tagihan, cicilan, kebutuhan rumah tangga, dan lainnya. Nah, bagaimana jika Anda menempatkan setiap rupiah dari penghasilan ke tagihan-tagihan tersebut sehingga Anda yakin bisa punya cukup dana untuk membayarnya. Ketika Anda merasa ada tagihan yang tidak bisa dicukupi oleh penghasilan Anda, berusahalah lebih keras untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak. 

Tidak lupa juga untuk menetapkan besar uang yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan tidak penting dan kebutuhan menabung setiap bulan. Dari situ Anda bisa mengetahui berapa besar penghasilan yang harus dihasilkan setiap bulannya. Dengan begitu, Anda selalu punya dana untuk ditabung dan tidak berat untuk melakukannya.    

Ubah pola pikir Anda tentang uang

Saat Anda masih menggunakan pola pikir lama, seberapa banyak pun uang yang dihasilkan, tetap akan menggagalkan rencana Anda untuk menabung. Bagaimana caranya? Ubah dulu cara lama Anda, kebiasaan buruk Anda tentang uang, baru Anda bisa mulai cintai menabung. Berhenti selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain karena rumput tetangga akan selalu terlihat lebih hijau di mata Anda. Biarkan Anda punya jalan dan cara sendiri dalam memperlakukan uang. 

Perilaku konsumtif seperti menghibur diri dengan berbelanja atau makan makanan enak, juga perlu direvisi. Arahkan perasaan emosional tersebut ke perilaku positif lain yang tidak membutuhkan uang, seperti curhat ke teman atau berolahraga. Dengan mengubah kebiasaan dan pola pikir Anda soal uang, akan jadi lebih mudah bagi Anda mencintai aktivitas menabung.   

Cari partner menabung sebagai support system  

Mungkin akan terasa berat bila Anda melakukannya sendirian, tapi jika Anda melakukannya bersama teman atau pasangan, aktivitas ini jadi lebih mudah. Seorang partner dapat membantu Anda tetap berada di jalur, sekaligus dapat menyemangati Anda untuk mencapai tujuan menabung. Juga tidak masalah bila Anda ingin memberi apresiasi atau reward ke diri sendiri karena telah berhasil menabung secara rutin dalam periode tertentu atau ketika telah mencapai jumlah tertentu. Ini akan menyadarkan Anda atas sebuah pencapaian yang membuat Anda tidak pernah bosan untuk menabung. Kebiasaan menabung memang dimulai dari hal-hal kecil yang dilakukan secara konsisten agar dapat bertahan secara jangka panjang.

Minimalisasi pengeluaran sehari-hari

Jika Anda terbiasa serba malas (malas masak selalu beli makan di luar, malas bikin kopi sendiri), memilih jajan di coffee shop, malas belanja sendiri dan selalu beli online, coba Anda hitung lagi, apakah Anda bisa berhemat? Ketika Anda mengurangi makan di luar, jajan di coffee shop, cuci baju di laundry, dan mengurangi belanja online, setidaknya Anda bisa berhemat hingga ratusan ribu rupiah setiap bulan. Uang itu kemudian bisa Anda alihkan untuk mengisi tabungan. Karena rasa malas yang terus dibiarkan dan lebih memilih kenyamanan, dapat menghabiskan banyak uang dari berbagai cara. 

Jika Anda bisa mengerjakan apa yang Anda bisa sendiri, itu akan jauh mengurangi pengeluaran bulanan dan membuat Anda semakin mudah untuk menabung. Ketika menabung menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan, Anda akan terus melakukannya hingga menjadi sebuah kebiasaan.   

Tapi, kira-kira berapa, sih, nilai tabungan yang sebaiknya kita miliki? Biar lebih mudah Anda bisa memakai patokan umur. Dilansir dari usnews.com, target nilai tabungan untuk seseorang berusia 30-an tahun adalah sebesar 1–3 kali pendapatan bulanan. Untuk usia 40-an tahun sebesar 3–5 kali pendapatan bulanan. Usia 50-an tahun sebesar 5–8 kali pendapatan bulanan, dan usia 60-an tahun sebesar 8–12 kali pendapatan bulanan. Ini semua di luar investasi yang sifatnya bisa memberi passive income

Hayo… Nilai tabungan Anda sudah mencukupi belum? Jangan mudah menyerah mencapai tujuan keuangan Anda. Biar makin semangat, dalam rangka HUT RI ke-77, Investree bagi-bagi promo cashback sebesar Rp77 ribu bagi Lender yang belum pernah melakukan pendanaan pinjaman di Investree. Gunakan kode promo MY1STAUG22 saat Anda melakukan pendanaan mulai Rp1 juta melalui aplikasi mobile Investree for Lender. Promo ini cuma sampai 31 Agustus 2022, lho. Jadi harus buruan biar tak ketinggalan kesempatan ini. Informasi lengkapnya bisa Anda akses di sini.

Referensi:

Paula Pant. 11 Oktober 2021. Tips for Saving Money in Your Daily Life. Thebalance.com: https://bit.ly/3vIq9ce

Mikey Rox. 10 Smart Ways to Make Yourself Love Saving Money. Wisebread.com: https://bit.ly/3oTwtdp

Emma Kerr. 24 Mei 2022. How Much Should I Save? Use These Benchmarks to Reach Your Savings Goals. Usnews.com: https://bit.ly/3ztZv8a