Strategi Pemasaran: Pengertian dan Langkah Melakukan Strategi Pemasaran

Dalam menjalankan usaha, Anda harus menerapkan strategi pemasaran yang jitu. Terdapat macam-macam strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan usaha. Dengan strategi pemasaran ini, Anda bisa mengenalkan produk atau jasa yang kepada konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari strategi pemasaran dibawah ini.

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan yang mempunyai produk atau jasa dalam rangka mengenalkan produk atau jasa tersebut kepada masyarakat. Dalam mengenalkan produk ini, tentu saja akan digunakan cara atau taktik yang sangat matang dan terarah demi tujuan awal perusahaan yakni kesuksesan dalam penjualan.

Dalam hal ini, pemasaran merupakan sebuah penghubung antara produsen dan konsumen. Jika dalam pemasaran strategi yang digunakan buruk, maka tidak akan terjadi hubungan yang kuat antara keduanya. Akibatnya, produk dan jasa yang dijual tersebut tidak laku di masyarakat. Ini lama-kelamaan akan menyebabkan perusahaan gulung tikar dengan sendirinya.

Langkah – Langkah Melakukan Strategi Pemasaran

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mengenalkan produk atau jasa. Pilihlah strategi yang paling cocok dengan kondisi perusahaan, kondisi tempat usaha, dan juga kondisi persaingan di pasar.

1. Menyasar Target Pasar

Strategi pemasaran yang pertama yakni Anda harus menyasar target pasar yang berminat dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jika memang Anda menawarkan produk anak sekolah misalnya, maka langsung saja arahkan pemasaran kepada anak sekolah dan orang tuanya.

2. Konsisten Melakukan Perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu aspek penting sukses atau tidaknya pemasaran yang dilakukan. Perencanaan tersebut harus dilakukan dengan konsisten supaya biaya marketing yang dilakukan efektif dan efisien.

3. Menghitung Anggaran dengan Akurat

Anggaran harus dihitung dengan tepat dan akurat dalam proses pemasaran. Akan tetapi, cara menghitung anggaran ini lumayan sulit. Untuk mempermudahnya, maka Anda dapat menggunakan penghitungan anggaran sekaligus perencanaan bisnis berkelanjutan berdasarkan data keuangan yang ada.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti pemasaran dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

4. Melakukan Branding dengan Baik

Salah satu kunci suksesnya pemasaran yang Anda lakukan adalah dengan melakukan branding yang baik. Pastikan bahwa brand yang Anda ciptakan mudah diingat oleh sasaran marketing. Di samping itu, pastikan juga bahwa branding milik Anda berbeda dengan kompetitor yang lainnya.

5. Menerapkan Mobile Marketing

Mobile marketing adalah salah satu cara paling efektif melakukan pemasaran. Selain menghemat biaya, saat ini penggunaan teknologi mobile untuk melakukan pemasaran akan membuahkan hasil yang lebih baik karena mayoritas masyarakat sudah lebih akrab dengan penggunaan iklan di media sosial.

6. Customer Relationship Management

Jika Anda sudah mempunyai banyak pelanggan, pastikan mereka akan tetap konsisten dan loyal menggunakan produk Anda. Dalam menuntaskan misi ini caranya adalah dengan melakukan pengelolaan hubungan baik dengan para pelanggan seperti halnya memberikan kartu member dan memberikan potongan harga pada mereka.

Itulah macam macam strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan. Anda harus cerdik dan cekatan dalam menerapkan strategi pemasaran pada bisnis Anda. Sebab, hal inilah yang menjadi kunci utama berhasil atau tidaknya bisnis tersebut. Pastikan strategi yang Anda terapkan memiliki ciri khas tersendiri agar masyarakat tertarik dan percaya terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Referensi:

jurnal entrepreneur. 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba. Jurnal.id: https://bit.ly/3fUT9oS