Unik! Ini Pilihan Bisnis UMKM Jasa di Era Pandemi

Era pandemi mendorong Anda, para pelaku usaha, menjadi lebih kreatif dalam mengeluarkan formula-formula bisnis yang unik. Ada beragam peluang bisnis prospektif yang bisa Anda coba. Jika Anda berhasil menemukan formula yang tepat, tentu Anda akan bisa mendulang cuan dengan lancar.

Jika saat ini Anda sedang bingung, ingin menjalankan bisnis unik dan kreatif, Anda bisa mencoba bisnis jasa. Sebab, bisnis jasa bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Jika Anda memiliki hobi atau keahlian dibidang jasa, kenapa tidak untuk mulai mencoba? Namun bila Anda masih bingung, yuk simak beberapa ide unik pilihan bisnis UMKM bidang jasa yang bisa menjadi pertimbanganmu!

Ragam Pilihan Bisnis Jasa UMKM Unik

Walaupun bisnis bidang kuliner sedang menjamur, bisnis jasa juga tetap patut Anda lirik. Sebab, bisnis jasa tidak menghabiskan banyak biaya untuk perawatan gudang ataupun benda yang akan dijual. Bisnis jasa juga tak luput dari kekurangan, yaitu pembeli hanya bisa tahu kualitas jasa dengan menggunakan jasa. Namun, tak jarang karena kualitas yang baik, orang-orang tidak meragukan lagi kualitas jasa yang Anda tawarkan.

Bisnis jasa yang saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang juga pesat. Adanya banyak platform untuk memasarkan jasa Anda, pembeli atau pengguna jasa hanya tinggal melihat rating Anda ataupun rekomendasi dari orang lain.

Nah, berikut adalah bisnis jasa UMKM yang bisa bisa Anda pilih :

  1. Jasa Event Organizer

Jangan salah, mungkin di pikiran Anda, event organizer hanya berkutat di event-event offline tapi Anda juga bisa menyediakan jasa event organizer untuk online event. Sebab, di era pandemi, banyak lembaga ataupun perusahaan yang kerepotan untuk mengurus acara via daring. Sebab, mereka harus memangkas kehadiran karyawan untuk mencegah terjadinya penularan  COVID-19.

 

Anda bisa menyediakan paket online meeting dengan menyediakan link streaming, undangan daring, MC sampai backdrop dan kuis selama acara berlangsung. Selain itu, bila klien ingin mengadakan acara pernikahan, Anda bisa mengikuti protokol kesehatan, serta paket new normal wedding dengan beragam penawaran menarik.

 

Baca juga: Jenis Kredit Modal Usaha Mikro Yang Bisa Jadi Pilihanmu!

 

  1. Jasa Pembuatan Template Video dan Presentasi

Bisa menggunakan program komputer dan memiliki jiwa kreatif? Eits, simak ide bisnis UMKM jasa berikut ini. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan template. Bisa untuk opening video youtube, presentasi, ataupun untuk konten instagram maupun blog agar menjadi estetik.

 

Perkenalkan template buatanmu di media sosial mulai dengan membuat template sosial media atau blog yang menarik untuk jasamu sendiri ataupun keluarga dan teman terdekat. Mintalah mereka juga mempromosikan jasa templatemu yang unik.

 

  1. Jasa Beres-beres Rumah

Semakin sibuk seseorang, tentu orang banyak yang makin lelah untuk membersihkan barang-barang dan urusan pekerjaan rumah. Sebab, menurut sebagian orang, membersihkan rumah merupakan kegiatan buang-buang waktu.

 

Jikalau sudah begitu, Anda mungkin bisa melihat ini sebagai kesempatan bisnis yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menjual jasa bersih-bersih rumah atau apartemen. Mulai dari paket yang mengandalkan waktu ataupun paket berdasarkan luas rumah.

 

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan jasa decluttering barang-barang. Jasa ini sudah terkenal diantara para youtuber ataupun influencer. Mereka yang biasanya mendapatkan barang-barang endorse yang terus menumpuk, membutuhkan jasa untuk membantu memilah mana yang dipakai atau tidak serta dirapikan di dalam lemari mereka. Bonusnya, Anda bisa bertemu dengan orang terkenal lho!

 

  1. Jasa Digital Marketing

SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization yang memiliki kelebihan untuk membuat postingan tampil di halaman pertama mesin pencarian seperti google, yandex, bing, dan lainnya. Jasa SEO sedang digandrungi sebab bisa meraup cuan yang cukup besar.

 

Ada SEO dan SEM. Apalagi ya ini? SEM singkatan dari Search Engine Marketing merupakan cara agar dapat memperkenalkan dan meraih ‘crowd’ dari para pegiat online dengan memanfaatkan layanan iklan seperti Google Ads, Facebook Ads, dan TikTok Ads.

 

Anda bisa menyasar para pebisnis yang memang membutuhkan exposure di dunia maya untuk menjual jasa digital marketing. Sebab, hampir saat ini seluruh kegiatan bisnis dilakukan via daring.

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Efektif dan Mudah

 

  1. Jasa Grooming Hewan Peliharaan

Anda pecinta hewan? Yuk coba buka jasa grooming hewan peliharaan seperti anjing, kucing, ataupun kelinci. Selain itu, Anda bisa memanjakan pemilik hewan dengan jasa hotel hewan ketika sang pemilik ke luar kota. Bisnis ini cukup diminati terutama di wilayah perkotaan dikarenakan, mereka membutuhkan orang untuk merawat anabul (anak bulu) kesayangan.

 

  1. Jasa Photographer dan Videographer

Jago foto? Atau sering dimintai sahabat maupun keluarga untuk memotret mereka? Anda bisa menawarkan jasa foto dan video. Jika Anda memiliki kecintaan pada dunia visual, kamera yang dimiliki bisa menjadi ladang cuanmu.

 

Biasanya saat acara-acara tertentu, seperti wisuda, pelantikan jabatan, ulang tahun, travelling, pernikahan, dan lainnya, banyak yang menginginkan momen-momen tersebut diabadikan. Selain itu, Anda bisa menyewakan jasa edit dan cetak. Bila belum mampu memiliki alat-alat yang mumpuni, Anda bisa mencari di mesin pencari tentang tips dan trik fotografi dan videografi tanpa budget mahal.

 

Itulah contoh UMKM jasa yang bisa Anda jadikan pilihan bisnis di era pandemi seperti sekarang ini. Jika ingin mendapatkan modal tambahan, Anda bisa mendapatkannya di Investree. Naikkan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Jika Anda mau membantu para pebisnis UMKM, silahkan menjadi lender di Investree dan nikmati imbal hasil hingga 20% p.a, proses mudah 100% online. Investree telah berizin oleh OJK.

Referensi:

https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/558/8-cara-jitu-mengembangkan-umkm-usaha-mikro-kecil-menengah

https://www.beritasatu.com/ekonomi/698453/umkm-sektor-kuliner-jasa-dan-konveksi-paling-terdampak-pandemi