Ajak Teman Kamu di Program Referral Investree: Program Ajak Teman

Strategi Marketing Efektif: Program Referral, Investree Juga Punya

Konsumen saat ini masih percaya pada rekomendasi yang diberikan loyal customer melalui program referral. Dilansir dari referralcandy.com, orang akan memberi atensi dua kali lebih besar pada rekomendasi yang diberikan oleh teman, kolega, atau keluarga. 92% konsumen pun mengaku lebih percaya pada rekomendasi yang diberikan orang-orang tersebut ketimbang iklan.

Kenalan dengan program referral

Program referral adalah salah satu strategi pemasaran yang mendorong seorang pelanggan untuk memberi rekomendasi kepada konsumen lainnya. Pelanggan yang sudah lebih dulu menggunakan suatu produk/jasa, dapat dengan mudah memberikan rekomendasi. Program referral yang dijalankan, biasanya menggunakan kode referral untuk memudahkan tracking pelanggan yang memberi rekomendasi.     

Apa itu kode referral?

Kode referral adalah deretan angka, huruf, simbol, atau gabungan ketiganya yang digunakan untuk mengajak orang melakukan pembelian produk atau bergabung ke dalam suatu platform. Contoh kode referral seperti JK0935LT8 atau MYOPDGYTE, dan sebagainya. Kode referral juga bisa berupa tautan link, yang akan mengarah langsung ke suatu landing page.  

Ketika kode referral milikmu digunakan oleh new customer, kamu akan memperoleh keuntungan. Misal, mendapat komisi berupa uang, diskon produk, atau cashback. Kode referral diberikan oleh brand kepada pelanggannya secara gratis untuk disebarkan kepada calon pengguna. Ketika calon pengguna menggunakan kode referral milikmu, sistem secara otomatis mencatat imbalan yang bisa kamu klaim. 

Kenapa program referral jadi strategi marketing yang efektif?

Ada beberapa alasan yang menjadikan referral sebagai strategi marketing ampuh untuk menarik lebih banyak konsumen baru. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

Rekomendasi orang lain masih dibutuhkan calon konsumen

Calon konsumen masih peduli bahkan butuh rekomendasi orang yang dia kenal, sebelum memutuskan pemilihan suatu produk/jasa. Referral juga sekaligus digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan brand kepada audiens secara masif dan cepat.  

Referral membagikan bukan sekedar kata, namun pengalaman 

Untuk bisa meyakinkan konsumen baru, butuh tidak hanya sekedar kata-kata. Bila rekomendasi datang langsung dari orang yang punya pengalaman terhadap brand tersebut, tentu lebih meyakinkan. Contoh: rekomendasi skin care yang dibagikan oleh pelanggan yang sudah memakai dan merasakan efeknya, jauh lebih efektif dari sekedar iklan kata-kata.  

Kode referral bisa disebarkan melalui media sosial

Saat ingin memberi review ke orang lain melalui media sosial, kamu juga bisa sekalian nyebarin kode referral milikmu di sana. Letakkan kode referral di profil media sosial dan beri CTA (Call to Action) yang jelas pada postinganmu (ketika ingin mempromosikannya). Semakin banyak orang yang menggunakan kode referral tersebut, makin besar keuntungan yang bisa kamu peroleh. 

Keuntungan menjadi referrer (pemilik kode referral

Ada keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menjadi referrer. Apa saja?

Mendapat komisi atau imbalan

Setiap brand yang menjalankan program referral memiliki ketentuan imbalan (reward) yang berbeda-beda. Mulai dari diskon tambahan, cashback, bahkan komisi berupa uang tunai. Setiap ada teman/keluarga/kolega yang berhasil kamu referensikan, kamu akan memperoleh imbalan.

Nah, kalau untuk besar komisi tergantung kebijakan masing-masing brand. Sehingga kamu perlu mencari tahu dulu informasi terkait syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap program referral.     

Berfungsi sebagai penghasilan tambahan

Terutama ketika kamu bisa memperoleh komisi berupa uang tunai. Hitung-hitung dapat dijadikan penghasilan tambahan dari kerja sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Apalagi kalau kamu punya banyak teman dan relasi, pasti lebih mudah untuk memperoleh cuan. 

Membangun simbiosis mutualisme

Eranya kolaborasi, tidak ada salahnya sebuah brand juga berkolaborasi dengan pelanggannya dan jadi saling menguntungkan. Di satu sisi, brand mendapat manfaat promosi tanpa harus mengeluarkan budget besar. Di sisi lain, pelanggan yang menjadi referrer juga diuntungkan karena bisa memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal.      

Program referral Investree: “Ajak Teman”

Tidak ketinggalan, Investree juga memiliki program referral untuk para Lender Investree. Bernama “Ajak Teman”. Program ini memungkinkan kamu sebagai Lender Investree untuk bisa memperoleh imbalan referral berupa uang tunai hingga Rp10 juta. Kamu bisa ajak teman/kolega/keluarga untuk mendaftar sebagai New Lender atau Borrower di Investree menggunakan kode atau link referral milikmu. 

Bagaimana cara mendapatkan kode referral di Investree?

Ketika kamu sudah menjadi Lender aktif yang telah terverifikasi Investree, kamu otomatis dapat memperoleh kode/link referral yang tertera pada dashboard Lender. Kode/link referral tersebut bisa langsung digunakan untuk menikmati program “Ajak Teman”. 

7 tahap mengikuti program “Ajak Teman”

Ada beberapa tahap yang harus kamu ikuti, yaitu:

  1. Masuk ke akun Investree milikmu dan pilih menu “Ajak Teman”.
  2. Temukan kode atau link referral pada dashboard.
  3. Perkenalkan Investree kepada teman, keluarga, dan kolega kamu.
  4. Referee (orang yang menerima referral) harus memasukkan kode referral saat proses registrasi awal, baik itu sebagai Lender ataupun Borrower.
  5. Tunggu notifikasi dari proses verifikasi Referee yang telah mendaftar.
  6. Reward berupa komisi akan dikreditkan ke Dompet Referral milikmu.
  7. Cairkan reward tersebut ke rekening kamu.  

Ketentuan perolehan komisi pada program “Ajak Teman”

Setiap new Lender atau Borrower yang berhasil mendanai atau mengajukan pendanaan di Investree, kamu akan memperoleh komisi dengan ketentuan sebagai berikut: 

Baca juga: Sekarang Eranya Pinjaman Usaha dan Modal Kerja Tanpa Jaminan, Investree Punya Ini!

Selain itu, ada beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku pada program “Ajak Teman”, seperti:

  1. Program “Ajak Teman” hanya berlaku untuk pendanaan dan pengajuan pinjaman jenis Invoice Financing
  2. Kamu sebagai Referrer tidak bertindak atas nama Borrower atau Lender yang direferensikan. 
  3. Untuk Referee Lender: Periode komisi berlaku sejak akun Lender yang direferensikan melakukan registrasi di Investree sampai 180 hari ke depan.
  4. Untuk Referee Borrower: Periode komisi berlaku sejak akun Borrower yang direferensikan melakukan registrasi di Investree sampai 360 hari ke depan.
  5. Referee Borrower wajib mengajukan dan menerima pencairan pinjaman selama periode komisi.  
  6. Jika Referee Borrower tidak juga melunasi pinjamannya dalam waktu 30 hari sejak jatuh tempo atau terdapat penyesuaian tangga jatuh tempo selama masa pinjaman berjalan, maka Referrer (pemilik kode referral) tidak berhak menerima sisa komisi (reward). 

Syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku, bisa kamu simak di sini! Kamu juga bisa menghubungi [email protected] atau 1500886 untuk informasi lebih lanjut. 

Referensi

Rully Desthian P. 23 Agustus 2022. Apa Itu Kode Referral, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya. Detik.com: https://bit.ly/42CVonr