Bisnis

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Melalui Pembiayaan Syariah

Saat ini telah tersedia berbagai lembaga pinjaman modal usaha yang kerap menjadi pilihan bagi pelaku usaha. Namun, pinjaman konvensional dianggap mengandung riba sehingga sebagian orang merasa enggan untuk meminjam modal di lembaga tersebut. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pihak nasabah, sekarang mulai banyak bermunculan pinjaman berbasis syariah. Nah, kira-kira bagaimana cara mendapatkan modal usaha melalui pembiayaan syariah, ya?

Anda bisa simak artikel ini sampai akhir untuk tahu lebih banyak tentang pinjaman modal usaha dengan pembiayaan syariah.

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Melalui Pembiayaan Syariah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kini semakin banyak lembaga penyedia pinjaman modal yang menggunakan prinsip syariah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan adanya riba pada pinjaman tersebut.

Berikut adalah 5 cara mendapatkan modal usaha melalui pembiayaan syariah tanpa riba yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Menjual Aset Pribadi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapat modal usaha tanpa riba adalah dengan menjual sebagian aset pribadi. Namun, jika Anda tertarik dengan cara ini, pastikan ke depannya Anda mampu mengembalikan aset tersebut, ya.

Jadi, menjual aset pribadi untuk modal bukan berarti Anda tidak berkewajiban menggantinya. Sebab, aset pribadi dengan aset usaha adalah dua hal yang berbeda. Maka dari itu, Anda tidak boleh mencampur keduanya.

2. Pegadaian Syariah

Anda juga bisa mendapatkan modal untuk usaha lewat Pegadaian Syariah. Caranya adalah dengan menggadaikan barang yang dimiliki untuk mendapatkan dana pinjaman. Tidak perlu khawatir, karena semua pelaksanaan teknisnya sudah menggunakan prinsip syariah sehingga tidak menimbulkan riba. Jadi, Anda hanya dimintai biaya penanganan dan perawatan barang yang digadai tanpa adanya bunga pinjaman.

3. Pinjam ke Bank Syariah

Selain Pegadaian Syariah, Anda juga bisa mengajukan pinjaman modal ke bank syariah. Saat ini sudah banyak bank syariah yang menyediakan layanan pinjaman modal tanpa riba. Nantinya, Anda akan diminta untuk memilih akad pinjaman yang diinginkan. Mulai dari akad mudharabah hingga mutanaqishah.

4. Kartu Kredit Syariah

Kini kartu kredit sudah ada yang menerapkan prinsip syariah. Dengan kata lain, Anda bisa memanfaatkan pinjaman kartu kredit syariah ini sebagai modal usaha. Apalagi secara keseluruhan fungsi kartu kredit syariah ini sama persis dengan kartu kredit konvensional. Hal yang membedakan adalah penerapan prinsip syariah dalam pelayanannya.

5. Mencari Investor yang Tidak Menetapkan Bunga Pinjaman

Cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang terakhir adalah dengan mencari investor yang tidak memberikan bunga pinjaman. Anda bisa memberikan penawaran bagi hasil kepada investor yang mau meminjamkan dananya. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari bunga dan berbagai biaya tambahan lainnya.

Syarat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Melalui Pembiayaan Syariah

Jika Anda sudah tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mendapat modal usaha tanpa riba, tentu Anda penasaran syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman tersebut. nah, berikut ini adalah tiga syarat mengajukan pinjaman modal dengan prinsip usaha.

  • Terdapat pihak penyalur dana atau shohibul maal serta pihak peminjam atau mudharib ketika proses transaksi.
  • Terdapat objek pasti yang nantinya diserahterimakan dalam akad dan dalam kekuasaan shohibul maal.
  • Terdapat kesepakatan ijab qabul atau sighat antara penyalur dana dengan peminjam tanpa adanya paksaan dan dilakukan dengan ikhlas.

Demikian penjelasan singkat tentang pinjaman modal dengan prinsip syariah. Dari kelima cara yang sudah disebutkan, Anda juga bisa mengajukan pinjaman syariah melalui Investree, lho!

Penyedia pinjaman modal ini sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, setiap prosesnya dijamin aman. Jadi, tunggu apalagi. Segera ajukan pinjaman modal di Investree!

Referensi:

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/07/27/modal-usaha-tanpa-riba

https://kargo.tech/blog/kredit-syariah-untuk-modal-usaha/

https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/kredit/panduan-pinjam-tanpa-riba-cara-syarat-hingga-daftar-pilihan/

Share this Post