Bisnis

7 Tujuan Bisnis yang Wajib Diketahui Sebelum Memulainya

Banyak orang yang ingin berbisnis tapi belum memahami apa yang menjadi tujuannya. Pada dasarnya, tujuan bisnis sebenarnya bukan hanya sebatas uang atau imbal hasil saja tapi lebih luas dari itu. Mengapa? Karena dari asal-usul bahasa saja bisnis bukan berarti uang. Bisnis berasal dari kata berbahasa Inggris yaitu business yang berarti kesibukan. Maksud kesibukan dalam pengertian ini yaitu kegiatan, aktivitas maupun pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang sehingga bisa mendatangkan imbal hasil.

Secara terminologi, bisnis memiliki definisi suatu kegiatan ataupun usaha pertukaran barang maupun jasa dan juga uang dimana satu sama lain akan memberikan manfaat dan saling menguntungkan. Bisnis adalah keseluruhan sistem dimana terdapat penggabungan beberapa sub sistem dalam skala lebih kecil yang biasa disebut juga sebagai industri. Untuk mengetahui apa itu bisnis dan tujuannya, Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Umum dari Bisnis

Bisnis berarti kegiatan yang dilakukan oleh individu ataupun organisasi atau kelompok dimana didalamnya terdapat aktivitas berupa produksi, pembelian, penjualan dan pertukaran barang maupun jasa yang tujuannya adalah untuk memperoleh imbal hasil. Secara umum bisa ditarik kesimpulan bahwa bisnis merujuk pada tiga hal yaitu :

  1. Badan usaha.
  2. Sektor pasar tertentu contohnya adalah pasar modal.
  3. Keseluruhan aktivitas pada kelompok produsen barang maupun jasa.

Tujuan Bisnis Secara Umum

Tujuan bisnis yang paling utama yaitu untuk mendapatkan imbal hasil secara ekonomi dengan cara memproduksi maupun menjual barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun dalam arti luas, tujuan bisnis bukan sekedar imbal hasil saja namun bisa juga memberikan manfaat lainnya, seperti:

  1. Untuk mendapatkan imbal hasil.
  2. Untuk menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  3. Untuk meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis maupun masyarakat terutama yang ada disekitarnya.
  4. Menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.
  5. Sebagai upaya untuk menunjukkan eksistensi dari perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.
  6. Meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi masyarakat khususnya yang ada di sekitar bisnis tersebut.
  7. Untuk menunjukkan pretasi dan kebanggaan kepada masyarakat umum.

Tujuan Bisnis Pemilik Usaha

Selain tujuan secara umum di atas, para pemilik usaha juga mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini beberapa tujuan bisnis pemilik usaha yang penting Anda ketahui:

  1. Untuk mencukupi kebutuhannya.
  2. Upaya untuk memberikan kesejahteraan pada keluarga.
  3. Membuat namanya dikenal oleh masyarakat.
  4. Ingin mencoba hal dan pengalaman yang baru.
  5. Ingin memanfaatkan waktu luang dengan hal yang menguntungkan.
  6. Agar bisa mendapatkan simpati dari masyarakat.
  7. Meneruskan usaha turun temurun milik keluarga.

Untuk bisa mencapai apa yang menjadi tujuan bisnis tersebut tentunya bukanlah hal yang mudah karena tingkat persaingan yang tinggi, faktor ekonomi masyarakat yang tidak menentu, terbatasnya modal dan sebagainya. Namun bisnis adalah dunia yang membutuhkan keuletan sehingga bisa meraih kesuksesan. Agar bisa bertahan dan mencapai tujuan pebisnis harus tahu solusi terbaik bagi permasalahan yang dihadapinya termasuk kendala modal. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

  1. Prawiro. 10 September 2020. Pengertian Bisnis : Konsep, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenis Bisnis. maxmanroe.com : https://bit.ly/3hRT9Yi

Ahmad. 10 Juli 2021. Bisnis: Definisi, Jenis-jenis, Manfaat, Tujuan dan Fungsi. Yuksinau.id : https://bit.ly/3nSka1I

Share this Post

Artikel Terbaru