Pinjaman Bisnis Tanpa Jaminan: Apakah Memiliki Risiko yang Tinggi?

Pinjaman Bisnis Tanpa Jaminan: Apakah Memiliki Risiko yang Tinggi?

Pinjaman Bisnis Tanpa Jaminan: Apakah Memiliki Risiko yang Tinggi? – Adanya pinjaman bisnis tanpa jaminan dapat dijadikan alternatif untuk para pebisnis yang kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau lembaga keuangan lain. Akan tetapi, apakah jenis pinjaman tersebut mempunyai risiko yang tinggi? 

Pengertian Bisnis Tanpa Jaminan

Saat ini, para peminjam tidak harus mempersiapkan aset maupun barang berharga untuk mengajukan pinjaman. Hal ini karena pinjaman tanpa jaminan merupakan produk pinjaman yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan seperti barang berharga dan lain-lain.

Hal ini merupakan produk pinjaman yang tidak menyulitkan peminjam ketika mereka sedang memerlukan dana. Tapi meskipun tidak membutuhkan jaminan, tapi produk pinjaman ini tetap mempunyai sejumlah persyaratan tertentu yang sederhana.

Biasanya peminjam akan dinilai terlebih dahulu berdasarkan riwayat kredit. Biasanya riwayat tersebut akan dilihat dari pinjaman lain seperti KPR, mobil, motor, sampai pinjaman online.

Pinjaman ini dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan yang bermanfaat. Karena saat ini, jumlah pinjaman yang ditawarkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Alasan Mengambil Pinjaman Bisnis Tanpa Jaminan

Adanya Kondisi Darurat dalam Keuangan

Meskipun Anda mempunyai sejumlah dana cadangan atau dana darurat dalam keuangan, tapi akan selalu ada kemungkinan Anda akan berada dalam kondisi keuangan yang lebih darurat lagi diluar kemampuan dana cadangan tersebut.

Misalnya, Anda atau anggota keluarga lain ada yang sakit dan memerlukan dana berobat yang sangat besar. Dalam kondisi keuangan seperti itu, mengajukan pinjaman jaminan merupakan cara yang tepat, karena dana ini dapat dicairkan dalam waktu yang singkat dan Anda juga tidak akan repot oleh sejumlah proses dan persyaratan yang sulit.

Memerlukan Modal Bisnis

Sebelum Anda mengajukan pinjaman ini, Anda harus merencanakan dan menghitung kemampuan bayar Anda dengan baik sejak awal. Hal ini tentu sangat penting, untuk mencegah berbagai masalah keuangan dalam bisnis atau kebutuhan pribadi Anda di masa yang akan datang.

Rencanakan Hutang

Pinjaman tanpa jaminan memang bisa dijadikan sebagai solusi untuk masalah keuangan, tapi tentu saja keputusan untuk mengambil pinjaman ini harus dilakukan dengan penuh perhitungan dan pertimbangan yang matang. Rencanakan hutang Anda secara matang, sehingga Anda bisa mendapat manfaat dari penggunaan dana tersebut, dan dapat melunasinya dengan baik di masa yang akan datang.

Tips Sebelum Melakukan Pinjaman Bisnis Tanpa Agunan

Mempersiapkan Rencana Bisnis yang Matang

Sangat penting untuk menentukan tujuan yang jelas. Pastikan, tujuan tersebut penting dan urgent. Apabila hal tersebut bisa ditunda, maka jangan mengambil pinjaman dan usahakan untuk menggunakan uang tabungan pribadi Anda.

Menghitung Kemampuan Bayar

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, Anda harus mengecek kondisi keuangan. Pastikan, Anda mempunyai penghasilan tambahan dan pastikan kemampuan Anda untuk mengembalikan pinjaman sesuai tenggat waktu.

Apabila keuangan dirasa sedang tidak baik, sebaiknya tahan diri untuk mengambil pinjaman. Anda dapat mencari cara lain untuk memenuhi kebutuhan harian. Ingat, usahakan untuk memanfaatkan pinjaman tanpa agunan hanya untuk kebutuhan yang terdesak.

Memilih Pemberi Pinjaman yang Terpercaya

Sebelum mengajukan pinjaman ini Anda juga harus memastikan bahwa lembaga pemberi dana pinjaman tersebut memang sudah terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Harus Anda ketahui jika saat ini sudah banyak lembaga abal-abal yang menawarkan pinjaman.

Memperhatikan Perjanjian Pinjaman dengan Baik

Berkaitan dengan proses pengajuan pinjaman kini semakin mudah dan praktis, maka hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk mendapat keuntungan dari banyak peminjam. Salah satunya yaitu dengan menyediakan ketentuan dan syarat pengajuan pinjaman yang dikatakan cukup mudah.

Apalagi, saat ini proses pengajuan pinjaman juga kini bisa dilakukan melalui aplikasi digital dan juga website, maka banyak penipu diluar sana yang menggunakan software dan website pinjaman ilegal untuk mencuri data penting peminjam yang kurang paham mengenai teknologi.

Setelah Anda mengetahui risikonya, maka Anda harus lebih teliti untuk memilih lembaga yang akan dipilih untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Anda harus memanfaatkan platform unggul dan terpercaya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan.

Pinjaman Bisnis Tanpa Jaminan proses cepat, bunga kecil dan tanpa jaminan

Tidak perlu khawatir tentang persyaratan yang sulit dipenuhi. Selama usaha-mu sudah berbadan hukum CV/PT dan sudah berjalan 1 tahun, Investree menyediakan pinjaman modal usaha tanpa agunan, sehingga kamu dapat memperoleh dana dengan mudah tanpa harus menyerahkan jaminan yang berharga. Selain itu, Investree juga menawarkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan usaha, seperti modal kerja, investasi, pengadaan barang atau peralatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cek semua jenis pinjaman di Investree

Dengan layanan pinjaman modal usaha Investree, Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis-mu dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi, klik banner di bawah ini untuk daftar menjadi Borrower di Investree!

daftar borrower investree