Karir

Proses Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Suatu Usaha

Proses manajemen sumber daya manusia yang baik memiliki keterkaitan erat dengan output yang bakal dihasilkan oleh suatu perusahaan. Pada dasarnya, setiap bentuk usaha memerlukan sumber daya manusia yang kompeten pada bidangnya masing-masing. Sehingga segala prosedur produksi bisa dilaksanakan dengan baik dan mampu mencapai target sebagaimana dikehendaki. Lalu, bagaimanakah runtutan proses untuk membuat manajemen sumber daya manusia yang baik? Anda bisa pelajari secara lengkap dibawah ini.

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia menjadi bagian penting dari suatu perusahaan. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan terkait bukan hanya terbatas pada perkara modal, penyediaan bahan mentah, produksi, dan alat kerja yang dibutuhkan, namun juga pada faktor sumber daya manusia yang notabene merupakan pihak yang dapat mengelola faktor-faktor produksi.

Tugas utama manajemen sumber daya manusia adalah mengelola manusia seefektif dan seefisien mungkin supaya didapat suatu satuan sumber daya manusia yang saling berbagi manfaat. Pada prakteknya, manajemen sumber daya manusia mempunyai beberapa fungsi yang mencakup aktivitas yang secara signifikan mempengaruhi keseluruhan area kerja perusahaan tersebut, diantaranya adalah perencanaan sumber daya manusia, pengangkatan dan pemberhentian pegawai, pelatihan dan pengembangan, pemberian upah dan tunjangan, penilaian kinerja, pengembangan karir, dan lain sebagainya.

Secara umum, manajemen sumber daya manusia mempunyai sejumlah tujuan meliputi:

  1. Memastikan adanya kesamaan kesempatan untuk seluruh karyawan.
  2. Memastikan karyawan dinilai dan dihargai sebagaimana kinerja yang disumbangkannya.
  3. Mengoptimalkan sistem kinerja yang tinggi, meliputi proses seleksi, perekrutan, pengembangan manajemen dan aktivitas pelatihan yang terkait dengan kebutuhan perusahaan, dan sistem insentif karyawan.
  4. Mempertahankan dan memperbaiki kesejahteraan materi dan mental karyawan.

Proses Manajemen Sumber Daya Manusia

1. Persediaan Tenaga Kerja Sekarang

Proses manajemen sumber daya manusia dimulai dengan menilai ketersediaan sumber daya manusia yang tersedia di dalam suatu perusahaan. Dimana penilaian ini mencakup studi komprehensif dari berbagai aspek sumber daya manusia layaknya kemampuan, kompetensi, jumlah, pengalaman, kualifikasi, jabatan, kinerja, usia, kompensasi, dan lainnya. Pada fase ini, human resource dapat berperan sebagai manajer tim untuk melakukan wawancara demi memahami tantangan dari sudut pandang sumber daya manusia yang sedang dihadapi, misalnya saja seperti kualifikasi yang diyakini penting untuk dipunyai tim karyawan tersebut.

2. Kebutuhan Sumber Daya Manusia di Masa yang Akan Datang

Setelah itu, analisa kebutuhan tenaga di masa depan perlu diperhitungkan secara matang. Di tahap ini, beragam variabel human resource seperti lowongan yang akan dibuka, pengurangan sumber daya manusia, mutasi karyawan, promosi jabatan, atau yang lainnya harus dimasukkan dalam pertimbangan. Kemudian, variabel tidak terduga seperti pemecatan ataupun pengunduran diri pun wajib dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan tersebut.

3. Perkiraan Permintaan Sumber Daya Manusia

Human resource dapat mencocokkan perkiraan kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang dengan tenaga kerja yang ada saat ini, serta membuat perkiraan permintaan (demand forecast) sumber daya manusia. Perlu dicatat, untuk dapat memperkirakan permintaan sumber daya manusia secara tepat dan akurat, penting bagi perusahaan untuk mengetahui strategi dan objektif usaha dalam jangka panjang, sehingga permintaan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan terkait.

4. Strategi dan Implementasi Pencarian Sumber Daya Manusia

Setelah mengetahui dan memahami kekurangan yang diperlukan pada evaluasi permintaan dan penawaran sumber daya manusia, human resource bisa mulai mengembangkan strategi yang didasarkan pada perkiraan permintaan sumber daya manusia yang dibuat. Yang mana strategi tersebut harus mampu menjawab masalah kurangnya sumber daya manusia di perusahaan, sekaligus menawarkan opsi solusinya. Human resource kemudian dapat melakukan rekrutmen, relokasi, pelatihan, outsourcing, hingga merubah kebijakan perusahaan terkait sumber daya manusia. Pihak manajemen perusahaan pun dapat menggunakan jasa konsultan demi meminimalisir reaksi buruk, terutama dari sisi hukum dan legal.

 

Itulah serangkaian proses manajemen sumber daya manusia yang perlu Anda pahami dengan baik. Untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk training dan lain sebagainya. Selain itu, modal juga sangat penting untuk mengembangkan usaha pada sektor lainnya. Untuk urusan modal, Investree bisa jadi solusi yang cerdas untuk mengembangkan perusahaan lebih maju lagi. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Investree sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan perusahaan Anda.

 

Referensi :

Ahmad. Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkup. Gramedia.com : https://bit.ly/3EMlIiQ

Share this Post