Strategi Pemasaran Akhir Tahun: Tips Meningkatkan Penjualan di Musim Liburan

Strategi Pemasaran Akhir Tahun: Tips Meningkatkan Omset Penjualan di Musim Liburan

Tidak terasa tahun ini akan segera berakhir. Buat kamu para pemilik bisnis, sebentar lagi musim libur Natal dan Tahun Baru akan tiba. Sudah siapkah kamu untuk meningkatkan penjualan di musim liburan? 

Segera susun strategi pemasaran akhir tahun agar kamu tidak melewatkan momen tersebut. Berikut ulasan yang bisa kamu simak!  

Peluang ekonomi saat musim liburan

Dilansir dari bisnis.com, BKT (Badan Kebijakan Transportasi) memprediksi potensi pergerakan masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 – 2024 mencapai 107,63 juta orang atau 39,83% dari total populasi nasional. 

Dari jumlah tersebut, paling banyak (45,29%) masyarakat melakukan perjalanan untuk liburan atau mengunjungi lokasi wisata. Tingginya mobilitas masyarakat menjadi momentum percepatan perputaran roda ekonomi karena masifnya peredaran uang di masyarakat.

Dilansir dari tempo.co, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkirakan perputaran uang naik 5% selama libur Nataru, seiring mobilitas masyarakat yang juga bertambah. Kadin Indonesia juga memproyeksikan perputaran uang selama Nataru akan mencapai Rp23,85 triliun.  

Baca juga: Libur Telah Tiba! Berikut Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Penting bagi para pemilik bisnis untuk merancang strategi pemasaran akhir tahun agar dapat memanfaatkan momen tersebut. Kira-kira apa strategi pemasaran akhir tahun yang efektif? Berikut Investree punya ulasannya, biar kamu bisa mendulang cuan di musim liburan. Simak, yuk!

Strategi pemasaran akhir tahun

Berikut ini adalah strategi pemasaran akhir tahun untuk meningkatkan penjualan yang bisa kamu terapkan, baik yang menjalankan bisnis online maupun offline:

Gunakan konten pemasaran tentang liburan

Ketika minat masyarakat untuk berlibur sedang naik, mereka pasti banyak mencari referensi tentang liburan, mulai dari tempat tujuan staycation, lokasi wisata, aktivitas olahraga, sampai kuliner. Kamu juga harus memproduksi konten dengan tema-tema liburan untuk mempromosikan bisnismu. 

Misal, melalui postingan di media sosial atau artikel tentang starter pack produk untuk liburan, rekomendasi kuliner, atau referensi aktivitas liburan seru. Di dalamnya kamu dapat menyisipkan produk atau jasa yang kamu jual.  

Selain memberi informasi yang bermanfaat kepada audiens, juga menjadi sarana promosi bisnismu.    

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Tour and Travel Serta Rincian Modalnya

Tawarkan voucher diskon

Musim liburan adalah musim promo diskon. Jadi, kurang lengkap rasanya bila kamu tidak memanfaatkan strategi promo diskon untuk menarik perhatian konsumen. 

Jika kamu berjualan di e-commerce, kamu bisa membagikan voucher diskon melalui broadcast message. Bisa juga kamu buat penawaran khusus untuk para pengikut di media sosial. Selain untuk meningkatkan penjualan, ada potensi jumlah pengikut media sosial akan bertambah.

Tentukan juga timing promo yang tepat, dan besar diskon maksimal yang bisa kamu berikan. Lebih baik bila ada limit waktu promo untuk menciptakan urgensi. 

Menjalankan inisiatif sosial 

Selain promo diskon, kamu juga bisa memenangkan sentimen audiens dengan melakukan kegiatan sosial. 

Misal, berbagi makanan untuk masyarakat kurang mampu, melakukan penggalangan dana, pengumpulan pakaian, atau mendonasikan sebagian penjualan ke organisasi amal yang related dengan visi-misi bisnis. 

Kamu bisa melibatkan produk jualanmu dalam aktivitas sosial tersebut. Cara ini sekaligus mampu menyebarkan kesadaran merek produk yang kamu pasarkan kepada audiens. 

Menyelenggarakan kontes atau perlombaan 

Strategi berikutnya ini adalah melibatkan audiens (pelanggan) bisnis dalam kompetisi yang kreatif dan menyenangkan. 

Misal, kompetisi menggambar tema liburan, lomba video karaoke lagu-lagu natal, atau lomba fotografi dengan produk-produk tertentu. 

Buat pengumuman lomba menggunakan media sosial. Kompetisi di momen liburan, bisa menjadi aktivitas yang menarik bagi audiens. Sekaligus untuk meningkatkan publisitas merek agar audiens dapat lebih mengenalnya. 

Baca juga: Kenali 7 Strategi Pemasaran Produk untuk Usaha

Tips biar makin cuan di musim liburan 

Biar makin mudah menjalankan strategi pemasaran di atas, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

Menetapkan target yang masuk akal

Terlalu menekan tim yang bekerja di balik layar, bisa menurunkan motivasi mereka. Oleh karena itu, buat target yang masuk akal dan bisa dicapai. 

Cara ini juga dapat membantu seluruh tim untuk bekerja lebih fokus dan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk bisa mencapai target. 

Membuat tim tetap termotivasi adalah langkah awal untuk bisa mencapai penjualan yang maksimal di momen liburan.  

Apresiasi pekerjaan tim 

Jangan hanya mengapresiasi pekerjaan tim bila ada pencapaian besar saja. Ketika tim bisa menciptakan strategi pemasaran akhir tahun yang efektif, hal tersebut juga merupakan pencapaian yang perlu diapresiasi. 

Berikan pujian kepada tim atas ide yang bagus. Hargai kerja keras mereka selama momen liburan. Dimana mereka pasti juga ingin berlibur. Tapi karena tuntutan pekerjaan, mereka harus merelakannya. 

Ketika kekompakan tim secara internal sudah terbangun, komunikasi yang terjalin juga sehat, akan lebih mudah menarik pihak eksternal (konsumen) untuk terlibat dengan bisnismu.

Mencoba lebih dekat dengan pelanggan

Bisnis yang dijalankan dengan bantuan teknologi, bukan berarti menghilangkan peran manusia. Tim yang bekerja di balik sebuah brand dan konsumennya, sama-sama manusia yang perlu keterlibatan satu sama lain. 

Oleh karena itu, cobalah untuk selalu terhubung dan berinteraksi dengan konsumen. Misal dengan membalas komentar mereka, membagikan topik kegiatan terkini yang sedang dikerjakan brand, atau menanyakan pendapat mereka tentang sesuatu yang berkaitan dengan brand

Interaksi yang dibangun tersebut akan meningkatkan kepuasan pelanggan, dan membuat mereka tidak ragu untuk memberi rekomendasi ke orang lain. 

Itu tadi beberapa strategi pemasaran akhir tahun dan tips untuk mencapai cuan di momen liburan. Semoga target bisnismu di akhir tahun ini dapat tercapai, ya. Happy holiday!  

Referensi:

Dwi Rachmawati. 20 November 2023. Libur Nataru, Menhub: Bakal Ada Pergerakan 107,63 Juta Orang. Ekonomi.bisnis.com: https://bit.ly/3sOoYtC

Amelia Rahima Sari. 22 November 2023. Libur Natal dan Tahun Baru, Perputaran Uang Diperkirakan Naik 5 Persen. Bisnis.tempo.co: https://bit.ly/46vDLqT

Michael Baker. 20 Desember 2018. Five Strategies That Help Increase Sales In Holiday Season. Zilliondesigns.com (Blog): https://bit.ly/3MZlbR9