Bisnis

Kenali 7 Strategi Pemasaran yang Wajib Kamu Ketahui

Strategi pemasaran adalah salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah usaha. Pengenalan produk bisa terjadi karena adanya strategi pemasaran. Dibutuhkan cara yang tepat supaya hasil dari strategi marketing tersebut bisa tercapai. Di sini dijelaskan secara singkat dan jelas beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan untuk kelancaran usaha.

Strategi Pemasaran Produk Untuk Usaha

1. Menggunakan Iklan Berbayar

Strategi marketing yang pertama adalah iklan berbayar. Ada banyak penyedia ruang iklan yang siap untuk menampilkan produk dari satu perusahaan. Pihak perusahaan cukup menyiapkan dana untuk penyedia ruang iklan.

Biasanya tarif yang diberlakukan pihak penyedia ruang iklan dihitung berdasarkan impression atau pay-per-impression. Ada juga yang tarif dilihat dari bentuk iklan yang dipilih apakah display atau banner. Dapat dikatakan iklan berbayar ini cukup efektif untuk memasarkan sebuah produk dengan jangkauan cukup luas.

2. Pemasaran Transaksional

Perusahaan biasanya memiliki target pencapaian terutama untuk target penjualan. Strategi marketing transaksional ini cukup membantu perusahaan bisa mencapai target penjualan yang sudah ditentukan.

Perusahaan yang memutuskan untuk menerapkan strategi marketing transaksional akan lebih mudah menarik perhatian para konsumen dengan cara promosi, memberikan diskon, kupon belanja, dan semacamnya. Hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik melakukan pembelian produk dalam jumlah banyak sekaligus.

3. Pemasaran Melalui Media Sosial

Strategi marketing yang ketiga ini termasuk dalam online marketing karena menggunakan internet. Sekarang ini media sosial sangat ramai digunakan masyarakat dari berbagai kalangan. Strategi pemasaran ini sangat efektif digunakan jika membutuhkan jangkauan yang sangat luas untuk bisa meningkatkan penjualan.

Media sosial ini memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh dunia. Jadi melakukan pemasaran menggunakan medsos ini tentu jangkauannya pun bisa sampai ke seluruh dunia. Biaya pemasaran dengan cara ini juga sangat ekonomis.

4. Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif ini banyak melibatkan konsumen dalam prosesnya. Sebagai contoh, ada satu produk terbatas yang mencantumkan nama konsumen tertentu yang sesuai dengan produk tersebut. Metode tersebut memudahkan para konsumen untuk mendapatkan informasi produk maupun layanan tertentu.

5. Pemasaran Konten

Dalam proses pemasaran konten ini, hal yang diutamakan adalah membuat serta mendistribusikan konten dengan nilai dan bersifat konsisten serta relevan. Konten tersebut nantinya diharapkan bisa menarik perhatian para calon konsumen.

6. Direct Selling

Ini mungkin termasuk dalam pemasaran offline yang sudah lama dilakukan para pelaku usaha. Direct selling ini memang memiliki arti menjual secara langsung. Namun caranya adalah dengan mendatangi rumah ke rumah atau biasa dikenal dengan istilah door to door.

Penawaran dan pengenalan produk atau layanan dilakukan langsung di rumah para konsumen. Ini cara yang cukup lama dikenal dan diterapkan banyak perusahaan untuk bisa meningkatkan penjualan. Namun pemasaran ini sekarang sudah hampir tidak ada yang menggunakan karena banyak konsumen yang merasa cara ini kurang nyaman dan membuat mereka merasa dipaksa untuk membeli.

7. Point of Purchase

Strategi pemasaran ini dilakukan dengan cara membuat sebuah display lalu meletakkannya di tempat yang strategis. Display yang menarik bisa membuat para konsumen tertarik. Pastikan untuk membuat display yang semenarik mungkin dan bisa menonjolkan produk yang dijual.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan. Setiap strategi memiliki cara tersendiri dan juga besar biaya yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Pastikan untuk menggunakan strategi marketing yang cocok dan sesuai budget. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti pemasaran dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Harmony. Mar 11th, 2021. 10 Jenis Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Usaha Anda. Harmony.co.id : https://bit.ly/2Yc7GaC

Share this Post