Bisnis

Tips Memulai Bisnis Tour and Travel Serta Rincian Modalnya

Bisnis tour and travel menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa tour and travel untuk bepergian jauh. Kesempatan ini harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari cara memulainya dibawah ini.

5 Tips Memulai Bisnis Tour and Travel

1. Menentukan Nama Agen yang Mudah Diingat

Anda harus menentukan nama agen yang unik dan mudah diingat oleh masyarakat. Jika dengan namanya saja masyarakat bisa mengingat jasa yang Anda tawarkan, maka mereka akan loyal dan tetap senantiasa berlangganan dengan jasa tersebut selama fasilitas dan pelayanan yang diberikan memuaskan.

Pastikan juga nama agen tidak mirip dengan dengan nama kompetitor atau merk/brand lainnya. Jika mirip, ada risiko pelanggaran hak cipta di masa depan dan itu sangat tidak baik untuk bisnis Anda. Setelah mendapatkan nama agen sebaiknya daftarkan nama merk Anda di dgip.go.id. Dengan begitu, nama agen Anda bisa terlindungi secara hukum.

2. Memetakan Lokasi Wisata yang Menjadi Tujuan

Petakan terlebih dahulu lokasi wisata mana saja yang kiranya akan Anda kunjungi bersama dengan para pengguna jasa lainnya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda benar-benar meluncurkan bisnis tour and travel tersebut.

3. Membuat Paket Wisata yang Lebih Terjangkau

Biasanya wisatawan akan lebih senang jika dalam satu perjalanan mereka akan mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus. Hal ini harus Anda perhatikan dengan membuat paket wisata yang mana harus mempunyai beberapa tujuan dalam satu kali perjalanan. Pastikan tujuan paket yang diambil berada di lokasi yang satu arah sehingga akan memudahkan perjalanan nantinya.

4. Gencar Melakukan Pemasaran

Tanpa adanya pemasaran, maka bisnis tour and travel Anda tidak akan pernah dikenal oleh masyarakat. Oleh sebab itu, lakukanlah promosi atau pemasaran dengan strategi jitu baik secara online maupun offline agar bisnis Anda semakin dikenal masyarakat luas.

5. Bekerjasama dengan Banyak Pihak

Untuk memulai bisnis ini, Anda harus bekerjasama dengan banyak pihak. Adapun pihak yang harus Anda ajak kerjasama seperti pihak lokasi wisata, pemilik armada bus, restoran tempat makan wisatawan, dan masih banyak lagi. Hal ini tujuannya adalah agar selama di perjalanan wisatawan nyaman dan puas dengan fasilitas yang diberikan.

6. Menyiapkan Modal Bisnis

Tanpa adanya modal, tentu saja Anda tidak akan bisa memulai bisnis tour and travel tersebut. Persiapkan modal Anda dengan sebaik mungkin dan terencana. Minimal, Anda harus mempunyai uang untuk modal sebagai berikut:

  • Modal perizinan bisnis.
  • Modal melakukan iklan.
  • Modal membeli atau menyewa satu armada.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis tour and travel, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan bisnis tour and travel dengan lancar dan maksimal.

Itulah beberapa tips memulai bisnis tour and travel yang wajib untuk Anda perhatikan. Dalam menjalankan bisnis ini, Anda harus berani membuat inovasi baru yang berbeda dengan agen tour and travel lainnya agar masyarakat tertarik dalam menggunakan jasa Anda untuk menemani setiap perjalanan mereka.

Referensi:

Eril Obeit Choiri. 29 November 2019. Memulai Bisnis Travel Wisata, Apa Yang Dibutuhkan?. Qwords.com : https://bit.ly/3pcA5Ij

Share this Post