ORI024 Akan Terbit Oktober ini! Cari Info Lengkapnya Di Sini

ORI024 Akan Terbit Oktober ini! Cari Info Lengkapnya Di Sini

Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah salah satu produk SBN (Surat Berharga Negara) Ritel yang ditawarkan kepada investor individu/perseorangan. Kamu sebagai Warga Negara Indonesia bisa berinvestasi langsung ke negara melalui ORI. Di Oktober ini, pemerintah kembali membuka penawaran seri ORI024 hingga tanggal November 2023.

Yuk, cari tahu lebih lanjut seputar seri ORI024!

Apa itu ORI?

ORI atau Obligasi Negara Ritel adalah produk investasi berupa surat utang yang memberi imbal hasil berupa kupon. Kupon/bunga akan dibayarkan kepada investor setiap bulan dengan besaran yang sama hingga waktu jatuh tempo. Kenapa sama? Ya, karena kupon pada ORI sifatnya fixed rate. Jadi, mau suku bunga acuan BI naik atau turun, tidak akan mempengaruhi nilai kupon ORI. 

Selain memperoleh keuntungan dari kupon tiap bulan, kamu juga bisa memperoleh cuan berupa capital gain. Karena sifatnya yang tradeable, jadi kamu bisa memperoleh capital gain ketika menjualnya di pasar sekunder. 

Baca juga: Cara Memilih Tenor Obligasi Negara Ritel (ORI) 2023 Sesuai Profil Risiko Investor

Tentang ORI024

Berdasarkan informasi dari Kemenkeu, masa penawaran ORI024 akan dimulai pada tanggal 9 Oktober 2023 – 2 November 2023. Di mana, untuk tenornya sendiri belum diinfokan apakah sama dengan ORI023 (Seri ORI sebelumnya) atau akan diterbitkan dengan tenor yang berbeda. Untuk informasi tanggal penting terkait ORI024 bisa dicek pada gambar dibawah ini!

Untuk informasi tanggal penting terkait ORI024

Sumber: DJPPR, Kemenkeu

Baca juga: Jadwal SBN Ritel 2023: Jenis, Tanggal Terbit dan Cara Beli

Manfaat Obligasi Negara Ritel (ORI)

Mendapatkan Kupon yang Dibayarkan Tiap Bulan

Anda akan diberikan kupon sebagai imbal hasil dari pemerintah selaku penerbit ORI. Kupon dibayarkan kepada Anda rutin setiap bulan dan tingkat nilainya bersifat tetap (fixed rate) di mana tidak ada pengaruh fluktuasi yang terjadi pada pasar efek. Melalui pembayaran kupon tersebut otomatis Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulannya yang bisa digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan.

Capital Gain

Manfaat yang kedua yaitu adanya capital gain dengan menjualnya lewat Pasar Sekunder di bursa efek. Anda akan mendapatkan capital gain kalau harga jual ORI di Pasar Sekunder tersebut bisa lebih tinggi dari nilai pokok saat membelinya.

Risiko Rendah

Sebagai investor Anda tidak perlu kuatir ORI mengalami gagal bayar seperti pada investasi lainnya. Pemerintah telah menjamin keamanan ORI melalui UU no. 24 tahun 2002 mengenai Surat Utang Negara.

Baca juga: SBN: Perbedaan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR)

Karena ORI adalah salah satu bentuk investasi dengan manfaat yang cukup banyak dan risiko rendah, ORI bisa menjadi instrumen investasi yang menarik bagi Anda. Untuk menjadi investor ORI, Anda bisa mengakses situs web Mitra Distribusi (Midis) yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Keuangan RI. Salah satunya adalah Investree, menawarkan platform pembelian ORI dan instrumen SBN dan SBSN lainnya dengan mudah dan cepat melalui situs web dan aplikasi ponselnya. Untuk informasi lebih lanjut, https://investree.id/invest/sbn/about-sbn