Marketplace Lending

Apa Itu Capital Gain? Pelajari Secara Mendalam Di Sini

Capital gain adalah suatu istilah yang kerap muncul dalam dunia investasi. Apabila Anda telah lama berkecimpung dalam dunia investasi, baik itu saham, reksa dana, obligasi hingga properti, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.

Capital gain dapat diartikan sebagai imbal hasil yang diperoleh investor ketika menjual aset investasinya. Anda akan mendapatkan capital gain apabila menjual aset dengan harga yang lebih tinggi daripada saat membelinya. Atau dalam kata lain capital gain merupakan imbal hasil dari harga jual dikurangi dengan harga beli.

Aset yang masih Anda miliki atau kuasai meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga beli sebelumnya, tidak disebut dengan capital gain. Capital gain hanya didapatkan ketika Anda menjual aset. Untuk memahami lebih dalam mengenai capital gain, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Capital Gain

Capital gain dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan tenor pemegang aset. Kedua jenis capital gain ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih instrumen investasi yang tepat. Inilah 2 jenis capital gain yang harus Anda tahu.

1. Jangka Pendek

Capital gain jangka pendek berlaku untuk segala investasi yang asetnya dijual dalam waktu kurang dari 1 tahun.

2. Jangka Panjang

Jika ada jangka pendek, maka juga ada jangka panjang. Capital gain disebut jangka panjang apabila aset investasi dijual setelah lebih dari 1 tahun disimpan.

Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Selain capital gain, dalam dunia investasi juga dikenal istilah dividen. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi investor. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya. Simak perbedaannya berikut ini.

  • Capital gain didapat dari menjual aset investasi, sedangkan dividen didapat dari imbal hasil emiten untuk para pemangku kepentingan (pemilik saham).
  • Capital gain didapat dari konversi aset menjadi uang, sedangkan dividen dalam bentuk tunai secara stabil.
  • Penerima capital gain yaitu investor yang menjual aset, untuk penerima dividen tergantung berdasarkan banyaknya saham yang dikeluarkan perusahaan.
  • Pajak capital gain bergantung pada periode penyimpanan aset, tidak seperti dividen yang tetap.
  • Capital gain hanya didapat sekali ketika menjual aset, sementara dividen didapat menerus selama perusahaan membagikan dividen.
  • Pada capital gain, nilai aset cenderung naik bergantung makro ekonomi, sedangkan dividen tergantung pada kinerja perusahaan.
  • Investor dapat merealisasikan capital gain dengan menjual aset. Sedangkan, investor tidak mempunyai kontrol terhadap dividen yang dibagikan perusahaan.

Cara Menghitung Capital Gain

Capital gain hanya bisa Anda dapatkan ketika menjual aset dengan harga lebih tinggi dari harga saat membeli aset. Aset tersebut juga sudah diinvestasikan dalam periode tertentu. Akan tetapi, apabila Anda menjual aset saat harganya sedang turun, Anda justru akan mendapatkan loss gain.

Cara menghitung besaran capital gain yang didapat bisa dilihat pada contoh berikut:

Semisal Anda membeli 10 lot saham pada tahun 2015 dengan harga Rp1.000 per lembar saham, maka Anda membelinya dengan harga Rp 1000 x 1000 lembar = Rp1.000.000. Kemudian Anda menjual seluruh saham Anda di tahun 2020 dengan harga Rp2.500 per lembar saham, maka Anda akan mendapatkan kembali modal sebesar Rp 2500 x 1000 lembar = Rp2.500.000. Sehingga besaran capital gain Anda adalah Rp2.500.000 – Rp1.000.000 = Rp1.500.000.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa capital gain adalah imbal hasil yang Anda terima saat menjual suatu aset di harga yang lebih tinggi dari harga beli. Semoga bermanfaat.

Di Investree, Anda juga dapat berpotensi untuk memperoleh capital gain dengan berinvestasi pada Reksa Dana for Lender. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Ritel (SR) selama masa penawaran berlangsung. Kedua instrumen ini juga dapat dikatakan relatif aman dan terjangkau karena dapat dimulai dengan modal kecil.

 

Referensi :

Lifepal. 16 Juni 2021. Apa Itu Capital Gain? Ini Pengertian, Jenis, dan Cara Hitungnya. Lifepal.co.id: https://bit.ly/2TyD4O4

<a href='https://www.freepik.com/photos/business'>Business photo created by freepik - www.freepik.com</a>

Share this Post

Artikel Terbaru