Bisnis

4 Cara Memulai Usaha Kuliner yang Efektif untuk Anda

Masih bingung bagaimana cara memulai usaha kuliner agar sukses dan mendapatkan keuntungan besar? Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya secara lengkap di sini. Usaha kuliner tidak akan pernah mati di dalam kondisi tersulit sekalipun karena semua orang butuh makan. Itulah sebabnya usaha kuliner menjadi bisnis yang menjanjikan untuk Anda.

Sebelum memulai usaha kuliner, pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup. Jika belum punya atau butuh modal tambahan, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke Investree yang terpercaya dan sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa mendapatkan modal dengan mudah dan cepat di Investree dengan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern. Setelah memiliki modal, Anda dapat memulai usaha kuliner dengan beberapa cara di bawah ini.

Cara untuk Memulai Usaha Kuliner

1. Buat Rencana Bisnis yang Jelas

Kegiatan penting apapun termasuk usaha harus dimulai dengan rencana yang matang. Mulailah langkah Anda dalam usaha kuliner dengan membuat rencana bisnis yang jelas. Rencana bisnis atau konsep bisnis tersebut akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi apa yang menjadi tujuan usaha sebenarnya. Dan yang penting adalah konsep bisnis diperlukan ketika akan mencari investor.

Di dalam konsep tersebut sebaiknya Anda mencantumkan hal-hal penting seperti bagaimana branding yang akan dilakukan, siapa target pasarnya, jenis produk yang dijual, dan sebagainya.

2. Temukan Keunikan Produk Anda

Usaha kuliner sangat banyak di sekitar Anda, jadi harus mencari sesuatu yang unik dan beda kalau Anda ingin sukses. Oleh sebab itu, cari dan temukan dulu hal apa saja yang unik dari produk kuliner yang Anda tawarkan.

Keunikan produk atau unique selling point inilah yang akan membuat Anda bisa menang dari kompetitor meskipun menjual produk yang sama. Faktor inilah juga yang akan mendorong konsumen untuk mencoba dan membeli produk tersebut. Bagaimana cara untuk menemukan keunikan tersebut? Lakukan dengan cara berikut ini :

  • Menuliskan kelebihan dari produk tersebut misalnya “dibuat dengan bahan organik”.
  • Menuliskan semua fitur yang menjadi kelebihannya dibandingkan kompetitor. Contohnya, dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku.
  • Menuliskan hal yang belum dilakukan oleh kompetitor. Contohnya, pembelian gratis jika makanan belum sampai dalam 30 menit.

3. Temukan Target Pasar yang Tepat

Setelah menemukan kelebihan dan keunikan dari produk Anda, selanjutnya cari dan tentukan target pasar yang tepat. Produk Anda tidak akan terserap pasar kalau targetnya tidak tepat. Penentuan target pasar juga akan mempengaruhi bagaimana strategi pemasaran dan promosi yang harus dilakukan.

Contohnya, produk minuman kekinian boba memiliki target pasar yang potensial remaja usia 12-18 tahun. Teknik promosi yang digunakan misalnya memakai nama brand yang identik dengan idola remaja misalnya K-Pop.

4. Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Yang tidak kalah penting, Anda harus mencari lokasi dan tempat bisnis yang strategis. Lokasi yang mudah dijangkau di tepi jalan utama tentunya akan lebih ramai dikunjungi konsumen dibandingkan dengan tempat yang harus masuk ke gang kecil.

Anda bisa juga mencari lokasi yang jaraknya relatif dekat dari pusat keramaian ternama seperti mal, pasar, ataupun usaha sejenis yang sudah terkenal. Ini akan membantu produk Anda lebih mudah dikenal orang.

Itulah beberapa cara memulai usaha kuliner yang bisa Anda jalankan dari sekarang. Usaha kuliner Anda akan sukses jika pengelolaan keuangan dilakukan secara benar dan profesional. Sebaiknya sebagian dari keuntungan pribadi yang Anda dapatkan dari usaha kuliner dialokasikan ke platform pendanaan yang terpercaya dan berizin OJK yaitu Investree. Anda bisa mengembangkan dana Anda dan mendapatkan imbal hasil yang atraktif hingga 20% p.a. Unduh Investree for Lender sekarang dan tumbuh bersama!

Referensi:

3 Juni 2021. 10+ Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Contoh Suksesnya. Niagahoster.co.id: https://bit.ly/3AHJp9V

Ibnu Husein. 5 Februari 2021. Berniat Punya Bisnis Kuliner Sendiri? Pelajari 8 Cara Ini. glints.com: https://bit.ly/3jYJOOs

Share this Post

Artikel Terbaru