Bisnis

Simak Pengertian SOP Lebih Dalam Beserta Fungsinya

Anda yang bekerja di dunia kerja profesional pasti tidak asing lagi dengan SOP. Standard Operating Procedure atau SOP adalah sistem yang dibuat sebagai aturan yang berisi tentang prosedur pelaksanaan tugas tertentu dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan. Melalui SOP tersebut bisa diketahui apakah seorang karyawan sudah mampu melakukan tugas dan pekerjaannya dengan benar sesuai aturan yang ditetapkan.

SOP merupakan pedoman yang digunakan organisasi atau perusahaan untuk menyelaraskan sistem dalam melaksanakan suatu pekerjaan sehingga visi dan misi yang telah ditetapkan bisa tercapai. Mengapa dibutuhkan SOP sebagai pedoman? Karena ruang lingkup yang cukup luas dan latar belakang dari SDM yang berbeda-beda membutuhkan sebuah pedoman yang tertentu dan terstruktur.

Apa Kata Ahli Tentang SOP?

SOP harus dimiliki oleh setiap perusahaan baik skala kecil, menengah, maupun besar jika ingin sistem dalam organisasinya berjalan dengan lancar sesuai tujuan. Pentingnya peran SOP tersebut bisa dilihat melalui pendapat beberapa ahli berikut ini.

1. Sailendra – 2015

SOP merupakan panduan yang dipakai oleh perusahaan maupun organisasi untuk memastikan bahwa kegiatan operasionalnya sudah berjalan dengan lancar.

2. Tjipto Atmoko – 2011

SOP yaitu suatu pedoman yang digunakan dalam melakukan pekerjaan sesuai fungsi serta alat penilaian kinerja baik instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, yang berdasarkan pada berbagai indikator yang terkait teknis, administrasi yang prosedural sesuai prosedur dan juga sistem kerja yang ditetapkan dalam unit yang bersangkutan.

3. Insasi – 2010

SOP merupakan sekumpulan dokumen yang berisi tentang serangkaian instruksi secara tertulis yang telah dibakukan. Dokumen tersebut mengenai serangkaian proses dalam penyelenggaraan administrasi perkantoran yang terdiri dari cara untuk melakukan pekerjaan, waktu melaksanakan pekerjaan, tempat penyelenggaraan serta orang yang melakukan pekerjaan tersebut.

Fungsi Standard Operating Procedure (SOP) 

Adanya SOP di dalam perusahaan dan organisasi memiliki fungsi yang cukup penting dan tidak bisa diabaikan. Apa sajakah fungsi SOP bagi perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pedoman dan Landasan Hukum

SOP memiliki fungsi sebagai pedoman dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan job description masing-masing karyawan. Dengan adanya pedoman maka tidak akan terjadi tumpang tindih dalam melaksanaan pekerjaan karena masing-masing personal sudah mengetahui apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya.

SOP juga berfungsi sebagai acuan bagi perusahaan apakah masing-masing karyawan sudah bekerja sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Jika terdapat karyawan yang belum melaksanaan pekerjaan sesuai prosedur maka perusahaan bisa mempertimbangkan hukuman atau sanksi bagi yang bersangkutan.

2. Mempermudah Pelaksanaan Pekerjaan

Tidak semua karyawan sudah paham apa yang menjadi tugas mereka terutama mereka yang masih baru atau merupakan fresh graduate. Adanya SOP membantu mereka yang belum paham tentang apa yang harus dikerjakannya menjadi lebih paham. Dengan demikian maka apapun pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan bisa dilakukan dengan baik dan tentu saja melalui prosedur yang benar.

3. Mengenali Hambatan yang Mungkin Dihadapi

SOP membantu perusahaan untuk mengenali apa hambatan yang mungkin timbul dan harus dihadapi. Misalnya operasional perusahaan yang berjalan lambat dan tidak lancar, maka perusahaan harus dengan cepat mencari solusi yang terbaik.

4. Membentuk Kedisiplinan Bekerja

Maju dan tidaknya sebuah usaha sangat dipengaruhi oleh performa kerja SDM dalam hal ini adalah karyawannya. SOP yang merupakan acuan dan prosedur dalam melaksanakan pekerjaan akan melatih rasa disiplin pada karyawan sehingga mereka bisa bekerja secara lebih efektif. Karyawan dari jajaran paling bawah hingga tertinggi akan mendapatkan sanksi kalau tidak mengikuti apa yang tertulis di dalam SOP.

Kesimpulannya, SOP adalah sistem dan prosedur yang dilakukan oleh perusahaan agar kegiatan operasionalnya bisa berjalan dengan stabil sehingga akan tercapai apa yang menjadi visi dan misinya. Selain SOP, perusahaan atau usaha yang Anda jalankan harus memiliki modal yang cukup agar operasional bisa berjalan lancar. Jika membutuhkan modal usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui Investree yang terpercaya dan sudah berizin oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Dengan modal dari Investree, Anda bisa mengembangkan usaha lebih jauh lagi. Yuk, daftar Investree sekarang dan tumbuh bersama!

Referensi :

Ervina. 9 Desember 2019. Pentingnya Standar Operasional Prosedur bagi Perusahaan. Talenta.co: https://bit.ly/3m5AxHi

Apa Itu SOP- SOP Adalah Prosedur Standar untuk Perusahaan. Promise.co.id: https://bit.ly/3CPyexN

Share this Post

Artikel Terbaru