Bisnis

Apa Tujuan Berbisnis? Ayo Cari Tau Lebih Dalam Di Sini

Sebelum memulai suatu bisnis, ada banyak hal yang harus Anda ketahui. Mulai dari pengertian bisnis, tujuan berbisnis hingga manfaat bisnis. Anda tidak cukup hanya mengetahui berbagai hal tersebut, tetapi juga perlu untuk memahaminya supaya bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang. Memahami semua hal tersebut akan mempermudah dalam menjalankan suatu bisnis. Berikut informasi lengkapnya.

ACD marketplace

Pengertian Bisnis

Istilah bisnis itu sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu “business” yang berarti kesibukan. Di mana kesibukan yang dilakukan bertujuan untuk melakukan aktivitas supaya mendapatkan keuntungan atau imbal hasil. Bisnis dilakukan oleh individu atau organisasi yang melibatkan proses produksi, pembelian, penjualan atau pertukaran barang dan jasa dengan tujuan untuk mendapatkan imbal hasil.

Konsep dalam Bisnis

  • Strategi inti atau care strategy, merupakan visi dan misi suatu bisnis meliputi hal-hal ideal yang diharapkan dari bisnis tersebut.
  • Sumber daya strategis atau strategic resources, adalah semua hal yang berhubungan dengan kompetensi utama, proses inti dan juga aset strategis.
  • Perantara pelanggan atau customer interface, adalah semua hal yang berhubungan dengan informasi, pemenuhan, dukungan,struktur bunga dan  dinamika hubungan. 
  • Jaringan nilai atau value network, adalah seluruh jaringan nilai yang bisa memperkuat serta melengkapi sumber daya perusahaan.

Tujuan Berbisnis

Tujuan utama berbisnis untuk mendapatkan imbal hasil dari barang dan jasa yang dijual kepada konsumen. Selain tujuan utama tersebut, bisnis memiliki banyak tujuan lainnya, antara lain sebagai berikut:

ACD lender

  • Menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Menciptakan lapangan kerja.
  • Meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis dan semua orang yang terlibat di dalamnya.
  • Meningkatkan pertumbuhan masyarakat umum.
  • Menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka waktu panjang.
  • Menunjukkan prestise, prestasi dan juga kinerja.

Manfaat Bisnis

1. Mendapatkan Penghargaan dan Pengakuan

Memulai bisnis dan bisnis tersebut terus berkembang maka akan memberikan dampak positif dan berkontribusi dalam membantu kesejahteraan masyarakat sekitar. Dengan begitu, Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan maupun pengakuan dari lingkungan tersebut.

2. Menggaji Diri Sendiri

Ketika Anda menjadi seorang karyawan, pendapatan yang didapatkan bergantung dengan orang lain. Akan tetapi, jika memiliki bisnis sendiri maka Anda menggaji diri sendiri dengan nominal uang yang ditentukan sendiri. Tidak hanya itu saja, sebagai pemilik bisnis Anda bisa menggaji orang lain yang bekerja di tempat Anda.

3. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Memulai dan membangun suatu bisnis bukan sesuatu yang muda, butuh perjuangan serius, kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit. Pengorbanan tersebut baik dari segi waktu, tenaga, materi dan pemikiran. Namun, jika bisnis yang dijalankan sudah berkembang pesat maka Anda selaku pemilik bisnis akan mendapatkan banyak imbal hasil dengan menjadi bos untuk diri sendiri.

4. Bebas Bergelut di Bidang yang Anda Sukai

Saat bekerja di suatu perusahaan, ruang gerak dan berkreasi Anda bisa saja terbatas kebijakan perusahaan dan pemikiran pemilik binis tersebut. Saat berbisnis, Anda bebas memilih bidang yang Anda sukai juga bebas berkreasi di berbagai aspek. Memilih bidang yang disukai juga direkomendasikan kepada Anda yang ingin merintis bisnis, lho.

Itulah informasi tentang tujuan berbisnis serta informasi lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Bagi Anda yang akan memulai bisnis, penting untuk memahami tujuan bisnis tersebut. Semoga bermanfaat!

ACD borrower

Referensi:

Putra. 14 Februari 2020. Pengertian Bisnis: Fungsi, Konsep, Tujuan, Manfaat, Jenis & Macam Macam Bisnis. Salamadian.com. https://bit.ly/3A6PCfi

Alfi Yuda. 26 Juni 2021. Pengertian Bisnis, Tujuan. Fungsi, Jenis dan Manfaat yang Diperoleh. Bola.com. https://bit.ly/3fvhuBM

Share this Post

Artikel Terbaru