Investasi

Apa Itu Angel Investor, Simak Pengertiannya Di Sini

Angel Investor adalah perusahaan atau perorangan yang memberikan dana sebagai modal bisnis awal. Investor menjadi aspek penting bagi para pelaku bisnis untuk bisa menjalankan dan mengembangkan usaha yang sedang dikelola. Agar lebih jelas, Anda bisa mengenal angel investor dibawah ini.

Mengenal Angel Investor

Dikatakan sebagai angel investor karena memang para penanam modal ini tidak seperti lembaga perbankan yang hanya memberikan modal pada bisnis yang sudah bisa menghasilkan keuntungan. Angel investor ini justru memberikan pendanaan pada para pelaku bisnis yang baru mengambil langkah awal dalam berbisnis. Investor ini menginginkan imbalan berupa ekuitas kepemilikan atau hutang konversi. Biasanya angel investor hanya memberikan modal hanya di saat bisnis dalam tahap atau posisi yang sulit.

Oleh karena itu, banyak sekali angel investor yang berperan sangat aktif dalam mengelola bisnis baru. Selain menyediakan dana atau modal, angel investor juga membantu secara langsung para wirausahawan dalam mengembangkan bisnis yang baru dirintis.

Bagaimana Cara Angel Investor Berinvestasi?

Angel investor memang ada khusus untuk para pelaku bisnis yang baru memulai bisnisnya. Agar perusahaan yang baru berdiri atau para pengusaha pemula tahu akan keberadaan para investor ini, ada tiga cara yang biasa dilakukan. 

Para angel investor memberikan tawaran pada pelaku bisnis sebuah pinjaman yang bisa diubah menjadi posisi ekuitas pada perusahaan setelah perusahaan yang bersangkutan lepas landas. Umumnya investor membutuhkan 30% saham ekuitas untuk memberikan suara pada dewan perusahan.

Kedua, dengan menyediakan dana melalui saham preferen yang bisa dikonversi serta tetap menjadi anggota dewan perusahaan yang bersangkutan. Angel investor selanjutnya melakukan penundaan dividen untuk saham tadi sampai tempo atau tanggal yang akan datang.

Cara terakhir adalah dengan mendapatkan posisi ekuitas secara langsung. Jadi di sini investor perlu 20 sampai 30 persen saham perusahaan, bahkan perlu juga menunjuk satu atau lebih rekanan untuk bisa membantu proses pengelolaan bisnis yang terkait.

Darimana Sumber Dananya?

Angel investor memberikan atau menyediakan dana untuk para pebisnis dari uang pribadi atau hartanya sendiri. Dana itu bisa didapatkan dari perseroan terbatas, perwalian, bisa juga dari dana investasi. Oleh karena itu biasanya investor ini datangnya pada saat putaran kedua pembiayaan awal, tepatnya saat sudah berhasil mengumpulkan dana dari rekanan baik itu keluarga atau teman.

Besar nilai dana yang disediakan angel investor ini pada pebisnis pemula bisa beberapa ribu sampai jutaan dolar, karena dilihat berdasarkan jenis atau sifat bisnis yang didanai. Di luar negeri, angel investor ini harus memiliki kekayaan sedikitnya satu juta dolar dengan pendapatan dua ratus ribu dolar setiap bulan. Jadi, biasanya yang menjadi angel investor ini biasanya perusahaan besar.

Kesimpulannya, angel investor adalah penanam atau penyedia modal yang mau membantu bisnis kecil dari nol hingga bisa berjalan dan berkembang sehingga bisa menjadi usaha yang maju dan besar. Jika Anda kesulitan mencari angel investor, Anda bisa daftar ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Nur Lella Junaedi. 14 September 2021. Angel investor dan tips mendapatkan pendanaan untuk startup. Ekrut.com : https://bit.ly/3G3Odtb

Share this Post