Frugal Living: Solusi Hidup Nyaman di Masa Depan

Frugal Living: Solusi Hidup Nyaman di Masa Depan

Kalian merasa ngga, sih? Kalau bahan atau keperluan pokok kita semakin lama jadi semakin mahal? Kadang kenaikannya bukan hanya setiap tahun saja, bahkan bisa dalam hitungan bulan, lho! Kita jadi harus lebih pintar untuk mengelola keuangan dan memilah-milah lebih teliti untuk membeli suatu hal, jangan sampai boros.

Anda dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan dengan menahan godaan dari diskon Hari Belanja Online Nasional (harbolnas) atau biasa kita kenal dengan tanggal kembar, yang sering memberikan diskon barang besar-besaran. Perhatikan terlebih dahulu apakah barang-barang yang diskon itu memang sesuai dengan kebutuhan atau sekadar situasi aji mumpung saja. 

Definisi Frugal Living

Frugal living menurut Wealthsimple merupakan gaya hidup seseorang yang melibatkan mindfulness atau kesadaran ketika mengeluarkan/membelanjakan uang. Ketika kita sadar akan apa saja hal yang perlu dan tidak untuk dibeli, gaya hidup Anda berpotensi menjadi lebih cermat dan stabil. Frugal living berbeda dengan pelit. Orang pelit cenderung takut untuk membeli barang, jadi biasanya membeli barang-barang dengan murah yang kualitasnya mungkin lebih cepat menurun.

Berbeda dengan orang yang menganut gaya hidup frugal, mereka tidak takut untuk membeli barang yang lebih mahal, asalkan sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang mereka dapatkan. Logikanya, Anda berinvestasi pada kualitas barang tersebut sehingga awet dan waktu penggunaannya berlangsung lama. Namun tetap memerhatikan dalam menghemat pengeluaran dan memaksimalkan tabungan.

Manfaat Menerapkan Frugal Living

Setelah membicarakan apa itu frugal living, berikut adalah manfaat-manfaat dari menerapkan frugal living, seperti:

  • Proses menabung jadi lebih cepat

Seperti yang dijelaskan beberapa paragraf di atas, dengan menerapkan gaya hidup frugal, Anda bisa lebih memangkas pengeluaran yang tidak menjadi prioritas. Anda jadi tidak konsumtif dan sadar kalau ada skala prioritas yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Gaya hidup ini dapat memperlancar Anda untuk menabung, untuk mencapai tujuan finansial. 

  • Hidup menjadi lebih hemat

Setiap kali belanja, Anda jadi lebih mindful. Banyak pengeluaran yang bisa ditekan, contohnya membatasi atau memutuskan untuk tidak menjadi orang yang impulsif. Anda cenderung lebih memilih barang yang memiliki kualitas tinggi karena bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Baca juga: Berikut 5 Manfaat Hidup Hemat untuk Perekonomian Anda

Cara Memulai Frugal Living

1. Membuat budgeting

Budgeting sudah sepaket dengan frugal living, artinya Anda harus belajar dan mau untuk membuat budgeting ketika menerapkan gaya hidup frugal, kenapa? Karena dengan melakukan budgeting, kebutuhan dan keinginan Anda bisa tersusun dengan rapi, serta disesuaikan dengan skala prioritas.

Untuk memulai budgeting, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Besaran uang untuk setiap pengeluaran dalam sebulan, dengan mudah Anda ketahui pemasukan dan pengeluarannya karena semuanya sudah tercatat.

2. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan Anda. Prioritaskan kebutuhan seperti membayar listrik, tagihan air, sewa rumah, biaya transportasi, dan biaya sekolah anak. Keinginan-keinginan Anda bisa dicatat terlebih dahulu dan diwujudkan ketika kebutuhan pokok sudah terpenuhi semua.

3. Membandingkan harga

Pastikan untuk meriset dan membandingkan harga dari satu tempat ke tempat lainnya. Contoh ketika Anda membeli bahan makanan di supermarket, bandingkan dengan harga di pasar jika memungkinkan. Perhatikan diskon yang tercantum pada bulan atau tanggal tertentu, sangat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran.

4. Evaluasi langganan aplikasi berbayar

Berlangganan layanan konten streaming, secara tidak langsung menjadi sumber pengeluaran yang kadang tidak tercatat. Mungkin harganya masih tidak terlalu mahal, namun jika berlangganan terus menerus, pendapatan Anda akan terkuras. Jika konten-konten tersebut bermanfaat, tak jadi masalah. Kalau sudah jarang menggunakan layanan streaming, lebih baik dihentikan sementara.

5. Tentukan prioritas belanja

Frugal living membuat hidup Anda lebih cermat dan hemat. Jika Anda dihadapkan pada dua pilihan, misalnya membeli HP baru atau laptop baru dengan harga yang hampir sama, yaitu belasan juta, Anda tetap boleh membeli barang tersebut asalkan kebutuhan utama Anda tidak terganggu dan pastikan benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Baca juga: Ingin Lebih Hemat? Berikut Cara Mendapatkan Harga Terbaik Setiap Kali Berbelanja

6. Investasi di SBN

Bagi Anda yang akan atau sudah menerapkan frugal living, Investasi SBN merupakan instrumen yang cocok untuk Anda, yang mana hampir minim risiko, aman dan dijamin negara tentunya. Dengan jaminan “pasti untung” membuat frugal living yang kamu terapkan bisa sukses.

Investree merupakan salah satu mitra distribusi yang dipercaya pemerintah sebagai platform fintech untuk pembelian SBN dan SBSN. Pada tanggal 9 Oktober – 2 November ini pemerintah akan menerbitkan instrument SBN dengan seri ORI024 tentunya dengan 2 pilihan tenor 3 dan 6 tahun. Untuk informasi lengkap mengenai ORI024 dan cara pembelian di Investree bisa klik banner di bawah ini. 

Frugal Living: Solusi Hidup Nyaman di Masa Depan

 

Referensi:
https://medium.com/inspigo/efektifkah-gaya-hidup-frugal-living-di-saat-semuanya-mahal-9ddcab13f1d7 

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230724201327-277-977296/patut-dipraktikkan-apa-itu-frugal-living 

https://glints.com/id/lowongan/frugal-living/