Menabung

Ingin Lebih Hemat? Berikut Cara Mendapatkan Harga Terbaik Setiap Kali Berbelanja

Mau bersenang-senang sambil tetap berhemat? Itu mungkin, kok. Kalau selama ini Anda mungkin kesulitan menghemat pengeluaran, pasti ada yang belum dilakukan. Karena, bila Anda cermat, pasti ada cara terbaik untuk bisa membeli apa yang Anda butuhkan dengan harga lebih murah. Hanya saja Anda terkadang tidak sabar menunggu hingga waktu yang tepat atau malas mencari kesempatan untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Sehingga Anda terjebak membayar dengan harga yang lebih mahal. Tapi kali ini Investree ingin berbagi seputar cara-cara untuk mendapatkan harga terbaik setiap kali Anda berbelanja. Yuk, langsung simak ulasan berikut! 

Lakukan perbandingan harga

Apakah tempat Anda berbelanja sudah menjual barang paling murah? Bagaimana Anda bisa mengetahuinya kalau tidak melakukan perbandingan harga sendiri, benar? Ya, tidak ada salahnya melakukan hal tersebut untuk menghemat pengeluaran. Harga di setiap toko retail mengalami fluktuasi, berlaku juga pada situs e-commerce. Jangan langsung tertipu oleh iming-iming diskon, sebab biasanya harga jual barang sudah dinaikkan terlebih dulu. Anda harus melakukan perbandingan harga untuk mengetahui dimana Anda bisa mendapatkan harga terbaik.

Melakukan perbandingan harga untuk berbelanja di toko online jauh lebih mudah karena sudah banyak aplikasi yang dapat membantu Anda. Sebut saja Telunjuk atau Priceza yang dapat membantu mendapatkan harga terbaik setiap kali Anda berbelanja. Harga tersebut juga bisa dijadikan sebagai acuan ketika Anda lebih suka berbelanja secara offline. Dengan begitu, Anda lebih mudah menemukan toko offline yang dapat mendukung Anda untuk berhemat.

Manfaatkan penawaran diskon

Sebelum Anda membeli apapun, luangkan waktu untuk melakukan pencarian singkat seputar produk-produk kebutuhan yang sedang didiskon. Anda bisa melihat selebaran yang berisi informasi seputar produk-produk yang didiskon dari toko retail tertentu dan bisa didapatkan secara online, maupun offline. Selain itu, juga ada voucher diskon yang bisa Anda beli melalui aplikasi seperti Lakupon atau Fave. Di sana Anda bisa menemukan berbagai macam voucher diskon sampai voucher cashback yang dapat digunakan pada tenant online serta offline untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga entertainment. Dengan begitu, Anda bisa tetap bersenang-senang dengan cara yang lebih hemat. Siapa yang nggak mau?

Tidak harus selalu membeli yang baru

Ketimbang Anda selalu membeli yang baru, lebih baik lakukan opsi pembaruan jika itu masih mungkin untuk dilakukan. Seperti alat elektronik, gadget, hingga furnitur yang masih bisa diperbaiki jika mengalami kerusakan. Dengan memperbaikinya dan tidak langsung mengganti dengan yang baru, tentu akan menghemat pengeluaran Anda. Atau, Anda bisa mencari barang bekas dengan kondisi yang masih baik. Ini bisa menjadi cara fantastis untuk mendapatkan harga terbaik. Pastikan Anda memilih barang bekas yang kondisinya masih bagus, minim kerusakan, dan jika perlu cari yang masih memiliki garansi. Dengan fungsi yang sama, tapi Anda bisa mendapat produk yang dibutuhkan dengan pengeluaran yang lebih hemat.

Jangan malu untuk bertanya

Ketika pencarian produk murah tidak menghasilkan apa-apa, jangan malu untuk langsung bertanya kepada penanggung jawab toko. Biasanya mereka akan langsung mengarahkan Anda ke display produk yang sedang didiskon. Atau, bila tidak di-display mereka juga tidak akan merahasiakannya, dengan senang hati mereka akan menunjukkannya kepada Anda. Tidak ada salahnya untuk bertanya agar Anda bisa memanfaatkan diskon atau promosi yang sedang ditawarkan, apalagi untuk pembelian dalam jumlah besar. Bukankah malu bertanya hanya akan membuat Anda sesat di jalan?

Manfaatkan media sosial

Media sosial bukan hanya tempat untuk berbagi foto serta mendapatkan pembaruan status dari teman dan keluarga. Lebih dari itu, media sosial bisa Anda dimanfaatkan untuk terhubung dengan merek atau pengecer yang selalu memberikan update seputar penawaran eksklusif yang sedang berlangsung. Bahkan tidak jarang mereka juga memberikan giveaway berupa kupon belanja untuk para pengikut mereka di media sosial. Pantau media sosial mereka secara berkala atau ketika Anda ingin berbelanja. Siapa tahu Anda bisa mendapat informasi yang Anda butuhkan seputar penghematan.

Berlangganan newsletter

Ini bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan tapi juga bisa menjadi bumerang. Banyak brand atau pengecer yang membagikan informasi promo diskon melalui e-mail. Jika Anda berlangganan newsletter, mereka pasti memudahkan Anda untuk mendapatkan harga terbaik. Anda pasti tidak akan ketinggalan informasi bila ada promo diskon yang sedang ditawarkan. Kemudian Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menghemat pengeluaran. Tapi hal itu juga bisa menjadi bumerang bila Anda tidak menggunakan diskon dengan bijak. Jangan sampai Anda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan hanya karena tergoda oleh diskon. Itu hanya akan menggagalkan tujuan Anda untuk berhemat.

Berhemat bukan berarti membuat kita menahan semua uang kita di bawah bantal. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan manfaat dari uang itu sendiri agar tidak ada yang terbuang sia-sia. Uang yang berhasil kita hemat, bisa kita alihkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Seperti untuk menabung, berinvestasi, hingga berbagi dengan sesama - tentu bisa membawa manfaat lebih bagi masa depan.

Referensi:

Andrea Woroch. 9 Juni 2020. How to Get The Best Prices on Everything, Every Time You Shop. USNews.com: https://bit.ly/39xJLne   

Share this Post

Artikel Terbaru