Perencanaan Finansial

Berikut 5 Manfaat Hidup Hemat untuk Perekonomian Anda

Banyak manfaat hidup hemat yang penting Anda ketahui. Dengan hidup hemat, Anda bisa menata masa depan yang lebih baik. Selain itu Anda bisa hidup lebih tenang, keluarga bahagia, hingga financial freedom. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang tidak kalah menarik. Apa saja? Anda bisa mempelajari beragam manfaatnya dibawah ini.

Ragam Manfaat Hidup Berhemat

1. Kecukupan Finansial

Besaran gaji yang diterima seorang karyawan tidak menjamin kecukupan finansial. Mungkin saja ada kebutuhan tambahan yang mendesak secara tiba-tiba, atau alasan lainnya. Bahkan, sebagian orang merasa kesulitan untuk menahan keinginannya agar tidak membeli maupun mengkonsumsi sesuatu.

 

Seseorang yang terbiasa menerapkan hidup hemat, semakin besar pendapatan yang diterimanya setiap bulan, akan semakin besar pula uang yang bisa dimanfaatkan atau ditabung, semisal untuk dijadikan medium investasi ataupun modal usaha.

 

Selain itu, kondisi finansial Anda lebih stabil lantaran terkelola dengan baik. Dengan terbiasa menjalani hidup hemat, peluang kecukupan finansial akan semakin besar bisa Anda nikmati. Bukan hal yang mustahil, investasi Anda akan berkembang di kemudian hari.

2. Belajar Menjadi Pribadi yang Mandiri

Saat seseorang terbiasa menjalani pola hidup hemat sejak dini, kelak orang tersebut akan terbiasa hidup mandiri. Alasannya, uang yang dimilikinya akan digunakannya dengan penuh tanggung jawab. Sehingga saat nanti dia beranjak dewasa, orang itu tidak akan bergantung lagi pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Cerdas dalam Mempertimbangkan Suatu Perkara

Orang yang menjalani hidup hemat secara tidak langsung akan terasah kemampuannya dalam memilah mana yang lebih penting dan mana yang kurang penting saat membelanjakan sesuatu. Kemampuan seperti ini akan ikut mempengaruhinya dalam pengambilan keputusan lain di hidupnya. Disamping itu, hidup hemat akan membuat seorang pribadi menjadi tidak mudah bimbang. Pada akhirnya, mereka akan berubah menjadi pribadi yang praktis dalam berpikir dan mengambil keputusan atas hidupnya, pun terbiasa untuk mempertimbangkan rasio kecukupan dari berbagai aspek.

4. Jauh Dari Kebiasaan Mengutang

Kebiasaan berhemat menjadikan seseorang mempunyai dana cadangan alias tabungan. Dengan demikian, mengajukan pinjaman kredit, baik ke bank, pinjaman online, ataupun keluarga terdekat, bisa dijadikan sebagai opsi untuk dipilih terakhir kali saat kondisi keuangan keluarga mencekik.

 

Mengingat kini sudah banyak platform online yang menawarkan pinjaman dengan syarat yang sangat mudah. Tentu keinginan untuk berhutang semakin meningkat. Maka dari itu, kebiasaan hidup hemat sangat penting diterapkan agar jauh dari kebiasaan mengutang. Meski begitu, tidak ada yang salah jika Anda ingin berhutang. Namun pastikan itu dilakukan saat mendesak dan untuk keperluan yang penting seperti usaha dan lainnya. Pastikan juga Anda bisa melunasinya.

5. Meninggalkan Warisan Kepada Keturunan

Tidak semua keluarga dapat memberikan peninggalan materi kepada keturunannya apabila ada hal buruk yang terjadi mendadak. Pengeluaran terus menerus yang dibiarkan menumpuk akan membuat seseorang kesulitan melakukan investasi atau menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menabung.

 

Kendati demikian, orang yang mampu berhemat bakal menemukan cara lain untuk menabung, meski dalam nominal kecil dan mempunyai kondisi ekonomi berantakan. Konon, orang yang terbiasa hidup hemat berpotensi mempunyai tabungan yang cukup saat memasuki masa pensiun nanti. Malah, kemungkinan besar mereka akan mampu menutupi biaya hidup di masa tuanya.

 

Itulah beberapa manfaat hidup hemat yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mulai hidup hemat dengan menabung dan investasi dari sekarang. Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih untuk mengembangkan dana, salah satunya pendanaan di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Daftar Investree for Lender dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender. Agar lebih mudah, Anda bisa download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store atau kunjungi website https://investree.id/invest. Semoga bermanfaat!

 

Referensi :

 

Admin disperkimta. 09 Mei 2018. Manfaat Gaya Hidup Hemat. Disperkimta.bulelengkab.go.id : https://bit.ly/3s2X0rn

Share this Post