How-To

Inilah 5 Cara Menghemat Uang Gaji Bulanan Dengan Baik

Cara menghemat uang gaji mungkin masih cukup sulit Anda terapkan. Gaji itu sendiri Anda dapatkan dari hasil bekerja dalam satu bulan. Pastinya Anda ingin segera menggunakan uang gaji untuk membeli segala kebutuhan serta keinginan yang sempat tertahan di bulan sebelumnya.

Anda bebas menggunakan uang gaji untuk apapun. Namun perlu diingat bahwa gaji Anda tersebut harus bisa cukup digunakan selama satu bulan penuh sebelum gajian bulan berikutnya. Jika tak ingin kesulitan di pertengahan atau akhir bulan karena keuangan menipis, maka mau tak mau Anda harus bisa berhemat.

Tentu saja akan banyak sekali godaan ketika Anda memiliki uang. Sehingga Anda perlu menggunakannya dengan bijak untuk kebaikan diri sendiri. Nah, cara untuk menghemat uang gaji sebenarnya tidak terlalu sulit. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Membuat Anggaran Bulanan dengan Baik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat budgeting bulanan. Anggaran atau budgeting akan sangat membantu Anda untuk menggunakan pendapatan dengan tepat dan sesuai rencana. Buatlah list apa saja kebutuhan yang wajib dibelanjakan dalam satu bulan. Kemudian tentukan anggaran pengeluaran belanja tersebut.

Hal ini dapat menghindari Anda dari pembengkakan pengeluaran akibat membelanjakan sesuatu yang tidak perlu. Cukup gunakan sesuai dengan anggaran yang telah disusun. Sisa uang yang ada dapat dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Anda bisa mengalokasikan sebagian uang Anda atau sisa uang Anda untuk investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih. Mulai dari investasi emas, properti, deposito, reksadana, saham dan sebagainya. Sebelum memilih salah satu instrumen investasi disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai investasi.

Salah satu platform pendanaan yang sudah sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree for Lender. Anda bisa download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender. Kembangkan dana Anda dan dapatkan imbal hasil hingga 20% p.a.

2. Menabung Sebelum Mengeluarkan Uang

Selalu ingat untuk tetap menabung apapun kondisinya. Menabung akan sangat bermanfaat untuk Anda sendiri di masa depan. Umumnya menabung menjadi opsi terakhir dengan menunggu sisa uang dari yang dibelanjakan untuk kebutuhan. Cara ini kurang tepat, sebab nominalnya akan selalu berbeda dan Anda bisa jadi kurang konsisten menjalankannya sehingga uang akan habis duluan sebelum sempat menabung.

Cara yang paling tepat dengan menabung sebelum Anda menggunakan uang gajian. Tentukan berapa persen uang yang ingin Anda tabungkan dari jumlah uang gajian Anda. Terapkan jumlah tersebut setiap bulan sehingga Anda akan terbiasa untuk konsisten dan tepat waktu dalam menabung.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Gambar 3

Berhemat juga bisa Anda lakukan dengan mencari pemasukan tambahan. Waktu senggang yang Anda miliki terlepas dari waktu pekerjaan utama Anda, bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Seperti dengan berjualan online, menjadi penulis lepas, dan lain sebagainya.

Adanya sumber penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama dapat menambah gaji untuk disisihkan sebagai tabungan. Selain itu Anda pun bisa memperoleh kesempatan menggunakan sebagian penghasilan tambahan tersebut untuk membeli apa yang Anda inginkan.

4. Memantau Setiap Pengeluaran

Selain menyusun budget, Anda juga perlu rutin mencatat setiap pengeluaran. Selalu pantau kemana uang dikeluarkan. Adapun slip belanja dan slip bukti penarikan tunai sebaiknya jangan langsung dibuang supaya Anda bisa memantau berapa saja pengeluaran yang dilakukan.

Selain itu Anda juga bisa menyiasati dengan membeli barang dengan harga lebih murah. Membandingkan harga dari 2 barang yang sama dapat membantu Anda untuk lebih menghemat uang gaji bulanan.

5. Memisahkan Rekening

Terakhir dengan memisahkan rekening. Bila Anda menabung di bank, sebaiknya jangan gunakan rekening yang sama dengan rekening untuk pengeluaran sehari-hari. Anda akan kesulitan dalam membedakan keduanya. Begitu pula dengan dana darurat yang sebaiknya juga terpisah dari rekening untuk belanja.

Dalam menggunakan uang dalam rekening belanja pun Anda tetap harus bijak. Pastikan pengeluaran diutamakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bila ingin berbelanja online dengan top up ke e-wallet, pastikan jumlahnya tidak melebihi anggaran yang ditetapkan.

Demikian penjelasan mengenai cara menghemat uang gaji yang benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Heri Setiawan. 15 Maret 2019. 6 Cara Menghemat Uang Gaji yang Baik Agar Cukup Penuhi Kebutuhan Sebulan. Liputan6.com: https://bit.ly/3oPzQTz

Share this Post

Artikel Terbaru