7 Tips Menabung Modal Usaha untuk Mahasiswa

Terganjal dengan modal usaha, generasi milenial memiliki banyak ide bisnis kreatif yang berpotensi menjadi pemasukan atau bahkan bisnis yang mendunia. Hasil survei yang dilakukan Kemerisbudtek tahun 2019 menyebutkan bahwa sebanyak 69,1 persen mahasiswa memiliki keinginan berwirausaha. Nah, agar Anda, para mahasiswa dan kaum milenial punya modal usaha yang cukup, yuk simak tips memiliki modal usaha berikut ini!

  1.     Tanamkan Niat yang Kuat

Anda pasti sering dengar pepatah, niat yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Niat adalah salah satu hal yang harus Anda kuatkan saat mau memulai bisnis. Tanamkan untuk menabung agar mimpi memiliki bisnis yang mendunia tidak hanya diangan saja. Anda ingin membanggakan keluarga dan teman Anda bahwa Anda memiliki bisnis yang sukses.

 

  1.     Tentukan Target Modal Usaha

Anda harus mulai membuat catatan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan bisnis Anda, produsen kebutuhan bisnis, proses produksi bagaimana, serta segala kebutuhan bisnis Anda mulai dari A-Z. Semua harus tercatat dan diperhitungkan dengan matang.

 

Mungkin terdengar ribet ataupun menyusahkan, jangan khawatir! Anda bisa mempelajarinya dari berbagai sumber di dunia maya. Selain itu, memiliki partner usaha yang memahami dan ingin berkembang bersama bisa jadi alternatif untuk membantu Anda menentukan target modal usaha agar sesuai jadwal.

Baca juga: Ini 5 Tips Menabung dengan Baik Untuk Anda Menikah

 

  1.     Pilah Pilih Antara Kebutuhan dan Keinginan

Saat menabung untuk modal usaha bukan berarti kehidupan Anda menjadi pelit atau berkekurangan. Penting untuk Anda yang ingin menabung modal usaha untuk memilah mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Buatlah list pengeluaran Anda untuk sandang, pangan, papan, dan pengeluaran tetap seperti bensin, pulsa telepon seluler, dan biaya kos.

 

Selain itu, Anda harus paham bahwa Anda pun berhak memenuhi keinginan Anda untuk melakukan apresiasi diri atas kerja keras Anda. Contoh dengan menonton bioskop bersama teman ataupun liburan dengan keluarga. Tapi ingat, jangan terlalu sering apalagi mengeluarkan semua tabungan modal usaha Anda. Sebab, bila terlalu boros, kapan Anda bisa mulai mencapai target menabung modal usaha bukan?

 

  1.     Buat Anggaran Belanja Selama Sebulan

Bagi mahasiswa, kebanyakan pendapatan utama adalah dari orang tua. Namun, tak sedikit yang memiliki pendapatan dengan melakukan kegiatan sampingan. Nah, biasanya yang memiliki pendapatan dari orang tua terlampau santai karena mindset-nya terkadang bisa meminta orang tua lagi ketika uang habis.

 

Sering terjadi ketika uang dari orang tua masuk ke rekening Anda, tiba-tiba sudah tidak ada lagi setelah beberapa hari. Anda terlampau boros membelanjakan uang tersebut. Biasanya pos terbesar adalah pos hiburan. Baiknya jika modal usaha ingin tercapai sesuai target, Anda harus membuat pencatatan keuangan. Namun, ingat! Bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hidup yaa…

Baca juga: Berikut 5 Cara Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

  1.     Cari Kerja Freelance untuk Penghasilan Tambahan

Di era pandemi seperti sekarang, banyak perubahan pada cara belajar dan mengajar. Semua dilakukan dengan daring. Hal ini membuat Anda bisa lebih fleksibel untuk mengambil pekerjaan tambahan seperti freelance. Banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa Anda coba lho! Seperti menulis, fotografi, admin, dan jasa edit foto. Selagi menabung modal usaha, Anda bisa belajar menjalankan usaha dari tempat Anda bekerja sampingan.

 

  1.     Pisahkan Tabungan Pribadi dan Tabungan Modal Usaha

Hal utama yang dapat menentukan keberhasilan tabungan modal usaha Anda adalah memisahkan tabungan pribadi dan tabungan modal usaha. Bagi Anda yang belum memiliki tabungan kedua ini, sebaiknya segera buka tabungan. Anda bisa cari tabungan yang memiliki admin terkecil.

 

Mengapa hal ini penting? Sebab, jika Anda tidak memisahkan tabungan pribadi dengan tabungan modal usaha, maka bisa saja uang tersebut terpakai karena membeli kebutuhan ataupun untuk hiburan Anda. Hal ini akan membuat rencana tabungan modal usaha Anda menjadi berantakan dan tidak sesuai target.

 

  1.     Ikut Arisan

Ada alternatif lain jika Anda ingin menabung untuk modal usaha Anda, yaitu ikut arisan. Sebagai mahasiswa, Anda bisa bergabung pada arisan yang diadakan keluarga atau teman. Pilihlah yang tidak memberatkan Anda secara nominal. Pastikan pula arisan tersebut terpercaya.

 

Selain menambah tabungan modal usaha, siapa tahu di sana ada teman arisan yang bisa menjadi investor bisnis Anda ataupun rekan bisnis yang bisa membantu Anda mengembangkan bisnis Anda nantinya.

Itulah beberapa tips menabung modal usaha yang bisa dicoba, mulai dari mahasiswa hingga yang sudah bekerja sekalipun. Ingat, Anda harus bijak dalam mengelola keuangan pribadi dan tabungan modal usaha Anda agar bisnis lancar dan tepat sesuai target. Jika dirasa Anda masih bingung, Anda bisa mendapatkan pinjaman dari Investree. Naikkan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Daftar Sekarang di sini!

Referensi:

https://economy.okezone.com/read/2020/09/15/622/2278117/nabung-buat-modal-usaha-begini-caranya

https://www.banksinarmas.com/id/artikel/cara-kumpulkan-modal-penghasilan-pas-pasan