Menabung

Berikut 5 Cara Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

Cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta pasti terdengar sulit, apalagi untuk generasi milenial saat ini. Namun, Anda jangan khawatir tidak ada yang tidak mungkin. Anda masih bisa menabung dengan gaji dibawah 1 juta meski sekarang kebutuhan pokok semakin mahal dan terus mengalami kenaikan. Bagaimana caranya? Anda bisa pelajari beberapa cara mengelola gaji dibawah 1 juta sehingga bisa memiliki tabungan bahkan sampai berinvestasi, sebagai berikut.

Cara Mengelola Gaji di Bawah 1 Juta Per Bulan

1. Hidup sesuai Dompet

Cara menabung dengan gaji di bawah 1 juta rupiah bisa dimulai dengan hidup sesuai dengan dompet. Ini adalah kunci agar uang 1 juta tetap bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan menabung.

Bagi Anda yang cenderung suka belanja dan suka nongkrong, perlu mengurangi kebiasaan tersebut agar bisa lebih hemat dan tidak menghabiskan gaji 1 juta dalam waktu singkat.

Daripada mengeluarkan uang untuk nongkrong baiknya alokasikan anggaran nongkrong untuk dimasukkan pada rekening tabungan. Nongkrong memang tidak salah, namun harus melihat kondisi dompet terlebih dahulu.

Jika penghasilan tidak terlalu besar sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan setiap bulannya. Ini untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan.

Kondisi seperti itu bisa membuat hidup jadi kacau karena masih jauh dari akhir bulan, sisa uang sudah tidak banyak tersisa.

2. Membuat Target

Cara yang kedua adalah dengan membuat target pribadi. Target pribadi dibuat supaya Anda bisa jauh lebih mudah dalam mengatur dan mengelola gaji yang diterima setiap bulan. Target pribadi juga membuat Anda jadi lebih mudah untuk menerapkan gaya hidup hemat.

Caranya, Anda harus membuat dan menentukan jumlah uang yang harus dimasukkan dalam rekening tabungan setiap bulannya. Jika jumlah tabungan sudah ditetapkan maka saat menerima gaji, sebelum menggunakan untuk keperluan lain, langsung masukkan target pribadi tadi ke dalam rekening tabungan.

Sebagai contoh, misalnya untuk memulai atau untuk permulaan bisa mencoba menyisihkan 50 ribu rupiah dulu. Jika di bulan pertama berhasil, maka bulan berikutnya nominal target tabungan bisa dinaikkan menjadi 100 ribu rupiah, dan seterusnya. Ini akan membuat Anda secara otomatis menerapkan hidup hemat.

3. Berhenti Menghabiskan Uang tanpa Sisa

Godaan untuk menghabiskan uang memang sangat besar dan kuat. Namun tentu ada cara untuk bisa mengatasi hal tersebut. Sebaiknya mulai biasakan diri untuk selalu menyisakan uang yang masuk terutama dalam waktu yang singkat.

Agar bisa menghindari kebiasaan menghabiskan uang tanpa sisa, buatlah rekening sendiri tanpa atm. Masukkan uang sedikitnya 50 ribu atau 100 ribu rupiah saat pertama kali menerima gaji ke dalam rekening tanpa atm tersebut.

Meski awalnya sedikit nanti saat melihat saldo dalam rekening tanpa atm terus bertambah, secara tidak sadar Anda akan termotivasi untuk terus menambah nominal saldo tersebut. Kebiasaan menghabiskan uang secara tidak langsung akan berubah menjadi kebiasaan menabung di awal menerima gaji.

4. Pikirkan Masa Depan

Menabung memang sulit dilakukan bagi Anda yang belum terbiasa. Agar bisa memotivasi diri sebaiknya pikirkan masa depan saat akan mulai menabung.

Misalnya saja memikirkan hasil tabungan bisa digunakan untuk membeli motor baru, smartphone baru, atau menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi. Pikirkan bagaimana jadinya jika Anda tidak memiliki pegangan atau tabungan sama sekali untuk menghadapi masa depan yang tidak dapat diprediksi.

Pikirkan seolah Anda di masa depan menghadapi masa sulit dan membutuhkan tabungan. Ini akan menjadi motivasi diri untuk bisa lebih hemat dan semangat menabung meski dengan gaji di bawah 1 juta.

5. Berinvestasi

Investasi adalah cara lain untuk menabung yang cocok untuk keperluan masa mendatang atau menabung jangka panjang. Instrumen investasi yang beragam bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Banyak sekali keuntungan dan manfaat dari investasi. Siapa saja bisa mempelajari investasi dan melakukannya dengan mudah. Sebab sekarang ini berinvestasi bisa dilakukan secara online.

Cara menabung dengan gaji di bawah 1 juta menggunakan salah satu instrumen investasi seperti reksadana cocok untuk pemula. Reksadana tidak membutuhkan dana besar dan bisa dilakukan secara online. Anda bisa membeli Reksadana di Aplikasi Investree for Lender yang tersedia di Google Play Store dan App Store atau bisa melalui https://investree.id/invest/reksadana. Mulai dari 10 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa membeli reksadana di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Itulah cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Yuli SE., MM. 12 Cara Menabung Dengan Gaji Dibawah 1 Juta. Dosenekonomi.com : https://bit.ly/3lLpVg9

Share this Post