Ini 5 Tips Menabung dengan Baik Untuk Anda Menikah

Rencana untuk menikah dalam waktu dekat tentu memerlukan banyak persiapan terutama uang. Maka dari itu, tips menabung untuk menikah penting Anda terapkan mulai dari sekarang. Tabungan menikah sangat berguna jika Anda sudah merencanakan pernikahan dalam kurun waktu satu sampai dua tahun kedepan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari beberapa tips menabung dengan baik untuk Anda menikah dibawah ini.

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Tujuan dari menabung adalah hal yang sangat penting. Dari tujuan yang jelas, Anda bisa menabung dengan lancar. Tetapkan dan selalu ingat tujuan dari menabung yaitu untuk menikah. Jika tujuan tersebut terus diingat maka bisa menjadi motivasi untuk terus menabung lebih rajin hingga bisa tercapai tujuan tersebut.

2. Buat Rincian Biaya Pernikahan

Menggelar acara pernikahan ada banyak sekali yang harus disiapkan. Tentu ini harus disiapkan mulai awal ada rencana menikah. Buatlah daftar atau rincian biaya pernikahan agar tujuan atau target menabung jadi lebih pasti. Acara pernikahan bisa digelar di rumah maupun di gedung, Untuk bisa menentukan target menabung, tempat pernikahan akan digelar merupakan hal paling utama untuk ditentukan.

Baru nanti diikuti dengan dekorasi, riasan, baju pengantin, catering, dan hal-hal kecil lain seperti undangan dan souvenir. Semua itu harus dibuatkan list dan dirinci sedemikian rupa sehingga ada perkiraan biaya pernikahan.

3. Buka Rekening Khusus Tabungan

Selanjutnya buka rekening baru untuk dijadikan tempat menabung. Pisahkan tabungan dari rekening yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini menghindari terpakainya uang tabungan secara sengaja maupun tidak sengaja. Selain itu dengan rekening terpisah akan lebih memudahkan dalam mengontrol keluar masuknya uang.

4. Kurangi Pengeluaran

Mulai sekarang kurangi pengeluaran yang tidak terlalu mendesak. Ketahui mana kebutuhan dan mana keinginan. Pengeluaran yang mengarah pada keinginan lebih baik dikurangi dan ditekan sehingga bisa memenuhi target tabungan dengan cepat.

Kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa ditunda atau harus segera terpenuhi. Sementara keinginan adalah sesuatu yang masih bisa ditunda dan tidak mendesak. Untuk bisa membedakan hal tersebut, buatlah daftar barang yang akan dibeli sebelum pergi berbelanja. Ini akan memudahkan pemilihan barang apa yang termasuk kebutuhan dan mana yang masuk keinginan.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Agar tabungan untuk menikah bisa segera terkumpul, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan. Penghasilan tambahan ini ada banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya. Pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan, minim modal, namun memberikan penghasilan yang cukup besar ada banyak sekarang.

Pastikan untuk memasukkan penghasilan tambahan ini khusus untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Jangan menggunakan hasil dari pekerjaan sampingan untuk memenuhi keinginan atau hal yang tidak terlalu mendesak. Langsung saja masukkan semua penghasilan tersebut ke dalam rekening tabungan. Tak hanya dengan pekerjaan sampingan, sekarang juga ada cara lain seperti investasi yang bisa dilakukan sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah dan tanpa bekerja.

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari imbal hasil untuk menabung dan berinvestasi. Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya Pendanaan Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store. Daftar dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender.

Itulah beberapa tips menabung untuk menikah. Semoga bermanfaat!

Referensi:

PINKA TSARINA WIMA. 13 Juli 2019. 11 Cara Cepat Menabung untuk Modal Nikah dengan Gaji Rp 3 Juta. Popbela.com : https://bit.ly/3m67Dpq