Bisnis

Mengenal Manajemen Produksi Beserta Fungsi Lengkapnya

Manajemen produksi menjadi salah satu aspek yang paling penting dalam sebuah perusahaan yang memproduksi bahan bakunya sendiri. Tanpa adanya manajemen, maka proses produksi bisa jadi macet dan tidak akan tertata dengan baik. Hal ini nantinya akan menyebabkan barang produksi telat diselesaikan dan kebutuhan barang jadi yang ada di pasaran pun menjadi tidak seimbang dengan tingkat kesediannya. Untuk memahami pentingnya menerapkan manajemen dalam produksi, Anda bisa pelajari secara lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Manajemen Produksi?

Manajemen produksi merupakan suatu penataan dari proses pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau bahan jadi agar barang tersebut bisa dijual sesuai dengan fungsinya. Lebih lanjut lagi, manajemen produksi ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah proses pengorganisasian, koordinasi, dan pengaturan produksi supaya nantinya dapat mencapai tujuan tertentu pada sebuah produksi yang sedang diselenggarakan oleh suatu perusahaan.

Manajemen ini sangat berkaitan dengan keputusan perusahaan terkait dengan proses produksi sehingga tujuan yang diinginkan benar-benar tercapai. Jika manajemen produksi sudah tersusun dengan baik dan tertata dengan rapi, maka proses produksi akan berjalan dengan mudah, cepat, dan menghasilkan kualitas yang bagus.

Dalam ranah ini, mengatur manajemen produksi yang baik juga ditentukan oleh baik atau tidaknya perusahaan dalam mengatur pembagian tugas para karyawannya dengan baik. Jika pembagian tugas masih carut-marut, maka manajemen produksi yang diharapkan mampu menjadikan proses produksi lebih baik pun tidak akan pernah bisa terwujud. Oleh karena itu, perhatikan pembagian tugas dalam manajemen dengan sebaik mungkin.

Fungsi Manajemen Produksi

Fungsi dari manajemen produksi tidak hanya dalam proses produksi saja. Lebih dari itu, manajemen yang satu ini juga memiliki banyak fungsi dalam segi pengembangan bisnis. Apa saja fungsi tersebut? Mari, Anda menyimaknya dalam ulasan sebagai berikut.

1. Perencanaan

Fungsi dari manajemen produksi yang pertama adalah untuk merencanakan proses produksi dalam sebuah lingkup perusahaan. Dalam perencanaan tersebut skema pengolahan barang, pembagian kinerja karyawan, dan semua hal yang terkait dengan produksi bahan baku sudah harus terencana dan siap sehingga nantinya proses produksi yang dijalankan lancar dan tidak akan menghasilkan produk yang buruk.

2. Jasa Pendukung

Jasa pendukung yang dimaksud dalam proses produksi di sini merupakan sebuah metode yang akan digunakan dalam proses produksi. Jika metode yang digunakan sudah tepat, maka produksi akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Fungsi manajemen produksi sebagai jasa pendukung tersebut bisa digunakan oleh perusahaan dalam persaingan di pasaran.

3. Proses Pengolahan

Tentunya manajemen produksi mempunyai kaitan yang sangat erat dengan proses pengolahan. Segala apa yang direncanakan oleh manajemen akan diterapkan dengan baik dalam proses pengolahan tersebut. Namun, ada kalanya ada hal yang harus diubah dari perencanaan awal ketika produksi sedang berlangsung karena seringkali rencana tidak sama dengan kenyataan saat produksi di lapangan.

4. Pengendalian atau Pengawasan

Fungsi yang terakhir dari manajemen produksi yakni untuk mengawasi proses produksi. Sedari awal sudah disiapkan tim sendiri yang akan mengawal dan mengendalikan proses produksi. Jika ada hal-hal yang kurang berkenan dari karyawan maupun dalam proses pengolahan, maka tim pengawas tersebut wajib menegur dan akan dievaluasi bersama.

Dalam kondisi apapun, sebuah perusahaan yang melakukan produksi barang harus menerapkan manajemen produksi sebaik mungkin. Hal ini akan menentukan sukses atau tidaknya perusahaan produksi tersebut. Selain itu, modal juga sangat penting untuk mengembangkan usaha lebih baik lagi. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi, memperbarui alat produksi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Accurate. Manajemen produksi: Pengertian, Fungsi, Aspek dan Ruang Lingkup. Accurate.id : https://bit.ly/3vEGU6Z

Share this Post

Artikel Terbaru