Perencanaan Finansial

Ini Dia Cara Atur Keuangan jika Pandemi Belum Usai di Tahun 2021

Tahun 2020 kemarin memang bisa dibilang tahun yang sulit. Di mana kita semua dihadapkan oleh situasi pandemi yang datang secara tiba-tiba. Banyak dari kita bahkan tidak sempat mempersiapkan diri menghadapi situasi tersebut. Nah, setelah melaluinya selama 9 bulan terakhir, setidaknya itu menjadi pengalaman yang berharga untuk kita bisa lebih mempersiapkan diri di tahun 2021. Pandemi yang mungkin masih belum berakhir hingga tahun ini, harus kita siasati menggunakan strategi yang tepat. Terutama kalau bicara soal keuangan. Apakah tahun lalu Anda dihadapkan dengan kondisi keuangan yang cukup sulit? Nah, jangan sampai, deh, itu terulang di tahun ini! Karena itu, Investree punya beberapa tips mengatur keuangan di tahun 2021, yang mana saat ini kita masih dihadapkan dengan situasi pandemi. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah, yuk!

Harus punya tujuan keuangan

Salah satu hal terbaik ketika akan menetapkan tujuan yang ingin Anda capai adalah dengan membuat tujuan yang tinggi dan spesifik. Kenapa? Pertama, dengan menetapkan tujuan yang tinggi mungkin akan lebih sulit dicapai sehingga dapat mendorong diri Anda untuk lebih berupaya mencapai tujuan tersebut. Kedua, jika Anda tidak dapat mencapai tujuan sepenuhnya, paling tidak pencapaian Anda sudah bisa mendekati tujuan yang tinggi itu, ketimbang hanya memiliki tujuan yang lebih rendah. Arahkan diri Anda ke tujuan yang lebih tinggi agar mampu mendorong diri Anda untuk berbuat lebih. Serta, pastikan tujuan yang tinggi itu pun harus tetap realistis agar Anda bisa merencanakan tindakan untuk mencapainya. Coba lihat tips membuat resolusi keuangan 2021 di artikel berikut: Menyambut Tahun Baru, Apa Tips untuk Menyusun Resolusi Keuangan 2021?

Buat anggaran bulanan

Mulai dengan membandingkan pendapatan dengan pengeluaran agar dapat memberikan gambaran nyata soal kondisi keuangan Anda. Total seluruh pendapatan yang Anda peroleh, termasuk bonus hingga pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan sampingan. Lalu, tulis semua pengeluaran bulanan Anda yang meliputi biaya sewa/cicilan tempat tinggal, biaya transportasi, biaya makan dan kebutuhan hidup sehari-hari, tagihan utilitas, biaya sekolah anak, hingga biaya untuk entertainment. Berbeda dari tahun sebelumnya, perhitungkan juga biaya akibat pandemi, seperti pengeluaran untuk masker, hand sanitizer, dan lain-lain. Bila ada pengeluaran yang sulit diketahui nilainya secara pasti, Anda bisa mengukurnya dari nilai rata-rata selama tiga bulan terakhir. Jangan lupa juga memperhitungkan dana darurat karena itu sangat penting di tengah pandemi ini. Dengan membuat anggaran keuangan yang benar-benar sesuai pengeluaran sebenarnya, dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan yang lebih baik di tahun ini.

Rencanakan pengeluaran besar

Ketika Anda kebetulan punya kebutuhan yang menghabiskan biaya besar di tahun ini, ada baiknya untuk memiliki perencanaan. Rencanakan dana khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Misal, untuk biaya sekolah anak, biaya persalinan, bahkan biaya untuk merayakan hari besar seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. Untuk merencanakannya, pastikan Anda sudah mulai menabung beberapa bulan sebelumnya dengan menambahkan kebutuhan tersebut pada anggaran bulan tertentu. Dengan begitu, kebutuhan yang memerlukan dana besar ini tidak akan mengganggu kondisi keuangan - selama Anda selalu mematuhi anggaran yang telah disusun, serta siapkan ruang untuk perubahan yang mungkin bisa terjadi di tengah jalan.

Jangan lupakan dana darurat

Dana darurat itu penting, terlebih di tengah situasi penuh ketidakpastian - dana darurat bisa menyelamatkan Anda atau setidaknya dapat meminimalisir beban finansial yang Anda pikul saat terjadi keadaan darurat. Sehingga tidak ada salahnya bila kita melakukan persiapan. Setidaknya, sisihkan 10% - 20% dari total penghasilan setiap bulan untuk tabungan dana darurat. Bagi yang belum pernah menabung dana darurat, mungkin berat pada awalnya. Coba, deh, simak beberapa strategi menabung dana darurat di artikel "Sukses Menabung Dana Darurat dengan Tips Berikut!" ini.

Terus motivasi diri sendiri

Temukan jawaban dari pertanyaan, “Apa yang ingin Anda capai?” dan “Kenapa Anda menginginkan kondisi finansial yang baik?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat memotivasi Anda dalam mengatur keuangan. Misal, Anda ingin berada di posisi yang baik secara finansial agar dapat memperoleh kebebasan. Anda tidak perlu lagi terjebak dalam utang, dapat menghindari hidup dari gaji ke gaji, dan tidak perlu lagi khawatir tentang apa yang akan dihadapi esok hari sehingga dapat menikmati hidup dengan penuh kebebasan. Coba temukan motivasi Anda sendiri dalam mengatur keuangan agar Anda bisa tetap fokus melakukannya. Simpan motivasi tersebut lalu berusahalah untuk mengejarnya.

Tidak lupa untuk berinvestasi pada diri sendiri

Investasi pada diri sendiri dapat berupa peningkatan skill yang Anda miliki. Ini waktunya Anda untuk keluar dari zona aman dan berusaha menantang diri Anda untuk memiliki kemampuan yang lebih baik. Anda juga bisa menambah kemampuan lain agar skill yang dimiliki lebih beragam. Ada banyak keterampilan yang bisa dipelajari sesuai minat Anda dengan mengikuti berbagai kelas online. Atau, lakukan peningkatan skill yang sudah Anda miliki untuk tujuan mendapatkan promosi atau pekerjaan baru agar dapat menambah pemasukan. Anda juga bisa menemukan ilmunya melalui saluran YouTube dan blog, yang kemudian bisa coba Anda praktikan sendiri di rumah. Jadi, putuskan apa yang ingin Anda lakukan untuk bisa berinvestasi pada diri sendiri, kemudian wujudkanlah.

Hapus hal-hal yang tidak penting dalam hidup

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan keuangan Anda lebih baik di tahun 2021 adalah dengan menyingkirkan apa pun yang tidak berguna di hidup Anda. Ini bisa mencakup soal hubungan, pengeluaran, utang, makanan tidak sehat, pakaian yang tidak sesuai kepribadian Anda, nasihat keuangan, atau apa pun di antaranya. Ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mengurangi beban hidup dan mencoba untuk membuat Anda tetap fokus mencapai apa yang ingin Anda capai dalam hidup. Perasaan yang ‘lebih ringan’ dapat memberi Anda kejelasan saat membuat keputusan terkait keuangan Anda. Dari hal-hal yang tidak penting itu Anda bisa belajar, sehingga dapat membawa Anda lebih dekat pada tujuan keuangan.

Selain ketujuh hal di atas, penting juga untuk sesekali bersantai, berhenti sejenak untuk mengambil napas dalam-dalam saat menjalani perjalanan finansial Anda. Sesekali longgarkan sedikit anggaran untuk menghibur diri sendiri, seperti menonton film, pesan barang yang diinginkan, atau menikmati hobi baru. Ini penting karena tujuannya adalah untuk membuat Anda tidak mudah merasa jenuh saat melalui perjalanan finansial, yang pada akhirnya hanya akan membuat Anda mudah menyerah sehingga keluar dari jalur dan mengorbankan semua kerja keras Anda. Pasti tidak mau hal itu terjadi bukan? Jadi, pastikan Anda melakukannya dengan benar, ya!

Referensi:

Kelan Kline. 12 November 2020. 10 Simple Ways to Manage Your Money Better in 2021. Thesavvycouple.com: https://thesavvycouple.com/how-to-manage-money/

Tim Jordan. 10 Ways to Make 2021 Your Best Financial Year Yet (No Matter What This Year Looked Like). Atypical Finance: http://bit.ly/2X9Hl8R

Share this Post

Artikel Terbaru