Menabung

Sukses Menabung Dana Darurat dengan Tips Berikut!

Terkadang dana darurat sering diabaikan atau bahkan dianggap tidak penting. Tapi, situasi seperti sekarang ini membuat kita tersadar akan betapa pentingnya memiliki dana darurat. Situasi yang serba tidak menentu membuat kondisi perekonomian masyarakat ikut terguncang dan kita mau tidak mau harus siap menghadapinya. Karena itu, dana darurat diperlukan untuk menstabilkan kembali kondisi finansial Anda. Lalu, bagaimana cara terbaik menabung dana darurat? Nah, supaya bisa berhasil, berikut Investree beri ulasannya di bawah ini!   

Tentukan jumlah yang ingin ditabung

Coba Anda hitung berapa jumlah dana darurat yang Anda butuhkan setiap tahun. Paling tidak Anda bisa memiliki dana darurat sebesar 50% total pendapatan tahunan, atau sebesar pengeluaran kebutuhan bulanan selama enam bulan. Lalu, dari situ Anda bisa menentukan berapa banyak uang yang harus ditabung setiap bulan ke dana darurat selama satu tahun. Sehingga tidak memberatkan Anda dan membuat Anda terbiasa menabung secara teratur. Supaya lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan sistem auto-debit yang secara otomatis akan memotong pemasukan setiap bulan ke rekening dana darurat Anda. Sehingga tidak ada alasan untuk melewatkan menabung dana darurat.

Lacak pengeluaran secara berkala

Untuk bisa menghemat pengeluaran, coba cari tahu berapa banyak uang yang Anda habiskan setiap bulan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Catat setiap pengeluaran yang penting, seperti untuk belanja bulanan, makan sehari-hari, listrik & internet, cicilan dan tagihan kartu kredit, uang sekolah anak, hingga simpanan dana pensiun. Bila Anda masih memiliki pengeluaran besar di luar dari pengeluaran pokok tersebut, berarti masih ada peluang Anda untuk berhemat. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan alihkan untuk dana darurat. Karena, situasi sekarang ini menuntut kita harus selalu siap menghadapi kondisi yang tidak terduga, salah satunya dengan memiliki dana darurat.

Sisihkan lebih banyak pendapatan ekstra

Mungkin kebutuhan pokok sehari-hari membuat Anda semakin sulit untuk menyisihkan dana darurat, dan menjadi semakin lama untuk bisa mencapai tujuan. Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan seperti menyuntikkan lebih banyak dana ke tabungan dana darurat ketika mendapat pemasukan ekstra yang bisa berasal dari bonus akhir tahun/uang THR, atau dari hadiah ulang tahun. Pemasukan ekstra dapat dengan cepat menambah dana darurat Anda dan semakin dekat dengan tujuan akhir. Segera tentukan berapa besar persentase yang akan disimpan sebagai dana darurat sebelum Anda tergoda menghabiskan semua uang tersebut untuk hal lain yang tidak terlalu penting.

Cari pendapatan tambahan

Jika Anda kesulitan menemukan celah untuk ditabung dari pendapatan bulanan yang sudah ada, Anda bisa pertimbangkan untuk mengambil kesibukan tambahan yang menghasilkan uang. Dengan begitu, Anda punya uang lebih setiap bulannya untuk ditabung sebagai dana darurat. Tapi yang perlu diingat bahwa Anda hanya bisa melakukan pekerjaan sampingan tanpa merusak kinerja di pekerjaan utama Anda. Jangan sampai membuatnya terbengkalai. Anda harus bisa menyeimbangkan kedua pekerjaan tersebut bila ingin melakukannya dan mendapat pemasukan tambahan. Cari pekerjaan sampingan secara online yang bisa dikerjakan dengan waktu kerja fleksibel. Ini kemudian bisa berlanjut untuk memenuhi tujuan keuangan lain, seperti simpanan dana pensiun atau pinjaman lain yang harus Anda lunasi.

Mencoba tantangan menghemat pengeluaran

Coba sekali-kali Anda melakukan tantangan menghemat pengeluaran dengan cara tentukan satu bulan di mana Anda tidak membeli pakaian baru atau hanya memasak di rumah. Dengan begitu, ada lebih banyak uang yang bisa Anda hemat dan setorkan langsung ke tabungan dana darurat. Apalagi saat pandemi seperti ini, dimana akses untuk berpergian ke luar rumah sangat terbatas bisa Anda manfaatkan untuk lebih banyak menghemat uang. Banyak rencana liburan yang tidak bisa terealisasi, membuat Anda punya lebih banyak uang untuk disimpan. Tapi jangan sampai membuat Anda stres, Anda bisa coba menemukan kesibukan baru yang juga seru, seperti memasak menu baru yang menggugah selera atau mencari hiburan lain yang menarik di rumah.

Tempatkan dana darurat di tempat khusus

Saat memutuskan untuk menyimpan dana darurat dimana, pastikan Anda memasukkannya ke akun yang dapat diakses sewaktu-waktu tanpa menimbulkan kerugian, tetapi juga tidak mencolok untuk menggoda Anda, seperti menyimpannya pada rekening tabungan berjangka atau deposito bebas pinalti. Sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakan tabungan tersebut. Jika Anda tidak memisahkan dana darurat dari rekening yang biasa digunakan sehari-hari, tentu menjadi lebih sulit untuk menjaganya. Dana darurat benar-benar hanya digunakan untuk keadaan darurat. Jangan sampai upaya Anda untuk mengumpulkan uang ini menjadi sia-sia hanya karena dihabiskan untuk sesuatu yang sifatnya bukan kebutuhan darurat. Ditakutkan, saat dana ini benar-benar dibutuhkan malah sudah habis duluan.

Isi ulang bila terpakai

Bila Anda menemui situasi darurat dan terpaksa harus menggunakan tabungan dana darurat, jangan lupa untuk segera mengisinya kembali sesaat setelah situasi darurat Anda berlalu. Terkadang ada situasi dimana Anda kehilangan pekerjaan, tertimpa musibah bencana alam, tagihan medis yang tidak terduga, dimana Anda harus memanfaatkan dana darurat Anda. Di saat seperti itulah, Anda akan merasakan betapa bergunanya dana darurat yang telah Anda siapkan, dan akan sangat bersyukur pada diri Anda yang punya hobi menabung.

Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memiliki dana darurat, seperti membuat Anda lebih fleksibel saat bekerja, mengurangi kekhawatiran bila mendadak harus resign atau dirumahkan karena Anda sudah memiliki tabungan dana darurat yang bisa membiayai kebutuhan hidup selama Anda tidak bekerja. Selain itu, dana darurat juga dapat menjauhkan Anda dari utang yang dapat menambah beban hidup. Yuk, segera miliki dana darurat selagi Anda masih punya kesempatan, jangan sampai menyesal kemudian!

Referensi:

Susannah Snider. 28 April 2020. How to Build an Emergency Fund. USNews: https://bit.ly/2TBV9ro

Margarette Burnette. 20 Maret 2020. Emergency Fund: What It Is and Why It Matters. NerdWallet: https://bit.ly/36zaPkG

Share this Post