How-To

Inilah 5 Cara Menabung Untuk Liburan Ke Korea!

Cara menabung untuk liburan ke Korea sebenarnya sangat mudah dilakukan. Meskipun biaya untuk pergi ke Korea tidak sedikit, akan tetapi impian itu dapat tercapai dalam waktu singkat apabila Anda memiliki tekad yang kuat dengan menabung.

Untuk berlibur ke Korea, Anda perlu mempersiapkan banyak hal. Termasuk diantaranya mencari tahu mengenai perkiraan biaya berlibur ke Korea dengan rajin mencari informasi mengenai travel agent yang sesuai dengan budget Anda. Dari situlah Anda dapat mulai merencanakan tabungan liburan. Selain dengan niat yang kuat, Anda juga harus melakukan beberapa cara menabung yang tepat sebagai berikut.

1. Rutin Menyisihkan Uang Rp20 Ribu Per Hari 

Prinsip menabung dimulai dari yang sedikit hingga menjadi banyak. Sehingga tidak melulu harus dalam nominal besar untuk bisa menabung. Karena hal yang terpenting dalam menabung adalah konsistensi. Tentu saja impian berlibur ke Korea akan mustahil tercapai bila Anda tidak konsisten dalam menyisihkan sebagian uang untuk ditabungkan.

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk rajin menabung dengan menyisihkan Rp20 ribu per hari. Buatlah celengan khusus untuk tabungan liburan. Bila pemasukan Anda per bulan, maka bisa dengan cara menyisihkan Rp600 ribu dari gaji yang ditransfer ke rekening khusus tabungan liburan. Dengan melakukan cara ini secara konsisten, dalam setahun Anda sudah bisa mengumpulkan setidaknya Rp7,2 juta.

Cara ini dapat membiasakan Anda untuk menabung tepat waktu dengan nominal yang sama. Sehingga uang yang seharusnya untuk ditabung, tidak malah habis untuk kebutuhan yang tidak mendesak. Anda pun bisa berangkat berlibur ke Korea hanya dalam waktu 2 tahun saja.

2. Mengalihkan Anggaran Hiburan untuk Tabungan Liburan

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menyiasati dengan mengalihkan sebagian anggaran hiburan untuk tabungan berlibur. Anggaran hiburan yang tidak perlu seperti untuk nongkrong, nonton di bioskop atau sekadar ngopi di kafe dapat disisihkan sebagian untuk masuk ke tabungan liburan ke Korea.

Meski jumlahnya tidak seberapa, akan tetapi nantinya bisa cukup berguna untuk membeli oleh-oleh atau souvenir dari Korea. Karena tentu saja Anda pasti ingin memiliki barang kenang-kenangan dari Korea sebagai tanda bahwa Anda pernah berlibur ke Korea.

3. Mengurangi Pengeluaran Makan Di Luar

Jika ingin impian berlibur ke Korea cepat terwujud, maka Anda harus bisa mengorbankan beberapa hal, seperti dengan mengurangi kebiasaan beli makan di luar. Karena biar bagaimanapun membeli makan di luar dapat membuat pengeluaran Anda membengkak. Padahal uang tersebut bisa dialihkan untuk menambah tabungan liburan Anda.

Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri memasak sendiri. Meskipun harus mengorbankan tenaga dan waktu untuk memasak, akan tetapi kebiasaan tersebut dapat membantu mengurangi pengeluaran berlebih.

4. Mencari Penghasilan Tambahan dengan Freelance

Menjadi freelancer dapat membantu Anda untuk segera mewujudkan impian ke Korea. Penghasilan yang didapat dari freelance bisa menambah tabungan Anda. Freelance sendiri bisa dikerjakan saat Anda sedang senggang dan penghasilan yang didapat pun lumayan. Anda bisa gunakan sebagian penghasilan dari freelance untuk menambah dana berlibur ke Korea.

5. Berinvestasi

Selain freelance, berinvestasi juga dapat menjadi cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Investasi akan memberikan Anda imbal hasil yang dapat digunakan untuk menambah tabungan liburan. Meski begitu Anda tetap harus mempelajarinya supaya tidak salah memilih dan bisa menghasilkan imbal hasil sesuai keinginan.

Anda bisa menyisihkan uang untuk investasi seperti reksadana. Jika Anda ingin membeli reksadana, silahkan daftar ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Demikian penjelasan mengenai cara menabung untuk liburan ke Korea. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Trifena Putri. 30 April 2019. 8 Tips Tabungan Travelling Selama 1,5 Tahun, Liburan ke Korea Selatan Bisa Terwujud. Keepo.me: https://bit.ly/3EjJt12

Share this Post