Wajib Tahu, Tips Anti Gagal Untuk Bisnis Sampingan

Di era pandemi yang saat ini melanda, banyak sekali karyawan yang diberhentikan atau PHK paksa dikarenakan perampingan SDM kantor ataupun kantor yang bangkrut akibat tidak mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, ada pula karyawan yang bekerja WFH alias work from home. Namun, tak banyak yang memanfaatkan momen ini untuk bangkit dan mengubahnya menjadi cuan.

Walaupun ada banyak faktor mengapa mereka enggan bangkit, namun kesempatan lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan tetap ada. Kesibukan menjadi salah satu alasan mengapa para pekerja tidak melirik usaha sampingan yang sebenarnya bisa mewujudkan rencana keuangan jangka panjang. Ada beberapa bisnis yang bisa Anda coba, mulai dari bisnis dari hobi seperti fotografi maupun franchise.

Penyebab Usaha Sampingan Gagal

Meskipun hanya bisnis sampingan, namun bisnis tetaplah membutuhkan tenaga, waktu, dan uang. Risiko kegagalan pun ada. Jadi, walaupun skalanya kecil, apa yang menyebabkan usaha sampingan gagal? Simak ulasannya berikut ini.

  • Ambisius

Biasanya, salah perhitungan menjadi alasan terbesar mengapa usaha sampingan mereka gagal. Ambisi yang sudah di set terlalu tinggi menyebabkan salah perhitungan terjadi. Yang dimaksud salah perhitungan adalah terlalu memaksakan diri untuk mengambil banyak pesanan, sementara terlena hingga lupa bahwa statusnya masih karyawan di pekerjaan utama.

  • Mau Ini dan Itu

Seringkali karena tergoda ambisi besar dalam menjalankan bisnis, para pebisnis pemula memutuskan segala sesuatu yang kurang penting. Mau ini dan itu secara instan tanpa dipikirkan sebaiknya apa yang lebih fundamental dalam menjalankan bisnis.

Kebutuhan akan logo, kartu nama, perangkat mahal, ataupun terlalu asyik meramu menu yang membutuhkan banyak bahan baku. Walaupun hal tersebut penting, ada baiknya fokus terhadap promosi, supply bahan baku seperti bahan makanan ataupun kain, perizinan, dan konsep bisnis yang matang.

Baca juga: Mengenal Proses Bisnis Beserta Manfaatnya Dalam Usaha

  • Pola Pikir

Mindset bisnis yang sering menyebabkan kegagalan adalah pasti ada yang beli apapun yang dijual. Pola pikir seperti ini biasanya menyebabkan Anda, sebagai pengusaha, lengah dalam mengambil keputusan. Baik mengenai kualitas bahan ataupun pemasaran. Nantinya bukan untung malah buntung. Selain itu, tentukan tujuan bisnis Anda dalam 1 hingga 5 tahun kedepan.

  • Perencanaan Bisnis yang Tidak Matang

Walaupun usaha sampingan tergolong skala kecil, namun tetap saja membutuhkan perencanaan yang matang. Anda harus memperkokoh fundamental usaha Anda agar tidak terjerumus kerugian. Buatlah perencanaan bisnis yang matang dan sederhana. Sebab, ketika nantinya bisnis Anda berkembang pesat, perencanaan bisnis ini akan sangat berguna untuk pengembangan usaha.

Tips Anti Gagal Bisnis Sampingan

Untuk Anda yang tidak punya background dalam bisnis, tentu menjalankan usaha sampingan ini susah dan gampang. Sebab, adakalanya bisnis mendatangkan cuan sehingga Anda terlena ataupun mendatangkan kerugian yang membuat kantong Anda meringis. Agar tidak terjerat kegagalan, yuk simak tips anti gagal untuk bisnis sampingan berikut ini:

  1.     Bentuk Mindset

Seperti yang sudah dibahas di atas, penyebab gagal pebisnis pemula adalah mindset. Anda harus paham kapan harus berhenti dan kapan harus berjuang sampai pantang menyerah.

 

Walaupun sedang dalam fase apapun baik rintangan ataupun keuntungan, Anda harus tetap jernih dalam mengambil segala keputusan. Sebab, dengan mindset yang salah, Anda akan gegabah dalam mengambil keputusan bisnis.

 

  1.     Mulai dari Hobi

Godaan pebisnis pemula adalah kesuksesan. Tren makanan viral ataupun produk viral menyebabkan pebisnis ikuti tren yang ada. Ketika Anda masih berstatus karyawan di tempat lain, ada baiknya memilih bisnis yang tidak menyita waktu bekerja Anda.

 

Mulailah dari hobi. Sebab, jika bisnis Anda dimulai dari hobi maka pekerjaan bisnis sampingan akan terasa menyenangkan. Terlebih ketika Anda menguasai betul hobi yang digeluti, sehingga ketika ada permasalahan Anda tahu solusi terbaiknya.

Baca juga: Bisnis Untung Namun Tersendat Permasalahan Kas? Manajemen Arus Kas Jawabannya

 

  1.     Lokasi Menentukan Prestasi

Lokasi menentukan prestasi. Anda pasti pernah mendengar ungkapan ini bukan? Yap, lokasi bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis sampingan Anda. Lokasi tidak hanya terpatok pada tempat atau toko. Tapi bisa wadah Anda untuk menjual produk bisnis Anda. Semisal e-commerce atau kanal website.

 

  1.     Promosikan Produk dan Jasa

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan ini tak hanya berlaku bagi percintaan namun juga dalam berbisnis. Bagaimana orang bisa tahu dan mau membeli produk barang dan jasa Anda bila tidak ada yang tahu. Jika bisnis Anda baru dirintis, strategi promosi merupakan salah satu kunci sukses bisnis pemula.

 

Sesuaikan dengan target market Anda. Semisal, anak muda akan lebih gemar melihat sosial media, sedangkan orang yang lebih berumur mungkin akan lebih sering menonton televisi atau mendengarkan radio.

 

  1.     Pengelolaan Modal Usaha yang Baik

Salah satu fundamental yang harus kokoh saat memutuskan untuk berbisnis adalah modal usaha. Jika Anda cakap dalam mengelola modal usaha, tentu bisnis Anda akan berkembang dengan mudah. Sebab, Anda tidak boros untuk mengeluarkan uang untuk kepentingan bisnis Anda.

Strategi pengelolaan modal usaha yang baik akan berimbas pada untung ruginya bisnis Anda. Anda bisa meminta bantuan teman kantor yang pandai akuntansi untuk mengajarkan Anda membuat laporan keuangan yang sederhana.

 

  1.     Mau Terus Belajar

Salah pasti ada di setiap aspek kehidupan. Terutama kesalahan saat pengambilan keputusan bisnis. Namun, jika Anda terlanjur salah langkah, jangan jadikan kesalahan itu sebagai penyesalan dan Anda berhenti. Terus maju dan jangan takut untuk mengakui kesalahan. Bila ada keputusan yang salah, segera perbaiki. Disinilah mental baja Anda akan ditempa dan terlatih.

Sudah siap untuk memulai bisnis Anda? Jika Anda membutuhkan tambahan modal usaha, segara daftar di Investree sekarang! Naikkan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Tak hanya itu, jika bisnis Anda telah berkembang, Anda bisa pula menjadi lender di Investree. Nikmati imbal hasil hingga 20% p.a, proses mudah 100% online. Investree telah berizin oleh OJK. Daftar di sini sekarang!

Referensi:

https://economy.okezone.com/read/2022/06/03/455/2605220/4-cara-anti-gagal-dapatkan-penghasilan-tambahan-dari-emshop

http://www.zonasukses.com/bisnis.php