Bisnis

Mengenal Proses Bisnis Beserta Manfaatnya Dalam Usaha

Proses bisnis adalah serangkaian tugas dan aktivitas yang terstruktur dan saling terkait satu dengan lainnya agar bisa dihasilkan suatu produk maupun layanan untuk meraih tujuan tertentu. Proses bisnis dilakukan agar apa yang menjadi target dan tujuan strategis dari organisasi atau perusahaan bisa tercapai. Proses bisnis yang berjalan dengan baik akan mendukung pencapaian target dan tujuan tersebut. Proses bisnis yang baik dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas sebuah organisasi ataupun perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari jenis proses bisnis dan manfaatnya dibawah ini.

3 Jenis Proses Bisnis yang Umum Digunakan

Proses bisnis yang umum dilakukan oleh organisasi ataupun perusahaan terdiri dari 3 jenis, yaitu :

1. Proses Operasional atau Proses Primer

Pengertian dari proses operasional atau proses primer yaitu proses yang didalamnya terdapat bisnis inti serta mencakup nilai aliran yang pertama. Di dalam proses primer ini terdapat tiga tahapan, yaitu :

  • Pembuatan produk
  • Pemasaran produk
  • Layanan pelanggan 

Jika Anda melakukan ketiga hal diatas dalam kegiatan bisnis, Anda sudah termasuk dalam kategori proses primer. Sebagai contoh Anda menjalankan bisnis rumah makan maka kegiatan yang ada didalamnya yaitu membeli bahan makanan dari supplier, menjual makanan kepada konsumen serta mengirimkannya pada pembeli yang memesan secara online.

2. Proses Dukungan atau Proses Sekunder

Proses dukungan atau proses sekunder yaitu proses pendukung yang ikut memberikan kontribusi pada operasional bisnis dan perusahaan sehari-hari. Bisa diartikan juga bahwa proses sekunder merupakan aktivitas yang sifatnya mendukung dimana tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bisnis akan terus berjalan sebagaimana mestinya dengan sebaik mungkin. Contohnya, divisi HRD selain bekerja untuk mendukung pemilik usaha menghasilkan keuntungan juga memastikan bahwa semua karyawan sudah sesuai dengan kualifikasi dan bagiannya serta bekerja sesuai SOP serta job desc masing-masing.

3. Proses Manajemen

Terakhir adalah proses manajemen yang didalamnya mencakup beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengawasan dan pemantauan. Proses manajemen ini akan mengatur tentang kegiatan, tata kelola perusahaan serta manajemen secara strategis sehingga proses lainnya  bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

 

Termasuk juga dalam hal keuangan perusahaan maka harus ada sebuah perencanaan yang tepat, strategi, efektif dan efisien. Contohnya pengembangan bisnis tentunya membutuhkan modal yang besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan bisnis Anda.

Manfaat dari Proses Bisnis

Lalu apakah proses bisnis akan memberikan manfaat kepada organisasi ataupun perusahaan? Tentu saja iya, yaitu sebagai berikut :

1. Fokus pada Apa yang Dibutuhkan Pelanggan

Sebuah proses bisnis yang bagus akan mengutamakan pada apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan. Memenuhi kebutuhan pelanggan adalah hal yang krusial karena bagaimanapun keuntungan sebuah bisnis didapatkan dari hasil penjualan barang ataupun jasa kepada pelanggan.

2. Menurunkan Tingkat Risiko dan Pengeluaran

Melalui proses yang telah direncanakan sebaik mungkin dengan efektif dan efisien maka otomatis bisa mengurangi pengeluaran perusahaan yang sebenarnya tidak diperlukan. Hal ini juga bisa menurunkan tingkat risiko terhadap hal-hal yang bisa merugikan perusahaan. Dengan demikian tingkat imbal hasil bisa bertambah.

3. Memperbaiki Kesalahan Kerja dan Human Error

Proses bisnis membuat perusahaan menjadi lebih mudah untuk mengetahui kesalahan yang telah dilakukan di dalam kegiatan bisnisnya tersebut sehingga solusi yang tepat bisa segera ditemukan dan dilakukan. 

 

Selain itu proses bisnis juga akan menghindarkan dari kejadian human error karena semua karyawan telah melakukan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan kualifikasinya. 

4. Adaptasi dengan Kemajuan Teknologi

Proses bisnis yang bagus adalah yang selalu up to date dengan perkembangan zaman sehingga perusahaan bisa menyesuaikan diri termasuk dalam hal penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi akan membantu perusahaan lebih cepat mengalami kemajuan.

Kesimpulannya, proses bisnis adalah merupakan faktor yang cukup penting bagi sebuah usaha, organisasi maupun perusahaan untuk bisa mencapai tujuan strategisnya.

Referensi :

Admin LinovHR. 3 Mei 2021. Proses Bisnis : Pengertian, Tahapan, Manfaat dan Contoh. Linovhr.com : https://bit.ly/2W2TkbC

Wibowo Subekti. 19 Januari 2020. Pengertian Proses Bisnis (Business Process). Wibowopajak.com : https://bit.ly/3hRxO1f

Share this Post

Artikel Terbaru