Keterlibatan Fintech Pendanaan untuk UMKM Indonesia

Keterlibatan Fintech Pendanaan untuk UMKM Indonesia

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) sepanjang tahun 2022 dalam CNBC, ada 8,1 juta unit UMKM di Indonesia. Melihat hal ini, penting untuk mempertahankan jalannya bisnis UMKM sebagai jantung perekonomian, guna mendukung perekonomian Indonesia.

Tidak sedikit dari pelaku UMKM di Indonesia yang masih menggunakan modal sendiri dan belum memanfaatkan pinjaman modal untuk membantu kinerja UMKM yang dijalankannya. Kali ini, Investree akan membahas bagaimana bisnis UMKM bisa tumbuh dan naik kelas dengan memanfaatkan fintech lending. Yuk, simak penjelasannya dalam paragraf berikut.

Baca juga: Tips Kenali dan Hadapi Fintech Ilegal ala Investree

Apa itu Fintech Pendanaan?

Berdasarkan Peraturan OJK No.77/POJK.01/2016, financial technology (fintech) pendanaan atau fintech lending merupakan layanan untuk pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung, antara Lender atau kreditur (pemberi pinjaman) dan Borrower atau debitur (penerima pinjaman) berbasis teknologi informasi. Tidak hanya untuk bank, perusahaan besar, pun institusi finansial lainnya, fintech lending juga untuk memberdayakan UMKM, manfaatnya adalah efisiensi dalam bekerja, sebagai tambahan modal, hemat, dan agar UMKM tumbuh lebih cepat.

Dengan memanfaatkan layanan fintech lending, para pelaku UMKM yang berpenghasilan rendah bisa mendapatkan dukungan dan kemudahan akses pembiayaan. Tentunya, syarat-syarat untuk mendapatkan modal pinjaman juga lebih mudah, namun tidak melupakan ketentuan yang harus dipenuhi Borrower (peminjam) serta berbagai risiko yang mungkin terjadi. Perlu diingat, pentingnya memahami profil risiko sehingga bisa selaras dengan kebutuhan Anda. Investree sebagai platform fintech lending terus berupaya untuk  memberikan pendanaan kepada para UMKM agar bisa naik kelas, dengan bantuan dan dukungan dari para Lender. Yuk daftar jadi Lender di Investree dengan klik Investree for Lender. Sebelum mendaftar, Anda perlu membaca artikel Ketahui Jenis-Jenis Pembiayaan di Investree Sebelum Mendanai, Lender Wajib Tau!

Baca juga: Investree Siap Jadi Lebih Dari Sekadar Platform Fintech Lending

Manfaat yang diberikan Fintech Lending untuk UMKM

Tantangan yang umumnya dihadapi pelaku UMKM adalah keterbatasan akses modal pembiayaan dan pengetahuan mengenai profil risiko. Kehadiran fintech lending ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi tantangan di atas.

Sarana penyedia pinjaman

Fintech lending menyediakan platform atau sarana bagi Anda untuk memberikan pun menerima bantuan pinjaman modal untuk bisnis UMKM. Fintech lending juga menjadi salah satu alternatif pembiayaan selain meminjam ke bank dan lembaga pinjaman uang lainnya. Umumnya, melakukan pengajuan pinjaman ke bank itu memakan waktu yang cukup lama karena proses administrasi yang lumayan panjang.

Proses permodalan yang mudah diakses

Fintech lending memungkinkan penggunanya untuk melihat pun mengakses layanan kapan saja, dapat diakses secara online. Anda hanya membutuhkan ponsel, jaringan internet, dan aplikasi fintech lending yang Anda gunakan. Pembayaran, transfer uang, dan mengajukan pinjaman bisa Anda lakukan dengan menggerakan jari saja.

Fleksibilitas ini lah yang akan membantu Anda dalam menghemat waktu dan mendapatkan bantuan pinjaman modal dengan cepat. Tampilan dan panduan dalam aplikasi juga cenderung mudah untuk dipahami oleh orang awam.

Baca juga: Pinjaman Modal Usaha: Syarat-Syarat Menjadi Borrower di Investree

Memajukan pertumbuhan UMKM

Akses permodalan yang mudah diakses ini membuat pertumbuhan UMKM semakin meningkat. Pasalnya, pergerakan suatu bisnis juga dipengaruhi oleh kelancaran cash flow atau alur kas bisnis tersebut. Jika permasalahan permodalan telah teratasi, kemungkinan besar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, dibarengi juga dengan pengelolaan bisnis yang baik.

Dukungan Asosiasi dan Penyelenggara Fintech Lending

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengadakan acara yang bertajuk AFPI UMKM Digital Summit 2023, diselenggarakan pada hari Kamis, 21 September 2023 di SME Tower, Jakarta. Investree sebagai pioneer fintech lending, turut berpartisipasi dalam acara ini dengan membuka booth, ikut serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dan kontribusi fintech pendanaan pada UMKM di Indonesia.

Acara ini setidaknya dihadiri oleh 1500 pengunjung, diantaranya ada dari anggota AFPI dan mitra binaannya, influencer dan para pelaku UMKM, serta regulator. Mereka semua disapa dengan hangat ketika mengunjungi booth oleh Tim Investree. Selain itu, booth Investree mendapatkan kehormatan dengan kunjungan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Bapak Teten Masduki, dengan keramahan dan antusiasnya bertanya perihal ringkasan bisnis sampai dampak yang diberikan Investree terhadap pertumbuhan pelaku UMKM sampai hari ini.

Melalui #KolaborasiuntukTumbuh, Investree berkomitmen untuk terus meningkatkan inovasi digital pada produk dan layanan agar semakin banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkannya dan semakin berdaya.

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/3-kelebihan-fintech-untuk-bantu-perkembangan-ukm 

https://store.sirclo.com/blog/manfaat-fintech/