Kenapa Gen Z dan Y Harus Nyobain Investasi di Sukuk Ritel Seri SR019?

Investasi yang cocok untuk gen z

Apa itu sukuk ritel? Sukuk ritel adalah salah satu produk SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai salah satu pilihan investasi yang aman, mudah diakses, terjangkau, dan menguntungkan. 

Pemerintah akan membuka lagi penawaran Sukuk Ritel seri SR019 pada 1 – 20 September 2023. Nah, kamu sebagai gen Z dan milenial yang lagi nyari instrumen investasi yang aman, menguntungkan, juga syariah, SR019 adalah pilihan tepat. Kenapa? Yuk, simak pembahasan berikut!  

Keuntungan berinvestasi di sukuk ritel seri SR019

Ketika kamu berinvestasi di suatu instrumen, pasti yang dicari adalah keuntungannya. Terlebih bila kamu adalah investor pemula, pasti juga mencari yang aman. Nah, berikut beberapa keuntungan dari produk sukuk ritel seri SR019, yaitu:

Besar kupon (imbal hasil) kompetitif

Kamu bisa menjadikan investasi di sukuk ritel sebagai passive income. Kenapa? Ya, kamu akan memperoleh imbal hasil dengan nilai yang sama setiap bulan selama jangka waktu investasi. Kupon dari sukuk ritel bersifat tetap (fixed coupon) sehingga tidak terpengaruh oleh kondisi pasar modal.  

Besar kupon sukuk ritel juga terbilang kompetitif karena masih di atas rata-rata bunga deposito bank milik negara dengan pajak lebih rendah. Apalagi kamu bisa berinvestasi mulai dari nominal Rp1 juta dan kelipatannya. Terjangkau, kan?

Kupon dan pokok investasi dijamin pemerintah

Dengan kamu berinvestasi di sukuk ritel, itu artinya kamu berinvestasi ke pemerintah. Sehingga pembayaran imbal hasil (kupon) dan pengembalian pokok dana investasi dijamin oleh pemerintah melalui Undang-Undang SBSN. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir terjadi gagal bayar, karena dananya sudah dianggarkan dalam APBN setiap tahunnya.  

Bisa diperdagangkan di pasar sekunder

Sukuk ritel bisa diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform) atau melalui transaksi di luar Bursa Efek (over the counter). Kamu sebagai investor bisa menghubungi Mitra Distribusi (Midis) atau Bank Kustodian tempat kamu membeli sukuk ritel, jika ingin menjualnya di pasar sekunder.

Tapi pastikan kamu sudah melewati masa holding period, yaitu pada seri SR019 jatuh di tanggal 11 Januari 2024. Juga kamu bisa menjualnya di waktu yang tepat untuk memperoleh capital gain. Seperti dikutip dari Bareksa, harga jual seri SR018-T5 di pasar sekunder per 7 Agustus 2023 adalah 101,5% per unit. Itu artinya, kamu berpeluang memperoleh capital gain sebesar 1,5% per Rp1 juta, jika menjualnya di waktu tersebut. 

Baca juga: Kapan Harus Jual Sukuk Ritel di Pasar Sekunder untuk Dapatkan Harga Terbaik?   

Merupakan produk investasi syariah

Sukuk ritel merupakan investasi syariah yang diterbitkan dengan prinsip syariah dan merupakan aset nyata yang bisa dibuktikan dan diketahui spesifikasinya. Penyaluran dana investasi ditujukan untuk membiayai kebutuhan negara yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Imbalan kupon yang kamu terima juga sudah diatur agar terhindar dari praktik riba. 

Saat kamu berinvestasi pada sukuk ritel, kamu akan memperoleh bukti kepemilikan aset dari pemerintah. Sehingga bentuk investasi ini bisa dipindahtangankan dari kamu ke orang lain sesuai kesepakatan.  

Ikut mendanai proyek pelestarian lingkungan

Sukuk ritel sama dengan sukuk tabungan yang merupakan produk green sukuk untuk tujuan mendanai proyek ramah lingkungan sebagai upaya menurunkan emisi karbon dan mencegah terjadinya climate change.

Nah, bila kamu berinvestasi di sukuk ritel, kamu ikut serta dalam aksi penyelamatan lingkungan hidup yang membutuhkan dana setidaknya Rp3.641 triliun tiap tahun. Sekaligus kamu ikut menumbuhkan kesadaran generasi muda terhadap pelestarian lingkungan.

Tipe dan simulasi perhitungan imbal hasil

Pada masa penawaran 1 – 20 September 2023, pemerintah akan menawarkan sukuk ritel seri SR019 dengan dua tipe, yaitu SR019-T3 dan SR019-T5. Apa perbedaan antara keduanya? Berikut penjelasan beserta simulasi perhitungan imbal hasil (kupon) yang akan kamu terima:

Sukuk ritel SR019-T3

SR019-T3 adalah tipe sukuk ritel dengan tenor 3 tahun yang memiliki besar kupon 5,95%, yang akan dibayarkan per tanggal 10 setiap bulannya. Nilai pemesanan minimal Rp1 juta dan maksimal Rp5 miliar.  

Jika kamu memiliki dana nganggur yang sekiranya tidak akan dipakai dalam jangka waktu 3 tahun ke depan, kamu bisa memilih tipe ini. 

Meski sukuk ritel sifatnya tradeable, namun disarankan kamu menjualnya ketika harga jual sukuk lagi bagus. Karena kalau kamu menjualnya karena kepepet butuh uang tunai, tanpa mempertimbangkan harga di pasar sekunder, ditakutkan kamu justru merugi. 

Simulasi perhitungan imbal hasil SR019-T3 dengan nominal investasi Rp50.000.000:

50.000.000 x 5,95% = Rp2.975.000 : 12 = Rp248.000,00 

Jadi, kamu akan memperoleh imbal hasil setiap bulan sebesar Rp248.000

Jika imbal hasil dari SR019-T3 kamu tabung (tidak digunakan), hingga waktu jatuh tempo (10 September 2026) dana investasi kamu akan bertumbuh menjadi Rp58.925.000

Sukuk ritel SR019-T5

SR019-T5 adalah tipe sukuk ritel untuk tenor 5 tahun yang memiliki besar kupon 6,10%. Nilai pemesanan minimal Rp1 juta dan maksimal Rp10 miliar.

Karena jangka waktunya lebih lama, maka nilai kupon menjadi lebih besar dan kamu jadi makin untung. Kupon akan dibayarkan ke rekening kamu per tanggal 10 setiap bulannya.  

Simulasi perhitungan imbal hasil SR019-T5 dengan nominal investasi Rp50.000.000:

50.000.000 x 6,10% = Rp3.050.000 : 12 = Rp254.000,00 

Jadi, kamu akan memperoleh imbal hasil setiap bulan sebesar Rp254.000

Jika imbal hasil dari SR019-T5 kamu tabung (tidak digunakan), hingga waktu jatuh tempo (10 September 2028) dana investasi kamu akan bertumbuh menjadi Rp65.250.000.

Cara membeli SR019-T3 dan SR019-T5

Kamu bisa membeli SR019-T3 dan SR019-T5 dengan cara yang mudah karena seluruh proses 100% online. Pembelian instrumen ini melalui empat tahap, yaitu:

Registrasi

Pertama, kamu harus melakukan pendaftaran pada salah satu platform Mitra Distribusi (Midis) seperti Investree di https://sbn.investree.id/. Bila kamu belum memiliki akun Investree, kamu akan diminta membuatnya terlebih dahulu.

Setelah aktif, gunakan akun Investree untuk mendaftar dengan dilengkapi beberapa persyaratan, seperti: KTP, SID (Single Investor Identification), Rekening Dana, dan Rekening Efek. Kalau kamu belum memiliki SID dan rekening efek, proses pembuatannya akan dibantu oleh Investree secara online.  

Pemesanan

Setelah terdaftar, kamu bisa langsung melakukan pemesanan dengan minimal Rp1 juta dan maksimal Rp5 miliar untuk tipe SR019-T3 atau maksimal Rp10 miliar untuk tipe SR019-T5. Sesuaikan pilihan dengan preferensi kamu masing-masing.

Kamu bisa memesan di beberapa Mitra Distribusi sekaligus, selama tidak melebihi kuota maksimal pemesanan per investor. Daftar Mitra Distribusi resmi lainnya bisa kamu lihat di sini.  

Pembayaran

Nilai pemesanan mulai dari Rp1 juta dan kelipatannya, tinggal kamu bayar sesuai nominal yang sudah kamu input. Setelah pemesanan terverifikasi, kamu akan memperoleh kode billing yang merupakan angka unik yang terdiri dari 15 digit angka. Kode billing digunakan untuk kamu melakukan pembayaran.  

Ketentuan dalam pembayaran:

  1. Dapat dilakukan melalui ATM, mobile banking, internet banking, atau teller bank. 
  2. Maksimal batas waktu pembayaran hingga 3 jam setelah kode billing diterima. 
  3. Apabila terlewat dari 3 jam, kuota pemesanan tetap akan berkurang dan baru dikembalikan lagi setelah 2 x 24 jam. 

Setelmen 

Setelah pembayaran terverifikasi, akan terbit Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) sebagai bukti pembayaran. NTPN akan dikirim melalui e-mail yang terdaftar saat registrasi.

Setelah masa penawaran berakhir, pemerintah akan melakukan setelmen dan kamu akan memperoleh bukti kepemilikan aset atas SR019-T3 atau SR019-T5. Gimana? Instrumen sukuk ritel seri SR019, OK banget, kan? Yuk, jangan lupa dibeli saat masa penawaran udah buka. Catat tanggalnya, 1 – 20 September 2023! Kapan lagi bisa ikut berinvestasi membangun negeri?