Cara Menemukan Angel Investor dan Strategi Mendapatkan Pendanaan bagi Bisnis Anda

Cara Menemukan Angel Investor dan Strategi Mendapatkan Pendanaan bagi Bisnis Anda

Cara Menemukan Angel Investor dan Strategi Mendapatkan Pendanaan bagi Bisnis Anda

Angel investor merupakan salah satu jenis pendanaan yang banyak dicari oleh perusahaan kecil. 

Menurut Akhilesh Ganti dari Investopedia, angel investor merupakan seseorang yang mempunyai banyak kekayaan tinggi dan bisa memberikan pendanaan pada perusahaan, pengusaha, atau startup yang menjanjikan imbalan atau berbentuk ekuitas kepemilikan maupun royalti.

Dana yang diberikan oleh investor bisa berupa investasi satu kali diawal bisnis maupun pendanaan secara berkelanjutan untuk membantu perkembangan perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Angel Investor, Simak Pengertiannya Di Sini

Simak artikel ini agar Anda memahami bagaimana cara untuk mendapatkan angel investor bagi bisnis Anda.

Cara Menemukan Angel Investor bagi Bisnis

1. Mempersiapkan Executive Summary

Secara garis besar, executive summary merupakan ringkasan rencana bisnis yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa. Dilansir dari Startup, hal ini penting untuk disiapkan oleh bisnis ketika akan mengajukan pendanaan pada angel investor. 

Biasanya, angel investor akan melihat executive summary dari bisnis Anda untuk mengetahui gambarannya. Biasanya, ringkasan eksekutif berisi dua hingga tiga halaman tentang penjelasan bisnis Anda. 

2. Memperbanyak Network

Tidak bisa dipungkiri bahwa cara yang paling efektif untuk mendapatkan angel investor yaitu dengan memperbanyak network. Hal ini karena banyak sekali jenis angel investor. Bisa orang kaya yang bergabung dengan grup atau komunitas dan keluarga atau teman terdekat Anda. 

Jika ada event startup, maka Anda jangan ragu mendatanginya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan platform angel investor. Dilansir dari Startup, dalam hal ini ada banyak angel investor yang sudah terakreditasi. 

3. Memberikan Presentasi yang Menarik

Anda harus memberikan presentasi yang menarik pada mereka. Presentasi yang mengensankan bisa membuat angel investor tertarik dengan rancangan bisnis Anda. Secara otomatis, ia tidak akan ragu untuk memberikan pendanaan pada bisnis Anda. 

Dilansir dari Entrepreneur, kepercayaan diri merupakan kunci utama ketika presentasi. Selain itu, Anda juga bisa menceritakan kisah yang menarik dari bisnis Anda, jangan bertele-tele, dan siap untuk menjawab pertanyaan yang diberikan setelah presentasi. 

4. Menjaga Komunikasi

Apabila mereka tertarik, otomatis angel investor biasanya akan sering menghubungi Anda untuk menanyakan hal lain mengenai bisnis Anda. Jika Anda sampai ke tahap ini, maka jaga komunikasi dengan baik. Jangan sampai, Anda slow response ketika mereka membutuhkan penjelasan dari Anda. 

5. Memiliki Tujuan yang Sama

Saat angel investor resmi memberikan pendanaan pada bisnis Anda, maka ia berhak untuk mengambil keputusan untuk menjalankan bisnis Anda. 

Dilansir dari CNBC, angel investor juga dapat menjadi bos dari bisnis Anda. Maka dari itu, pelajari profil angel investor yang akan didatangi. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk lebih mengenal mereka, apakah mereka memiliki tujuan yang sama atau tidak. 

6. Memberikan Bukti yang Sah

Dilansir dari CNBC, pada dasarnya angel investor cenderung akan melihat bisnis yang sudah berkembang dan memiliki pasarnya sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk menunjukkan hasil pendapatan ketika Anda akan mengajukan pendanaan pada mereka. 

Dengan begitu, bukan berarti angel investor tidak akan menerima bisnis yang baru memiliki rencana bisnis. Asalkan rencana bisnis tersebut memiliki potensi untuk memberi daya tarik yang besar pada pasar, tentunya angel investor tidak akan ragu untuk memberikan pendanaan. 

Jadi intinya, sangat penting untuk mempersiapkan segala hal dengan baik. Karena, mereka tidak akan memberi pendanaan secara sembarangan. Mereka juga ingin mendapat keuntungan dari investasi yang telah diberikan pada bisnis Anda. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk mengajukan pendanaan? 

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Menjadi Angel Investor

Strategi Mendapatkan Pendanaan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis tentu ada saatnya Anda memerlukan modal yang lebih untuk meningkatkan bisnis Anda. Karena terhalang oleh modal, pendanaan biasanya menjadi solusi bagi bisnis untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh bisnis.

Tapi, sebelum Anda mengajukan pendanaan, sangat penting untuk menentukan sumber pendanaan yang tepat, supaya bisnis Anda bisa semakin berkembang. Sebagai pebisnis, Anda harus bisa memilih pendanaan dari angel investor yang tepat. 

Untuk menemukan angel investor yang tepat, maka Anda harus melakukan riset yang mendalam. Riset sangat penting sebagai salah satu cara untuk menemukan investor sehingga Anda bisa mencari pendana yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Mereka yang akan memberikan dana juga biasanya mempunyai kriteria tersendiri untuk menentukan akan memberikan modal pada bisnis apa.

Anda harus mempelajari lebih dulu kriteria angel investor, melihat latar belakangnya, serta hal lain yang mungkin akan membuat mereka tertarik. Dengan demikian, Anda juga tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mempresentasikan bisnis pada angel investor yang sekiranya tidak tepat.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting yaitu jangan membiarkan para pemberi dana untuk membaca proposal bisnis sendirian. Menjelaskan berbagai informasi seputar bisnis bisa membuat mereka tertarik. Tidak perlu menggunakan slide yang ramai, apabila tampilannya sederhana tapi isinya menarik, tentunya akan lebih menarik.

Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai konsep yang menarik dalam presentasi Anda. Lihat kembali data yang akan ditampilkan dan semua presentasi secara rinci. Dengan demikian, hal ini bisa meminimalisir kesalahan, sehingga angel investor akan semakin percaya untuk memberikan pendanaan.

Meyakinkan para angel investor juga membutuhkan cara yang khusus, dimana bisnis yang Anda jalankan bisa memberi solusi yang tepat dan berbeda dibandingkan dengan bisnis lain atau dengan kompetitor Anda. 

Baca juga: Cara Baru Pendanaan P2P Lending, Mulainya Lebih Besar Biar Cuannya Makin Gahar

Bagaimana? Tertarik untuk mencari angel investor sekarang? Anda juga bisa bergabung sebagai pemberi dana di Investree sekaligus memberikan dampak positif bagi keuangan Anda serta membantu pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat. Bergabung menjadi Borrower Investree sekarang dengan klik banner dibawah ini!

daftar borrower investree