Jenis Kredit Modal Usaha Mikro Yang Bisa Jadi Pilihanmu!

Bagi pengusaha kecil dan menengah mempunyai kesempatan untuk memiliki pinjaman untuk kebutuhan bisnis adalah hal yang diimpi-impikan. Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, pemerintah dan badan swasta pun memberikan fasilitas Kredit Modal Usaha Mikro kepada masyarakat Indonesia.

Diharapkan Kredit Modal Usaha Mikro dapat meningkatkan kapasitas daya saing UMKM serta menanggulangi kemiskinan. Lalu sebenarnya apa sih Kredit Modal Usaha Mikro itu? Simak penjelasan di bawah ini!

Kredit Modal Usaha Mikro

Sebelumnya mari mempelajari apa itu Usaha Mikro? Usaha Mikro adalah usaha produktif milik perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang biasanya hanya memiliki kekayaan bersih sebesar Rp 50.000.000. Lalu apa itu Kredit Modal Usaha Mikro? Jadi, Kredit Modal Usaha Mikro adalah pemberian kredit kepada debitur yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM.

Kriteria Usaha Mikro berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008:

  1. Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha

  2. Memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah).

Mana yang termasuk ke dalam kredit UMKM? Banyak pilihan kredit UMKM yang dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhanmu, berikut daftarnya: 

Koperasi

Salah satu jenis pinjaman modal usaha kecil yang dapat diandalkan merupakan koperasi. Jenis koperasi yang biasanya mengurus pinjam-meminjam ini adalah koperasi simpan pinjam. 

Pihak koperasi akan bersedia memberikan pinjaman, apabila Anda bersedia menjadi anggotanya terlebih dulu. Anda bisa mencari tahu apa saja syarat yang diberikan oleh mereka. Syaratnya tidak sulit.

Untuk mendapatkan pinjaman, Anda tentunya perlu mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh pihak koperasi.

Anda akan bisa meraih pinjaman dengan suku bunga cukup rendah di sini dan pembayaran pinjaman yang tentunya lebih mudah.

Untuk terhindar dari pinjaman koperasi bodong, Anda perlu memeriksa nama koperasi tersebut di situs web koperasi Indonesia yang resmi. 

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan atau investasi kepada Usaha Mikro, Kecil , Menengah dan Koperasi (UMKMK) di bidang usaha produktif dan layak namun belum bankable yang dijamin oleh Perusahaan Penjamin sesuai program Pemerintah mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan plafon kredit sampai dengan Rp500.000.000,-(lima ratus juta rupiah) untuk KUR yang diberikan secara langsung kepada debitur dan plafon kredit sampai dengan Rp2.000.000.000,- (dua miliar rupiah) untuk KUR yang diberikan melalui lembaga linkage pola executing. 

Penjaminan Tertentu adalah kegiatan pemberian jaminan atas pemenuhan kewajiban finansial debitur oleh Perusahaan Penjamin/Asuransi sesuai Surat Edaran No.13/6/DPNP tanggal 18 Februari 2011 perihal Pedoman Perhitungan Aset Tertimbang Menurut Risiko untuk Risiko Kredit dengan Menggunakan Pendekatan Maret 2016 Standar. 

Sumber dana KUR adalah 100% (seratus persen) berasal dari dana Bank Pelaksana. Seluruh KUR yang diberikan oleh bank dengan prinsip konvensional dan syariah, baik dalam bentuk penyaluran langsung dari bank pelaksana KUR maupun melalui lembaga linkage. 

Kredit Modal Kerja

Pinjaman jenis ini biasanya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan seperti menyewa alat, pembayaran upah para tenaga kerja, menyewa pabrik, dan lainnya.

Produk pinjaman ini bisa Anda temukan di bank terdekat. Biasanya bank tidak akan sepenuhnya memberikan pinjaman yang Anda ajukan. Hanya sekitar 70% modal yang akan Anda raih dari total pengajuan.

Pinjaman ini bisa Anda andalkan untuk kebutuhan mendesak dalam jangka waktu pendek. Perhatikan juga syarat-syarat pengajuannya agar pengajuan Anda prosesnya mudah dan diterima.

Pinjaman KTA 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman modal usaha kecil yang syaratnya termasuk mudah. Alasannya karena Anda tidak membutuhkan agunan.

Selain itu, produk KTA ini hadir di berbagai lembaga keuangan, tidak hanya bank. Informasi produk KTA akan mudah Anda temukan di dekat Anda. Anda juga tidak perlu mengajukan kepemilikan kartu kredit.

Namun, karena tidak ada jaminan, jumlah pinjaman pun tidak bisa banyak. Kemudian tenor pinjaman juga cenderung sebentar. Untuk itu, Anda perlu perhitungan ketika memilih produk ini.

P2P Lending

P2P lending menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam peraturan OJK No.77/POJK.01/2016, adalah layanan keuangan pinjam meminjam uang dalam rupiah yang dilakukan secara langsung oleh kreditur atau lender (pemberi biaya) dan debitur atau borrower (penerima biaya). 

Peran P2P lending berperan menjadi penghubung antara borrower dan lender melalui inovasi teknologi. Teknologi ini yang memudahkan proses pengajuan pembiayaan, penyaluran pembiayaan, serta pengembalian pembiayaan nantinya. Nah, salah satu P2P Lending yang telah mengantongi izin dari OJK adalah Investree. 

Sebagai pionir fintech P2P lending, Investree menawarkan solusi bisnis secara digital kepada para pegiat UKM melalui produk-produk pinjaman yang berfokus pada rantai pasokan serta menyediakan alternatif lain bagi masyarakat yang ingin memperoleh imbal hasil lebih secara nyaman dan bijak.

Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan.

Reference:

https://www.bankmandiri.co.id/kredit-usaha-rakyat-kur-

UMi (kemenkeu.go.id)

KUR – Bank BRI | Melayani Dengan Setulus Hati

7 Jenis Pinjaman Modal Usaha Kecil yang Terpercaya (modalrakyat.id)

No (bi.go.id)

Apa Itu P2P Lending? Yuk Pelajari! | ALAMI Sharia