Manfaat Asuransi Bisnis untuk Melindungi Aset Anda

Manfaat Asuransi Bisnis untuk Melindungi Aset Anda

Manfaat Asuransi Bisnis – Menjalankan sebuah perusahaan tidak terlepas dari berbagai risiko. Seorang karyawan bisa saja terluka di tempat kerja, bencana alam bisa menghancurkan berbagai properti, atau klien bisa mengajukan gugatan. Hal ini adalah sebagian kecil kerugian yang bisa saja terjadi.

Perusahaan memerlukan asuransi karena berbagai alasan. Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, Anda bertanggung jawab atas kesejahteraan dari berbagai pihak, dimulai dari karyawan hingga konsumen.

Kegiatan bisnis perusahaan juga berpotensi untuk mempengaruhi investor dan kerugian yang mungkin terjadi adalah skenario buruk yang bisa dihindari dengan asuransi. Pentingnya asuransi bagi perusahaan berperan untuk melindungi perusahaan secara finansial dari kerugian harta atau nyawa.

Asuransi bisnis bisa melindungi peralatan dan properti yang dimiliki perusahaan, bahkan melindungi karyawan dari risiko. Simak manfaat asuransi bagi perusahaan dalam artikel ini!

Apa Itu Asuransi Bisnis?

Asuransi bisnis merupakan sebuah produk asuransi yang berfokus untuk memberikan perlindungan dan pengendalian risiko dalam bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Sistem kerja dari asuransi bisnis yaitu dengan cara aktif berperan dalam mengalihkan berbagai risiko bisnis, menunjang proses pengumpulan dana, serta harga premi yang seimbang.

Risiko dalam bisnis seperti terjadinya kerusakan, kehilangan profit, kerugian dan kerusakan, serta risiko lain yang tercantum dalam aturan.

Beberapa asuransi bisnis yang bisa Anda temukan di Indonesia yang menunjang beberapa industri dan bidang, di antaranya yaitu asuransi gangguan bisnis, asuransi kompensasi pekerja, asuransi properti, serta asuransi tanggung jawab hukum terhadap publik.

Baca juga: Mengenal Right Issue: Penambahan Modal Perusahaan

Manfaat Asuransi Bisnis untuk Melindungi Aset Anda

1. Memberi perlindungan

Pentingnya asuransi bagi bisnis yaitu untuk meminimalisir terjadinya kerugian finansial akibat kecelakaan yang berpotensi menghancurkan aset. Asuransi memberikan perlindungan apabila terjadi insiden pada properti perusahaan, seperti kebakaran.

Selain melindungi perusahaan, asuransi bagi bisnis juga bisa melindungi orang lain. Misalnya, Anda mempunyai perusahaan makanan dan konsumen jatuh sakit setelah memakan salah satu produk, Anda harus bisa membayar kerugian yang Anda sebabkan. Nah, disinilah asuransi berperan sebagai pendukung finansial.

2. Menjaga perusahaan supaya tetap berjalan

Apa yang terjadi pada perusahaan apabila terjadi bencana alam, seperti banjir? Disinilah asuransi mempunyai peran yang penting. Asuransi juga bisa membantu perusahaan agar tetap berjalan dan bertahan dari bencana serius dengan melindungi aset.

Fasilitas produksi yang rusak, infrastruktur transportasi yang hancur, serta gangguan bisnis menyebabkan kerugian yang bisa diatasi dengan asuransi. Pembayaran asuransi bisa membantu untuk memoderasi dampak finansial karena gangguan eksternal, sehingga mata pencaharian dan perusahaan tidak terancam jika terjadi bencana alam.

Baca juga: 6 Strategi Bisnis Agar Tetap Sustain di Tengah Perang Harga

3. Melindungi karyawan 

Aset yang paling berharga dari perusahaan adalah para karyawan. Oleh karena itu, penting untuk mempunyai asuransi yang melindungi karyawan. Asuransi melindungi karyawan perusahaan yaitu dengan memastikan bahwa mereka menerima perawatan medis yang sesuai dan diberikan kompensasi apabila mengalami kecelakaan di tempat kerja.

Selain itu, asuransi perusahaan meningkatkan rasa aman, tenang, dan nyaman bagi karyawan ketika bekerja sehingga mencegah terjadinya kecelakaan kerja, baik itu selama beraktivitas di kantor atau di luar kantor.

4. Bisa meningkatkan kredibilitas

Asuransi bisnis bukan hanya melindungi perusahaan, tapi juga membangun kredibilitas. Dengan asuransi yang tepat menunjukkan pada konsumen dan investor bahwa Anda menangani risiko dengan baik. Hal ini membantu untuk mengkomunikasikan pada semua orang bahwa perusahaan bisa memberi perlindungan yang tepat.

5. Membantu untuk merekrut dan mempertahankan karyawan

Karyawan mencari bukan hanya sekedar gaji ketika mereka bekerja. Mereka juga mencari manfaat yang tepat, seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Perusahaan tanpa asuransi yang mumpuni bisa mengurangi ketertarikan karyawan dan gagal mempertahankan karyawan.

6. Meningkatkan produktivitas karyawan 

Alasan ini mungkin tidak berhubungan langsung dengan perusahaan. Namun, pentingnya asuransi bagi perusahaan bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Asuransi yang sesuai bisa memberikan suasana aman, tenang, dan jauh dari khawatir, sehingga para karyawan akan bekerja dengan baik sesuai dengan instruksi. Dengan begitu, produktivitas kerja akan semakin meningkat.

7. Memberi perlindungan hukum

Semua orang hidup dalam masyarakat yang sadar hukum. Apabila ada tuntutan hukum, perusahaan tanpa asuransi akan terancam risiko yang serius. Asuransi bisa memberi perlindungan untuk biaya hukum yang tidak terduga terkait dengan properti, pekerjaan, maupun perselisihan kontrak perusahaan. 

Liputan kewajiban pada polis asuransi juga bisa membantu menutupi biaya tuntutan hukum, termasuk pembelaan hukum dari kerusakan yang perlu dibayar perusahaan.

Banyak orang yang mengambil asuransi tanpa menghitung lebih dulu kebutuhan asuransi dan kemampuan finansial.

Sebaiknya beli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan supaya manfaatnya bisa dimaksimalkan. Selain itu, jangan sampai asuransi membebani keuangan Anda. Maka dari itu, Anda harus merencanakan finansial Anda dengan matang.