Mahasiswa Ingin Berbisnis? Ini 6 Tips Mudah Dapat Modal Usaha

Usia muda memang usia untuk belajar dan mengeksplor banyak hal, termasuk bidang kewirausahaan. Saat ini, memulai bisnis saat Anda masih duduk di bangku kuliah bukanlah angan belaka. Sebab banyak sekali wirausaha muda yang mampu dan sukses melahirkan bisnis yang kekinian.

Ide-ide kreatif para mahasiswa yang dekat dengan sasaran pasar bisnis serta pengkinian kemauan masyarakat seringkali menjadi kunci sukses para wirausahawan muda. Namun, modal usaha terkadang jadi penghalang bagi mereka yang ingin menjalankan ide bisnisnya. Nah, untuk mengatasi pupusnya mimpi menjadi wirausaha yang sukses, yuk simak beberapa tips mudah dapat modal usaha untuk mahasiswa berikut ini!


  •     Cari Kerja Sambilan

Keterbatasan waktu para mahasiswa untuk mendapatkan nilai akademis yang gemilang terkadang mampu mengubur mimpi untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Jika Anda belum mampu untuk bekerja secara full time, ada baiknya Anda mencari tambahan modal usaha dengan mencari kerja freelance yang memperbolehkan Anda bekerja WFA (work from anywhere).

Anda juga bisa mencari pekerjaan di sekitar lingkungan kampus. Anda bisa menjadi barista ataupun kasir. Kerja freelance akan memberikan segudang pengalaman yang bisa dipertimbangkan saat nantinya Anda akan melamar kerja full time. Ada beragam pekerjaan yang bisa dipilih secara daring melalui portal pekerjaan, yang nantinya akan membantu Anda mendapatkan tambahan modal usaha.


  •     Ikuti Lomba Kewirausahaan

Anda merasa ide bisnis Anda unik, kreatif, dan beda dari bisnis-bisnis lain? Saatnya Anda ikut lomba kewirausahaan yang sering diadakan beberapa universitas-universitas. Tiap tahun, kompetensi yang rutin diadakan, sukses melahirkan insan wirausaha muda.

Selain mendapatkan pembiayaan modal usaha, mengikuti kompetisi wirausaha dapat menambah pengetahuan baru mengenai ide bisnis Anda. Mulai dari kelebihan dan kekurangannya, strategi yang tepat, dan membangun relasi bisnis antar sesama kontenstan, atau bahkan siapa tahu bisnis Anda dilirik oleh seorang investor! Menarik bukan?

Baca juga: Ini Dia Strategi Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar atau Pengalaman

  • Kolaborasi Patungan Dana dengan Sahabat

Berdiskusi dengan sesama pebisnis memang diperlukan untuk saling menguatkan dan belajar bisnis bersama. Agar tidak terlalu berat dalam hal pembiayaan modal usaha, Anda bisa mempercayakan untuk berpartner dengan beberapa sahabat Anda. Usahakan berpartner dengan teman yang memiliki visi dan misi yang sama dengan bisnis Anda.


  •     Punya Hobi? Ubah Jadi Uang

Banyak yang memuji Anda memiliki kemampuan fotografi yang bagus? Atau Anda senang sekali menggambar? Eits, jangan berhenti sampai di situ ya! Jadikan aktivitas hobi Anda menjadi cuan untuk menambah modal usaha Anda.

Cara ini menjadi salah satu cara tercepat untuk mulai mengumpulkan pundi-pundi uang Anda untuk modal usaha. Jika banyak yang tertarik pada jasa Anda, tentu saja akan ada banyak cuan yang bisa Anda dapatkan. Bukan tidak mungkin semakin cepat terkumpul lebih dari waktu yang Anda targetkan. Selain itu, dengan menjalankan hobi yang bisa diubah menjadi cuan, siapa tahu hobi ini akan menjadi bisnis utama Anda.


  •     Ajukan Proposal Bisnis ke Investor

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, mengikuti kompetisi kewirausahaan merupakan gerbang Anda untuk berkenalan dengan para investor yang sudah berkiprah di dunia bisnis. Saat ini sudah banyak BUMN atau pebisnis senior yang menyasar wirausahawan muda dari kompetisi-kompetisi bisnis.

Nah, oleh sebab itu, Anda dapat mempersiapkan dengan baik proposal bisnis Anda sehingga nantinya Anda bisa mempresentasikannya dengan baik pada para investor tersebut. Jika proposal bisnis dirasa baik dan layak untuk dikembangkan menjadi bisnis, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan pendanaan modal usaha dari para investor.

Baca juga: Cara Lebih Mudah untuk Mengembangkan Usaha bagi Pemilik Toko Online


  •     Ajukan Pendanaan Bisnis di Investree

Cara mudah dan paling cepat adalah Anda mengajukan pendanaan modal usaha melalui P2P lending seperti Investree. Anda  dapat mengajukan pinjaman sesuai

kebutuhan bisnis Anda. Tim Investree akan melakukan analisis dan persetujuan.

Selain itu, Anda dapat menaikkan omzet dan lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan. Yuk, coba ajukan pinjaman modal usaha dengan aman dan transparan di Investree! Bila ingin tahu lebih lanjut soal Investree, kunjungi halaman ini, ya.

Nah, itulah beberapa tips mudah dapat modal usaha untuk mahasiswa yang patut Anda coba. Namun, sebelum berbisnis pastikan usaha Anda memiliki unique selling point yang berbeda agar dapat dilirik oleh para investor maupun penyedia layanan pinjaman modal usaha. Selain itu, pastikan proposal perencanaan bisnis sudah disiapkan dengan matang. Selamat berbisnis!

Referensi:

https://seller.tokopedia.com/edu/sumber-modal-usaha/

https://kiaton.kontan.co.id/news/cara-dan-syarat-mahasiswa-bisa-dapat-kur-pembiayaan-hingga-rp-500-juta