Tujuan Finansial

8 Hobi yang Menghasilkan Uang di Tengah Pandemi

Selama pandemi, sektor ekonomi semakin melemah dan membuat kita harus semakin kreatif untuk bisa tetap berpenghasilan. Minat untuk mengambil pekerjaan tambahan pun juga meningkat seiring dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi kesehatan finansial. Jika Anda mulai berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama di rumah saja, itu sangat mungkin dilakukan asal punya niat dan fokus. Tidak harus yang sulit untuk dilakukan, mulai saja dulu dari hobi Anda, siapa tahu hobi tersebut juga bisa menghasilkan cuan. Coba cek artikel dari Investree berikut seputar hobi-hobi yang bisa menghasilkan uang di tengah pandemi. Simak di bawah ini!

Hobi Menulis

Bila Anda punya hobi menulis, jelas hobi tersebut bisa menghasilkan uang meski harus di rumah saja. Anda bisa menjadi penulis lepas dengan jam kerja yang fleksibel. Anda juga bisa menulis sebuah cerita pendek dan menjualnya, atau mempostingnya di blog pribadi Anda. Pekerjaan sebagai editor di sebuah perusahaan penerbit atau outlet media online juga bisa menjadi pilihan. Jika Anda tertarik menulis review suatu produk, ada banyak perusahaan yang akan membayar Anda untuk menulis review produk yang mereka jual. Hal yang terpenting adalah menemukan fokus dan kesukaan Anda dalam menulis, setelah itu perdalam lagi ilmunya sembari membangun reputasi Anda agar bisa mendapat penghasilan yang lebih tinggi.

Hobi Berbagi Ilmu

Ketika Anda punya keahlian dalam bidang tertentu atau seorang guru yang bekerja dari rumah, termasuk bila Anda punya kemampuan bahasa asing, Anda bisa mengajarkannya kepada orang lain melalui bimbel/kursus online. Ilmu yang diajarkan bisa apa saja, mulai dari pelajaran sekolah, pelajaran seni/musik, sampai SEO training atau manajemen bisnis. Meskipun ada platform bimbel online dengan metode video rekaman, tapi ada yang lebih suka dengan kelas privat yang terhubung langsung dengan para tutor. Anda bisa mendaftarkan diri pada situs seperti Upwork atau memposting layanan kursus online di media sosial pribadi Anda. Katakan bahwa Anda siap mengajari siswa dengan rentang usia dewasa hingga anak-anak tentang topik yang paling Anda kuasai atau telah mendapat sertifikasi.

Hobi Kerajinan Tangan

Jika Anda cenderung memiliki jiwa artistik, cobalah mencari penghasilan dengan menjual karya Anda secara online. Kerajinan dapat berupa perhiasan, kartu ucapan lukis yang unik, furnitur/dekorasi rumah, atau masker buatan tangan yang banyak dicari orang sekarang ini. Apalagi semakin banyak konsumen yang mendukung bisnis lokal dan lebih memilih barang buatan tangan ketimbang barang impor. Sebelum melempar produk ke pasaran, Anda bisa lebih dulu meminta penilaian dari seluruh anggota keluarga. Setelah Anda yakin dengan produk tersebut, ambil gambar produk yang menarik dan jual melalui media sosial, marketplace, atau minta teman/keluarga untuk mempromosikannya ke teman mereka yang lain.

Hobi Mengorganisir

Anda bisa menjadi asisten virtual bila punya hobi mengatur tugas orang lain dan semua dapat dikerjakan secara online. Asisten virtual dibutuhkan bagi pribadi/perusahaan untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa atau tidak sempat mereka kerjakan sendiri karena keterbatasan waktu sehingga butuh bantuan orang lain untuk melakukannya. Anda bisa menemukan pekerjaan semacam ini di situs seperti Upwork, Freelancer, atau Sribulancer.

Ada lagi perusahaan yang mempekerjakan layanan pelanggan jarak jauh untuk menjawab panggilan para pelanggan daripada mereka harus membayar pusat customer service yang mahal. Meski pekerjaan ini memiliki jadwal kerja yang tidak fleksibel karena harus selalu siap kapan pun perusahaan membutuhkan Anda, namun tetap bisa dilakukan di rumah saja dan Anda dapat mengharapkan pemasukan yang cukup stabil.

Hobi Jahit

Jika Anda terampil menggunakan mesin jahit, itu bisa menjadi sumber pemasukan baru. Buat baju, celana, rok, hingga gaun yang bisa Anda jual secara online. Atau, buat beragam kreasi model masker kain unik dengan mesin jahit Anda yang dapat menarik banyak peminat, dimana saat ini masker kain selalu dicari-cari konsumen. Dapatkan gambar terbaik untuk produk yang mau Anda pasarkan dan jual melalui media sosial atau marketplace.

Hobi Masak

Apabila Anda punya hobi memasak, cobalah membuat menu rumahan untuk katering rantangan atau nasi box yang bisa Anda jual melalui media sosial atau jual melalui Go Food/Grab Makanan. Anda juga bisa membuat pizza rumahan, kue/roti, makanan beku, atau makanan unik dan sehat lainnya.  Karena saat ini orang-orang sedang mengurangi makan di luar sehingga makanan lebih sering dibawa ke rumah (take away). Ini kemudian bisa menjadi peluang yang menjanjikan, hanya perlu sesuaikan dengan apa yang paling disenangi oleh konsumen di daerah Anda tinggal.  Bila menginginkan target pasar yang lebih luas, Anda bisa membuat makanan dengan kemasan kedap udara atau makanan kering yang tahan lama jadi aman untuk dikirim ke luar kota.

Hobi Desain dan Teknologi

Jika Anda punya keahlian dan hobi dalam mendesain atau membangun sebuah web, tentu ini akan menjadi sumber pemasukan yang menjanjikan walau hanya di rumah saja. Apalagi sekarang banyak bisnis yang beralih ke penjualan online sehingga menuntut mereka memiliki website resmi untuk menjalankan bisnisnya. Peluang jadi semakin terbuka lebar. Apalagi saat ini sudah banyak penyedia layanan situs web siap pakai yang membuat Anda tidak harus membangunnya lagi dari awal. Pastikan Anda menawarkan layanan pembuatan situs web bersama dengan pengujiannya untuk mengetahui seberapa baik situs tersebut diterima oleh pelanggan mereka. Atau, Anda bisa membuat buku cerita/komik online dalam bentuk video yang dapat Anda bagikan di Youtube. 

Hobi Memelihara Binatang

Jika Anda suka sekali memelihara binatang, Anda bisa menerima jasa penitipan hewan di rumah. Pastikan Anda menerima hewan dalam kondisi sehat dan selalu gunakan masker dan sarung tangan saat akan mengakses hewan tersebut. Hewan yang tetap berada di kandangnya akan meminimalisir tertular penyakit. Sediakan juga jasa grooming untuk menambah pemasukan. Sebab, banyak orang yang bekerja dari rumah dan juga harus membantu anak-anak mereka belajar dari rumah (homeschooling), justru membuat mereka tidak punya waktu merawat hewan peliharaan. Ada juga yang sengaja menitipkan hewan peliharaan agar rumah selalu bersih untuk mereka tinggali dalam jangka panjang.

Sekarang sudah waktunya menghasilkan uang lebih dari hobi yang Anda miliki. Kalau Anda masih mau lebih cuan dengan hanya berada di rumah saja, Anda juga bisa punya hobi mendanai di Investree. Jadi, setiap rupiah yang dihasilkan dari hobi Anda bisa langsung digunakan untuk mendanai pinjaman di Investree untuk meningkatkan penghasilan Anda. Apalagi sekarang di Investree ada promo “Poin Cuan” hingga Rp10 juta untuk Anda yang telah terdaftar dan terverifikasi sebagai Lender (terhitung terakhir pada 29 Februari 2020), namun belum pernah melakukan pendanaan sama sekali. Cara gabung menjadi #GenerasiCuan cukup dengan melakukan pendanaan dengan minimal total pendanaan sebesar Rp 3 juta selama periode berlangsung. Anda yang belum sempat mengikuti promo Poin Cuan di periode sebelumnya bisa berpartisipasi di periode ini, lho! Periode promo Poin Cuan diperpanjang hingga 31 Juli 2020. Simak informasi selengkapnya di sini.

Ayo tetap produktif dan menghasilkan keuntungan lebih, meski sedang #dirumahaja.

Referensi:

Hallie Crawford. 20 Mei 2020. 10 Hobbies That Can Make You Money. US News: https://bit.ly/2UpH6FY

Kailey Hagen. 14 April 2020. 20 Ways to Make Money From Home During the Coronavirus Pandemic. Fool.com: https://bit.ly/30j5igN

Share this Post