9 Manfaat Pasar Modal yang Harus Kamu Ketahui!

Banyak manfaat pasar modal yang penting Anda ketahui. Keberadaan pasar modal ini sangat penting bagi perekonomian negara karena berfungsi sebagai sarana pendanaan usaha dan sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari berbagai manfaatnya dibawah ini.

9 Manfaat Pasar Modal yang Harus Diketahui

1. Membantu Menjalankan Roda Perekonomian

Pasar modal bisa membantu menjalankan roda perekonomian negara. Hal ini karena adanya laju perputaran uang dalam transaksi jual beli instrumen investasi. Adapun manfaat yang langsung dirasakan yaitu peluang perusahaan untuk tumbuh dan berkembang bersama investor yang membeli instrumen investasi semakin terbuka lebar.

2. Sumber Pendapatan Negara

Bagi negara, pasar modal menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Negara mendapatkan pendapatan dari adanya pasar modal dari pajak. Adanya berbagai transaksi yang dilakukan di pasar modal berarti negara berhak untuk menarik pajak. Pajak yang didapatkan akan masuk kedalam kasa negara lalu dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

3. Menarik Investor Asing

Keterbukaan informasi perusahaan emiten membuat pemerintah memanfaatkannya untuk menarik investor asing. Persaingan yang sehat dalam pasar modal serta perusahaan yang memiliki daya saing tinggi membuat investor asing tertarik untuk menginvestasikan dana yang dimiliki.

4. Untuk Mendapatkan Imbal Hasil

Dari sisi investor, pasar modal memberikan banyak manfaat salah satunya yaitu mendapatkan banyak imbal hasil. Adapun imbal hasil yang didapatkan berupa dividen dari investasi yang dilakukan di pasar modal dalam bentuk saham. Apabila saham yang diinvestasikan nilainya terus mengalami peningkatan tentu imbal hasil yang diperoleh juga semakin besar.

5. Menyediakan Sumber Pembiayaan Bagi Usaha

Dengan pasar modal, sumber pembiayaan bagi usaha bisa terpenuhi. Jika Anda sedang membutuhkan uang untuk mengembangkan usaha maka keberadaan pasar modal sangat membantu. Hal ini dikarenakan Anda bisa mendapatkan uang dengan sangat mudah. Uang tersebut didapatkan dari investor yang menginvestasikan uang yang dimiliki.

Baca juga: Apa itu Pasar Modal? Pengertian, Fungsi dan Manfaat serta Pelaku Pasar Modal 

6. Bisa Mengambil Alih Kepemilikan Suatu Perusahaan

Investor yang menginvestasikan uangnya di suatu perusahaan maka akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki mayoritas saham perusahaan tersebut. Kondisi ini bisa dengan mudah terjadi di pasar modal saat ada perusahaan yang memiliki masalah keuangan.

7. Menambah Lapangan Pekerjaan

Salah satu manfaat dari pasar modal yang dirasakan oleh masyarakat adalah menambah banyak lapangan pekerjaan. Munculnya banyak lapangan pekerjaan tidak bisa dilepaskan dengan perputaran uang pada suatu perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang produktif dan berkembang maka masyarakat akan memiliki kesempatan kerja yang luas.

8. Menambah Alternatif Investasi

Bagi Anda yang ingin investasi, pasar modal bisa jadi pilihan. Berinvestasi di pasar modal, Anda tidak perlu mempersiapkan banyak uang. Kondisi ini tentu berbeda jika Anda berinvestasi dalam bidang properti, seperti rumah, tanah ataupun apartemen. Ada pilihan instrumen investasi di pasar modal dengan modal minim, seperti reksadana. Jika Anda ingin membeli reksadana, silahkan daftar ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

9. Mengurangi Ketergantungan Pada Bank

Manfaat pasar modal bagi emiten adalah mengurangi ketergantungan pada bank. Banyaknya investor yang tertarik untuk membeli surat-surat berharga dari perusahaan (emiten) maka perusahaan tersebut akan mendapatkan suntikan dana segar tanpa harus mengandalkan pinjaman dari bank. Tentu ini sangat menguntungkan karena pinjaman dari bank pasti ada bunganya.

Itulah manfaat pasar modal yang bisa Anda pelajari. Dari penjelasan diatas, bisa diketahui pasar modal sangat bermanfaat untuk berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, investor, masyarakat dan juga emiten (perusahaan). Semoga bermanfaat!

Baca juga: Wajib Tahu! 8 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Referensi :

Jevi Nugraha. 28 Mei 2021 13:22. Manfaat Pasar Modal, Lengkap Beserta Pengertian dan Jenisnya. Merdeka.com : https://bit.ly/3qVWkBM