5 Tips Hemat Biaya Transportasi Mudik Jelang Lebaran 2023

5 Tips Hemat Biaya Transportasi Mudik Jelang Lebaran 2023

Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), setidaknya ada 123,8 juta orang menjalani mudik lebaran tahun ini. Angka ini meningkat 14,2% dari total penduduk yang mudik di tahun 2022. Adapun daerah tujuan perjalanan mudik terbanyak adalah ke Jawa Tengah (24,6 juta orang) dan Jawa Timur (24,6 juta orang). 

Kira-kira, kapan puncak mudik Lebaran? Masih berdasarkan data Kemenhub, puncak arus mudik 2023 terjadi pada H-1 (21 April), yang sudah mulai beranjak ramai dari H-3 (19 April), sesuai jadwal libur Lebaran yang sudah ditetapkan pemerintah. 

Pemerintah juga telah menetapkan syarat mudik Lebaran 2023 yang harus dipenuhi oleh pemudik demi kelancaran perjalanannya. Apa saja syarat mudik Lebaran 2023?

Syarat mudik Lebaran 2023

Meski para pemudik sudah tidak diharuskan memiliki hasil negatif tes PCR/Rapid Test untuk melakukan perjalanan, tetap ada sejumlah syarat mudik Lebaran 2023 yang harus dipenuhi, yaitu:

Syarat mudik Lebaran 2023 jalur darat dan laut

Kalau kamu ingin mudik dengan menggunakan layanan penyeberangan kapal feri, kamu wajib membeli tiket secara online melalui situs www.ferizy.com atau menggunakan aplikasi “Ferizy”. Penjualan tiket sudah dibuka sejak 60 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. 

Sedangkan, penjualan tiket kereta api untuk mudik, KAI sudah mulai menjualnya sejak 45 hari sebelum Lebaran 2023. Pemesanan tiket, baik untuk transportasi jalur darat maupun laut, sebaiknya sudah dilakukan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan dan bisa mendapat harga terbaik.  

Dilansir dari detik.com, sejumlah persyaratan yang ditetapkan untuk para pemudik jelang lebaran 2023 sebagai berikut:

  • Pemudik usia 18 tahun ke atas, wajib memiliki sertifikat vaksin dosis ketiga/booster.
  • Pemudik usia 13-17 tahun, wajib sudah vaksin dosis kedua.
  • Pemudik usia 6-12 tahun, juga wajib vaksin kedua. Namun, jika tidak/belum vaksin, mereka harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksin dari fasilitas pelayanan kesehatan, atau dalam perjalanan harus didampingi orang tua/wali yang telah divaksinasi lengkap. 
  • Bagi pemudik yang tidak/belum divaksin karena alasan kesehatan (komorbid), maka harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.  
  • Protokol kesehatan seperti penggunaan masker, baik di area ruang tunggu maupun di dalam moda transportasi, masih diterapkan. 

Bicara soal mudik, ada pengeluaran tambahan yang harus dianggarkan, khususnya untuk biaya transportasi mudik. Kalau dihitung-hitung, biaya transportasi mudik memang tak sedikit. Tapi, ada beberapa tips yang bisa kamu upayakan untuk menghemat biaya transportasi mudik agar keuangan tetap aman. Apa saja? Yuk, simak ulasan Investree berikut!

Tips menghemat biaya transportasi mudik jelang Lebaran 2023

Mudik dengan mobil pribadi

Jika kamu mudik bersama anggota keluarga, biaya transportasi mudik yang paling terjangkau adalah menggunakan mobil pribadi. 

Berikut ini perbandingan biaya transportasi mudik (dilansir dari berbagai sumber) untuk 4 orang dengan rute Jakarta – Yogyakarta pada tanggal 21 April 2023:

Harga tiket trasportasi mudik lebaran 2023

Dari tabel di atas, jelas terlihat biaya transportasi mudik yang paling hemat yaitu menggunakan mobil pribadi. Apalagi karena sedang puasa saat perjalanan, dapat menghemat biaya makan di jalan. 

Pastikan kondisi mobil prima

Jika ingin mudik menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil yang digunakan dalam kondisi prima. Sebelum berangkat mudik, ada baiknya mengecek dan melakukan perawatan mobil secara keseluruhan. Jika performa mesin prima, perjalanan mudik jadi lancar dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan. Sebab bila sampai mobil mogok di jalan, pengeluaran bakal lebih besar. Niat menghemat biaya, malah jadi tombok. 

Bijak membawa barang bawaan

Tanpa disadari, beban di dalam mobil yang berlebih – mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar mobil. Hal ini karena mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk membawa beban yang lebih berat. Jadi jika ingin menghemat bahan bakar, bawa barang bawaan secukupnya, termasuk mengurangi bawaan oleh-oleh. 

Keluarkan juga barang-barang yang tidak dibutuhkan selama mudik. Tak terkecuali aksesoris eksterior yang bukan bawaan pabrik dan dapat mempengaruhi bobot mobil. Penggunaan AC mobil pada suhu wajar, juga bantu menghemat bahan bakar agar pengeluaran mudik terkendali. 

Rencanakan perjalanan dengan baik

Tak ketinggalan, perencanaan perjalanan mudik membuat pengeluaran lebih efisien. Pastikan pilih jalur terdekat dan hindari waktu-waktu yang kemungkinan besar akan terjadi macet parah. Jalur yang macet membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih boros. 

Rencana perjalanan juga bantu kamu cepat sampai tujuan, menghindari risiko salah jalan, dan bantu menghemat bensin. Termasuk bila kamu ingin mampir ke suatu tempat, sertakan juga dalam rencana perjalananmu beserta budget (batas pengeluaran). Kalau bisa bawa uang cash, untuk mengantisipasi tidak adanya fasilitas pembayaran online atau mesin ATM.  

Baca juga: 6 Pengeluaran Sepele yang Menyebabkan Latte Factor

Hitung biaya tol yang dibutuhkan

Untuk menghemat biaya transportasi mudik, selain memperhitungkan pengeluaran bahan bakar, kamu juga harus menghitung biaya tol dari tempat asal ke tempat tujuan. Sebagai gambaran, berikut daftar biaya tol untuk rute Jakarta ke sejumlah tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur:

  • Tarif tol Jakarta – Yogyakarta: Rp433.500
  • Tarif tol Jakarta – Semarang: Rp349.000
  • Tarif tol Jakarta – Surabaya: Rp682.500
  • Tarif tol Jakarta – Malang: Rp891.000

Besar biaya tol tergantung dari pintu/gerbang masuk dan keluar. Sebagai contoh, tarif tol Jakarta – Malang bila keluar melalui Gerbang Tol Malang adalah Rp891.000. Tarif tol jadi lebih hemat bila kamu keluar lewat Gerbang Tol Purwodadi, yaitu hanya Rp870.000. Penting untuk memilih exit tol yang tepat agar tak kebablasan dan harus putar balik. Atau, kamu bisa keluar tol dan menyambungnya dengan jalan non tol sampai ke tempat tujuan.     

Itu dia tips menghemat biaya transportasi mudik, yang bisa kamu coba saat mudik nanti. Ingat, selalu jaga kesehatan agar mudik tetap lancar dan selamat sampai kembali pulang. Hati-hati di jalan, ya! 

Referensi:

Jordy Rivaldo. 4 April 2023. 11 Tips Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Agar Tetap Aman dan Hemat. Liputan6.com: http://bit.ly/3KkNzet

Tim Auto2000. 12 Cara Menghemat Bensin. Auto2000.co.id: http://bit.ly/3zO2lFH  

Robertus Andrianto. 27 Maret 2023. Ternyata Cuma Segini Loh Biaya Mudik Pakai Mobil Pribadi. Cnbcindonesia.com: http://bit.ly/3ZPgzkc