Perencanaan Finansial

6 Tips Berlebaran dengan Tenang, Tanpa Khawatir Soal Uang

Sudah memasuki akhir Ramadhan, saatnya bersiap untuk menyambut hari Lebaran. Meski larangan mudik masih berlaku, tapi tak mengurungkan niat kita untuk tetap bersilaturahmi secara daring. Meski solat di masjid tahun ini sudah diperbolehkan, tapi jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya. Selain jaga kesehatan diri, Anda juga harus menjaga kesehatan keuangan. Supaya bisa berlebaran dengan hati yang tenang tanpa khawatir soal uang. Bagamana caranya? Berikut Investree punya beberapa tips yang bisa Anda praktikan sendiri. Simak ulasannya di bawah, yuk!

Buat rencana pengeluaran

Ketika Anda menerima gaji bulanan ditambah adanya uang THR, saldo di rekening yang terlihat banyak jangan sampai membuat terlena. Tanpa adanya perencanaan pengeluaran, Anda akan merasa uang di rekening akan banyak terus. Tanpa disadari, tau-taunya uang sudah tinggal sedikit saja. Padahal ada kebutuhan yang masih harus dipenuhi. Nah, tapi bila Anda sudah merencanakan penggunaan uang tersebut, pasti semua yang dibutuhkan bisa terpenuhi. Setiap rupiah yang Anda keluarkan harus punya tujuan. Bila tidak, uang yang keluar dari dompet Anda akan sia-sia. Nanti tinggal menyesalinya di akhir, jangan sampai ini terjadi.

Fokus membeli sesuai kebutuhan

Setiap orang atau keluarga pasti punya kebutuhan yang berbeda-beda. Itu mengapa jangan ikut-ikutan yang lain. Sesuaikan saja dengan diri Anda sendiri dan keluarga. Apa yang dibutuhkan, itu yang dibeli. Jangan mudah tergoda dengan promo diskon yang bertebaran dimana-mana. Kecuali itu adalah barang yang Anda butuhkan atau yang memang sedang Anda cari, baru dibeli. Utamakan untuk membeli barang kebutuhan Lebaran. Jika masih ada sisa, bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain di luar kebutuhan Lebaran. Asal tetap menyiapkan list sebelum pergi berbelanja.

Uang THR jangan langsung dihabiskan

Gunakan uang THR dengan bijak, jangan langsung dihabiskan dalam satu malam. Apalagi dihabiskan hanya untuk diri sendiri. Bukan berarti tidak boleh menggunakan uang THR untuk bersenang-senang. Boleh-boleh saja asal tetap dalam batasnya sesuai kebutuhan. Jangan sampai Anda lupakan untuk berbagi dengan sesama karena mumpung momennya tepat. Anda bisa menyisihkan uang THR untuk diberikan kepada orang tua atau orang lain yang membutuhkan. Justru dengan berbagi, bisa menjadi tabungan Anda ke depannya. Tidak lupa juga membayar zakat fitrah yang diwajibkan agar hari Lebaran Anda menjadi lebih berkah.

Jangan lupa sisihkan juga untuk dana darurat

Bila tabungan dana darurat Anda jumlahnya masih kurang, Anda bisa membagi jatah uang THR untuk menambah dana darurat. Paling tidak Anda bisa memiliki dana darurat sejumlah 6 kali pengeluaran bulanan. Jadi, gaji ke-12 bisa Anda manfaatkan untuk menambah tabungan dana darurat supaya dapat segera mencapai target. Menghadapi situasi yang sedang tidak pasti seperti sekarang, dibutuhkan dana darurat agar hidup Anda menjadi lebih tenang kedepannya.

Utamakan membayar kebutuhan tahunan

Apa saja yang termasuk biaya tahunan? Ya, Anda bisa list semua kebutuhan tahunan, seperti pajak kendaraan bermotor, bayar PBB bagi yang memiliki tempat tinggal sendiri, bayar sewa kontrakan, sampai uang tahunan ajaran baru anak sekolah. Nah, kebutuhan tahunan ini bisa Anda penuhi dengan jatah THR. Hitung-hitung mengurangi pengeluaran gaji bulanan nantinya. Lagi pula, ketika kebutuhan tersebut sudah dibayarkan, Anda akan jadi lebih plong karena beban tanggung jawab sudah mulai dikurangi. Rugi, kan, kalau uang THR hanya terpakai untuk hal yang tidak diperlukan?

Manfaatkan momen Ramadan untuk mencari uang tambahan

Nah, bagi Anda yang suka berbisnis, momen Ramadan bisa Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi pemasukan. Kebutuhan masyarakat Indonesia jadi meningkat saat bulan puasa. Mulai dari kebutuhan untuk hidangan berbuka puasa, baju Lebaran sampai urusan bingkisan/hadiah Lebaran. Ini bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin memulai sebuah bisnis agar mendapat pemasukan tambahan. Misal, berjualan jajanan pasar dan minuman dingin untuk takjil. Berjualan baju dan perlengkapan salat untuk Lebaran, kue Lebaran, sampai menjual parcel Lebaran. Lumayan hasilnya bisa Anda gunakan di hari Lebaran sebagai dana tambahan.

Nah, itu tadi tips-tips untuk menjaga kondisi keuangan Anda agar bisa menikmati momen Idul Fitri tahun ini dengan penuh suka cita. Jangan sampai uang THR sudah habis dulu sebelum hari Lebaran tiba. Anda pasti tidak mau, kan, membuat anggota keluarga sedih? Jadi, semoga tips di atas bisa bermanfaat bila Anda terapkan. Tidak lupa Investree ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Referensi:

Ninda Anisya. 28 April 2021. Tips Memenuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran di Tengah Pandemi. Popmama.com: https://bit.ly/3vr7CP9

Kezia Prasetya. 23 Mei 2020. Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran Agar Tidak Boros. Fimela.com: https://bit.ly/3t1BcJw

Share this Post

Artikel Terbaru