5 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Saat Budget Mudik Lebaran Pas-Pasan

5 Cara Mengelola Keuangan Pribadi Saat Budget Mudik Pas-Pasan

Kamu ingin mudik Lebaran, tapi budget pas-pasan? Nggak perlu khawatir. Kamu masih bisa coba mengelola keuangan pribadi agar cukup digunakan untuk mudik 2023. Pemerintah tidak melarang mudik tahun ini. Namun, protokol kesehatan seperti memakai masker, masih harus diterapkan.

Bahkan, libur lebaran (cuti bersama) diperpanjang, yaitu mulai tanggal 19 – 25 April 2023. Kamu punya waktu yang cukup panjang untuk mudik. Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan pribadi agar budget yang pas-pasan bisa digunakan untuk mudik? Berikut Investree punya ulasannya. Simak, yuk!  

Cara mengelola keuangan pribadi saat mudik 2023

Kalau dipikir-pikir, mengapa pengelolaan keuangan itu perlu? Jawabannya adalah untuk menjaga arus kas tetap lancar, mengurangi risiko berutang, dan meningkatkan efisiensi pengeluaran. Apa saja cara mengelola keuangan saat budget mudik pas-pasan?

Pilih transportasi kelas ekonomi

Karena budget yang terbatas, ada baiknya kamu memilih moda transportasi kelas ekonomi yang jauh lebih irit. Ya, meski fasilitas yang didapat tak sebagus kelas eksekutif, namun asal mendapat tempat duduk dan ada sirkulasi udara, sudah cukup membuat kamu bisa mudik ke kampung halaman. 

Bandingkan saja, harga tiket kereta api Jakarta Semarang (kelas eksekutif) dibanderol Rp500.000 – Rp600.000. Sedangkan, untuk tiket kelas ekonomi seharga Rp100.000 – Rp170.000. 

Ada perbedaan harga yang jauh antara kereta kelas eksekutif dan ekonomi. Padahal perbedaan fasilitas antara keduanya tak begitu jauh. Hanya pada gerbong kereta eksekutif, jarak antar penumpang lebih lapang, serta penumpang mendapat selimut dan bantal. Kalau begini, bisa disiasati dengan membawa selimut dan bantal sendiri. Jadi, mudik dengan kelas ekonomi pun tetap nyaman.  

Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Selain menghindari risiko kehabisan tiket, memesan tiket dari jauh-jauh hari juga bertujuan untuk mendapat harga lebih murah. Terutama untuk tiket pesawat. Jika kampung halaman terlalu jauh ditempuh dengan jalur darat dan harus mudik menggunakan pesawat, tips ini jadi solusi untuk budget kamu yang pas-pasan. 

Trik mendapat harga tiket pesawat murah dilansir dari cnnindonesia.com, pesan tiket sejak 2 – 3 bulan sebelum keberangkatan. Serta, pilihan hari pembelian tiket yang ideal yaitu hari Minggu dengan keberangkatan hari Kamis atau Jumat. 

Baca juga: Tujuan dan Tips Cerdas Perencanaan Keuangan Sebelum Mudik Lebaran

Trik lainnya adalah membeli tiket jelang tengah malam, di atas pukul 22.00. Sebab, ada kecenderungan harga tiket pesawat jadi lebih murah sampai 10%. Tidak lupa untuk selalu memantau akun media sosial OTA (Online Travel Agent) atau maskapai penerbangan agar kamu selalu mendapat update informasi seputar program diskon tiket pesawat.

Bawa bekal sendiri dari rumah

Masak sendiri di rumah jelas lebih hemat ketimbang jajan di luar. Misal, kamu harus buka puasa di kereta. Ketimbang harus membeli makanan di kereta atau di stasiun, jauh lebih murah bila kamu sudah mempersiapkan bekal dari rumah. Apalagi kalau membawa anggota keluarga. 

Harga makanan di kereta api berkisar antara Rp25.000 – Rp50.000 per orang. Dan untuk harga minumannya berkisar Rp5.000 (air mineral) – Rp15.000 (jus buah). Jika dikalikan 4 orang saja, biaya makan di kereta api bisa mencapai sekitar Rp160.000. Belum termasuk biaya snack/cemilan yang harus disediakan karena membawa anak. 

Jika kamu membawa bekal dari rumah, biayanya pasti lebih hemat. Akan tetapi, pertimbangkan juga bekal apa yang akan dibawa. Karena perjalanan mudik memakan waktu lama, pastikan bekal makanan awet di jalan dan tak mudah basi. 

Manfaatkan mudik gratis

Ada banyak program mudik gratis 2023 yang bisa kamu manfaatkan. Seperti, Kementerian Agama (Kemenag) yang menyelenggarakan mudik gratis bertema “Mudik Berkah Kemenag” dengan menyediakan 23 bus tujuan utama ke Jawa Tengah. Tanggal keberangkatan mudik gratis Kemenag adalah tanggal 18 April 2023.  

Tak hanya itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mengadakan mudik gratis menggunakan kereta api dan kapal laut. Calon penumpang bisa mendaftarkan diri secara online melalui https://mudikgratis.dephub.go.id/. Jadwal keberangkatan 15 April dan 17 April 2023, serta jadwal kepulangan 25 April dan 28 April 2023. Program mudik gratis sangat cocok buat kamu yang punya budget mudik pas-pasan. 

Mudik bersama rombongan

Jika budget pas-pasan, kamu bisa mudik bareng rombongan teman, tetangga, atau saudara untuk menekan biaya. Adanya rombongan membuat kamu bisa membagi biaya perjalanan dengan mereka. Misal, ada saudara atau teman yang punya mobil dan punya tujuan mudik yang sama dengan kamu. Nah, kamu bisa nebeng dan biaya bensin dibagi rata.

Pengeluaran mudik otomatis lebih hemat. Kamu juga bisa menawarkan diri untuk bergantian menyetir mobil agar tidak terlalu capek bila hanya dibebankan ke satu orang. Nah, agar biaya bensin jadi lebih hemat, ada beberapa tips (cek di sini) yang bisa kamu terapkan. Dijamin budget pas-pasan pun, bikin kamu tetap bisa mudik. 

Sekian informasi seputar cara mengelola keuangan pribadi saat budget mudik pas-pasan. Jadi, kamu tidak perlu berutang, mudik tetap nyaman, dan bisa merayakan Idul Fitri bareng keluarga tercinta. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin!

Referensi

Ike Nofalia. 1 Juni 2019. 10 Panduan dan Tips Hemat Biaya Mudik Lebaran. Finansialku.com: http://bit.ly/43quIap

Joshua Renaldo. 31 Maret 2023. 7 Tips Mudik Lebaran agar Hemat dan Keuangan Tetap Aman. Glints.com: http://bit.ly/3Uxgr7S