Tujuan dan Tips Cerdas Perencanaan Keuangan Sebelum Mudik Lebaran

Tujuan dan Tips Cerdas Perencanaan Keuangan Sebelum Mudik Lebaran

Segala sesuatu yang ter-planning masih lebih baik dari spontanitas. Well, meski terkadang realitanya tak selalu sesuai dengan rencana yang sudah kita buat. Tapi paling tidak, adanya rencana membuat kita lebih siap menghadapi situasi tak terduga. Termasuk perencanaan keuangan, bisa menjadi strategi yang memudahkan kita mencapai tujuan.

Perencanaan keuangan adalah proses untuk mencapai tujuan hidup melalui pengelolaan keuangan yang terintegrasi dan terencana (menurut Financial Planning Standards Board Indonesia). Contoh perencanaan keuangan seperti menyiapkan dana pendidikan anak, dana pensiun, dana untuk membeli rumah, termasuk juga perencanaan keuangan sebelum mudik.

Nah, sebentar lagi hari Raya Idul Fitri. Sudah lumrah bagi masyarakat kita untuk melakukan mudik. Pentingnya perencanaan keuangan sebelum mudik, bantu perjalananmu jadi lebih aman dan nyaman.    

Tujuan perencanaan keuangan

Dalam menyusun perencanaan keuangan, kamu harus menyesuaikan dengan kondisi (live event) yang sedang dialami, sehingga perencanaan keuangan sifatnya spesifik. Antara satu orang bahkan keluarga yang satu dengan lainnya, punya perencanaan keuangan yang berbeda. Lalu, apa tujuan perencanaan keuangan?

Bantu membuat daftar prioritas

Adanya perencanaan keuangan, memudahkan kamu mengalokasi dana yang dimiliki untuk memenuhi segala kebutuhan/kepentingan. Adanya rencana keuangan dapat mengontrol setiap pos-pos anggaran yang tidak terlalu penting atau sifatnya bisa ditunda. Sehingga kebutuhan yang dianggap lebih penting/urgent dapat diprioritaskan lebih dulu.  

Meningkatkan produktivitas

Ini bisa dilakukan dengan cara merencanakan pembiayaan untuk lini produktivitas yang belum terjamah. Sebagai contoh untuk kebutuhan mudik. Ketika kamu tidak memiliki perencanaan keuangan, dana yang terpakai berisiko sulit dikendalikan dan membuat pengeluaran tidak efektif. Produktivitas pun terganggu, membuat perjalanan jadi tidak nyaman.

Memudahkan meraih tujuan jangka panjang 

Tak hanya membantu mencapai tujuan jangka pendek, adanya rencana keuangan membuat kamu bisa menyusun rencana yang akurat untuk mencapai tujuan jangka panjang. Termasuk mempersiapkan segala risiko yang mungkin muncul dalam proses pencapaian tujuan jangka panjang tersebut.    

Setelah mengetahui manfaat/tujuan adanya perencanaan keuangan, lalu bagaimana cara membuat rencana keuangan? Berikut Investree punya beberapa tips cerdas menyusun rencana keuangan sebelum mudik. Simak, yuk!

Tips perencanaan keuangan sebelum mudik lebaran

Buat dulu rencana mudik yang jelas

Kemana tujuan mudik lebaran, siapa saja anggota keluarga yang ikut mudik, apa saja oleh-oleh yang mau dibawa mudik, sampai kapan waktu keberangkatan mudik, sudah harus direncanakan atau ditentukan dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mengikuti rencana mudik tahun lalu, dan tinggal menyesuaikannya dengan kondisi sekarang. 

Misal, kamu merencanakan mudik dengan kereta api dari Jakarta ke Semarang. Berangkat tanggal 19 April – 24 April 2023 dan anggota keluarga yang ikut mudik ada 3 orang. Karena bawa anak, harus menyiapkan cemilan. Kereta tiba di tujuan pukul 20.00, jadi harus buka puasa di jalan. Ada juga rencana membawa oleh-oleh untuk orang tua, paman, dan keponakan.  

Dari rencana mudik di atas, kamu tinggal jabarkan berapa dana yang dibutuhkan untuk masing-masing rencana tersebut. Kemudian dijumlahkan agar bisa dipersiapkan dananya. 

Nabung dari jauh-jauh hari

Ketika kamu sudah memiliki rencana mudik yang jelas, akan lebih mudah menentukan besar dana yang dibutuhkan untuk ditabung dan strategi menabungnya. Misal dari rencana mudik yang kamu punya, total dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp5 juta. Nah, kamu bisa menabungnya dari jauh-jauh hari. 

Ketika kamu mempersiapkan dana tersebut dari 6 bulan sebelum mudik, kamu bisa menyisihkan dana sekitar Rp800.000 setiap bulan. Tidak lupa untuk memisahkan rekening tabungan mudik agar tidak terpakai oleh kebutuhan lainnya. 

Saat kamu sudah memiliki tabungan dana mudik, uang THR (Tunjangan Hari Raya) yang diterima bisa utuh disimpan untuk kebutuhan lain yang sifatnya tahunan, seperti membayar pajak kendaraan, bayar daftar ulang sekolah anak, atau untuk melunasi utang. 

Tetapkan anggaran agar tak over budget

Saat kamu sudah memiliki rencana mudik yang jelas, ada anggaran untuk masing-masing kebutuhan yang sudah kamu tentukan. Usahakan pengeluaran selalu sesuai anggaran agar tak over budget. Hindari belanja yang tidak perlu hanya karena godaan sesaat. Utamakan pembelian yang sudah kamu rencanakan dalam perjalanan mudik. Jangan sampai tergoda membeli sesuatu di luar itu. 

Apalagi mudik lebaran adalah momen libur panjang yang membuat harga barang-barang meroket. Jadi bila tak ingin boncos di perjalanan mudik, ada baiknya bawa uang tunai secukupnya, dan batasi pembelian hanya sesuai budget yang sudah dianggarkan.   

Manfaatkan THR dengan bijak

Besar uang THR yang diterima masing-masing orang berbeda, tergantung dari gaji yang diterima. Nah, uang THR yang kamu peroleh juga bisa digunakan untuk mensubsidi biaya mudik. Jika tabungan masih belum mencukupi, kamu bisa menutup kekurangannya dengan uang THR. 

Namun, lebih baik lagi bila bisa ditabung untuk membiayai kebutuhan lain setelah Idul Fitri selesai. Saat kamu memiliki perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, uang THR bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang tersebut.  

Pilih transportasi yang efisien

Saat mudik kamu pasti membutuhkan transportasi untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Ada baiknya, pemilihan transportasi disesuaikan dengan kemampuan finansial. Hitung budget maksimal yang bisa kamu sediakan untuk biaya transportasi mudik. Kamu juga bisa memanfaatkan diskon untuk membeli tiket mudik. 

Ragam diskon tiket mudik Lebaran 2023 

Seperti dilansir dari Tempo.co – PT Kereta Api Indonesia menyediakan setidaknya 2.550 tiket kereta api jarak jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi dengan harga diskon 20% bagi pemudik Lebaran 2023. 

Tak hanya itu, maskapai Lion Air juga meluncurkan program promo tiket pesawat mudik dari Jakarta dengan tujuan Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Harga tiket masing-masing tujuan adalah Rp595.000 (Surabaya), Rp338.000 (Semarang), dan Rp360.000 (Yogyakarta). Tiket promo ini bisa dipesan mulai tanggal 6 – 17 April untuk periode terbang pada 13 – 17 April 2023.

PT Jasa Marga juga memberlakukan diskon tarif tol sebesar 20% pada Jalan Tol Jakarta – Cikampek. Diskon tarif tol juga berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta – Cikampek yang menuju dan dari arah Trans Jawa, serta Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju dan dari arah Bandung. 

Itu tadi ulasan seputar tujuan perencanaan keuangan dan beberapa tips untuk merencanakan keuangan sebelum mudik. Semoga bermanfaat dan selamat mudik, teman-teman.

Referensi:

Tim CIMB Niaga. Perencanaan Keuangan: Manfaat untuk Pribadi dan Bisnis Anda. Cimbniaga.co.id: http://bit.ly/3GAxa4l

Trias Ismi. 6 April 2023. 7 Tips Menyiapkan Dana Mudik Lebaran agar Keuangan Tetap Sehat. Glints.com: http://bit.ly/41dmQb3

Dera Fitri. 30 Maret 2023. 5 Tips Jitu Menjaga Kestabilan Arus Keuangan Selama Mudik dan Lebaran. Viva.co.id: http://bit.ly/3ZRDefG