Pembiayaan Modal Kerja: Mengenal Garuda Financial, Produk, dan Cara Pengajuan

Pembiayaan Modal Kerja: Mengenal Garuda Financial, Produk, dan Cara Pengajuan

Melalui sales channel milik Investree, Garuda Financial berupaya memberi pembiayaan modal kerja khusus bagi para penyedia tender pemerintah melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dan e-Katalog. 

Kali ini, yuk, kita kenalan dengan Garuda Financial! Anda juga bisa menyimaknya pada webinar TreeClass: Pembiayaan Modal Kerja untuk Penyedia Tender Pemerintah

Apa itu Garuda Financial?

Penyedia barang/jasa (perusahaan) tender pemerintah, sering kali menghadapi masalah seputar:

  • Kendala term of payment

Ketika penyedia sudah mengerjakan project tender (pengadaan), panitia pengadaan butuh waktu lebih lama untuk melakukan pembayaran ke pihak penyedia. Ini yang kemudian membuat cash flow bisnis mereka jadi terkendala. 

Belum lagi kalau ternyata dana pencairan tersebut dijagain untuk mengerjakan project lainnya. Terkadang pihak penyedia harus merelakan pekerjaan selanjutnya, karena pembayaran belum cair dan tidak ada modal untuk mengerjakannya. Operasional bisnis jadi terganggu dan berdampak pada turunnya pemasukan.    

  • Tidak memiliki fixed asset

Ketika penyedia ingin mengajukan pinjaman ke bank, sering terkendala soal keharusan memiliki jaminan fixed asset. Belum lagi persyaratan dokumen yang rumit membuat butuh waktu yang lama untuk mempersiapkannya, padahal penyedia butuh dana cepat. 

Sehingga akses pinjaman modal untuk memperlancar cash flow yang terhambat pun, sulit mereka dapatkan. 

  • Dikejar deadline proyek

Meski pembayaran dari pihak panitia pengadaan tertunda, pekerjaan tetap harus dikerjakan oleh pihak penyedia dan harus berjalan sesuai timeline (deadline) di dalam kontrak. 

Jika modal sudah habis, dan pembayaran belum juga masuk, pihak penyedia jadi kebingungan harus lanjut mengerjakan project tersebut menggunakan modal dari mana. 

Karena itu, hadirlah Garuda Financial yang menjawab semua masalah Anda sebagai pihak penyedia barang/jasa tender pemerintah. Garuda Financial adalah kanal distribusi (sales channel) milik Investree yang telah memiliki izin resmi dalam menyalurkan pinjaman modal kerja kepada perusahaan (penyedia) pemenang tender pemerintah. 

Garuda Financial telah bekerja sama dengan LKPP serta LPSE Jawa Barat dan Jawa Timur. Sehingga penyedia pemenang tender di Provinsi tersebut, dapat mengajukan pinjaman modal kerja ke Investree melalui Garuda Financial. Pihak Investree juga turut menyeleksi pengajuan pinjaman Borrower (penyedia/vendor) yang layak untuk didanai oleh para Lender Investree.  

Baca juga: Bersama Garuda Financial, Investree Dorong Akselerasi dan Transformasi Digital Pengadaan Pemerintah

Sistem pengadaan/tender pemerintah

Perusahaan penyedia barang/jasa mengikuti tender/lelang pemerintah melalui LPSE dan e-Katalog. 

Pengadaan atau tender melalui LPSE

LPSE adalah unit kerja yang dibentuk untuk melayani Unit Layanan Pengadaan (ULP) atau Panitia Pengadaan, yang akan melaksanakan pengadaan secara elektronik. 

Proses pengadaan atau tender pemerintah melalui LPSE dimulai dari:

  • Proses pendaftaran. Lakukan pendaftaran pada lelang terbuka (e-regular tendering) bagi penyedia yang sudah terdaftar di LPSE. 
  • Tahap kualifikasi. Anda harus memenuhi kelengkapan dokumen tender yang dipersyaratkan oleh panitia pengadaan dan mengunggahnya di LPSE.  
  • Tahap evaluasi. Jika lolos di tahap seleksi berkas (dokumen), Anda akan diminta melakukan pembuktian kualifikasi atas keaslian berkas-berkas yang diajukan. Panitia juga terkadang melakukan peninjauan kantor/perusahaan penyedia. 
  • Pemilihan pemenang. Jika panitia sudah menemukan satu penyedia dengan harga penawaran terendah, memenuhi kualifikasi persyaratan, dan masuk kriteria peninjauan, panitia akan mengumumkan pemenang tender melalui LPSE. 

Jika Anda terpilih sebagai pemenang tender, dan kontrak kerja sudah terbit, bisa langsung mengajukan pembiayaan modal kerja melalui Garuda Financial. Nilai pembiayaan yang bisa diperoleh hingga 50% dari nilai kontrak pengadaan. 

Baca juga: Cari Tahu Seluk-Beluk Tender Pemerintah dan Perusahaan Pendanaan Project untuk Modal Kerja

Pengadaan atau tender melalui e-Katalog

e-Katalog adalah platform belanja online berbagai komoditas kebutuhan pemerintah yang difasilitasi oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). 

Anda bisa mendaftar sebagai rekanan vendor pada e-Katalog, dengan menginput seluruh informasi (foto dan deskripsi) produk/jasa yang ditawarkan, seperti layaknya para seller yang berjualan di marketplace. Dengan begitu, panitia pengadaan bisa melakukan pemesanan langsung menggunakan e-Purchasing.    

Lalu, bila Anda sudah mendapatkan project dan kontrak kerja telah terbit, Anda bisa mengajukan pembiayaan modal kerja melalui Garuda Financial. Nilai pembiayaan yang bisa diperoleh lebih tinggi, yaitu mencapai 80% dari nilai kontrak pengadaan.   

Produk pembiayaan modal kerja

Garuda Financial menyediakan akses pembiayaan modal kerja melalui produk pinjaman Pre-Invoice Financing

Pre-Invoice Financing adalah pinjaman modal kerja yang memanfaatkan kontrak penyedia tender sebagai jaminan atas pengajuan pinjaman modal kerja Anda. Kontrak penyedia tersebut diterbitkan oleh pemberi pekerjaan, dalam hal ini adalah instansi pemerintah yang proyeknya terdaftar di LKPP, baik pada sistem LPSE atau e-Katalog. 

Syarat dan ketentuan pengajuan

Ada beberapa syarat dan ketentuan berlaku, yang bisa Anda simak di bawah ini!

  • Peminjam. Perusahaan penyedia atau institusi harus sudah berbadan hukum PT/CV. 
  • Domisili. Lokasi perusahaan berada di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.
  • Nilai pinjaman. Mulai dari Rp50 juta hingga maksimal Rp2 miliar. 
  • Tenor pinjaman. Jangka waktu pinjaman adalah 1 – 6 bulan.
  • Skema pengembalian. Pelunasan pinjaman dibayarkan secara penuh (pokok dan bunga) di akhir masa jatuh tempo. 
  • Lama usaha. Perusahaan penyedia harus sudah beroperasi selama minimal 12 bulan.
  • Omzet bisnis. Minimal omzet perusahaan adalah Rp2,5 miliar per tahun. 
  • Dokumen pengajuan. Dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti:
    • Akta pendirian dan perubahan, beserta pengesahannya.
    • NPWP perusahaan.
    • SIUP
    • TDP
    • KTP pengurus dan pemegang saham.
    • NPWP pengurus dan pemegang saham. 

Keuntungan produk pinjaman Pre-Invoice Financing

Ketika Anda mengajukan pembiayaan modal kerja melalui Garuda Financial dengan produk Pre-Invoice Financing, ada sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu:

  1. Nilai pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar per pengajuan pinjaman.
  2. Bunga kompetitif, yaitu 13% – 15% per tahun (proporsional).
  3. Tenor pinjaman 1 – 6 bulan.
  4. Tanpa jaminan aset tetap. Cukup menunjukkan bukti yang sah bahwa perusahaan penyedia sebagai pemenang tender. 
  5. Proses pengajuan pinjaman 100% online, cepat, dan transparan.
  6. Proses verifikasi terintegrasi dengan proyek tender pemerintah yang diajukan pinjamannya. 

Cara pengajuan pinjaman

Berikut tahapan pengajuan pinjaman di Investree melalui Garuda Financial!

  1. Perusahaan peserta tender di platform e-Katalog atau LPSE memenangkan tender. 
  2. Instansi pemberi pekerjaan mengeluarkan dokumen kontrak penyedia.
  3. Ajukan pinjaman melalui Garuda Financial.
  4. Analisis dan pencairan pinjaman dilakukan oleh Investree.
  5. Modal cair, pekerjaan tender dapat Anda kerjakan. 
  6. Serah terima proyek. Setelah proyek selesai, Anda memperoleh pembayaran dari instansi pemberi kerja, lalu melakukan pengembalian ke Investree. 
  7. Jika proyek selesai lebih cepat dan pembayaran dari pihak instansi dimajukan, Anda cukup membayar bunga sesuai jangka waktu pinjaman.  

Per Agustus 2023, Investree sejak berdiri telah tercatat menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp22,02 triliun dengan jumlah penerima pinjaman sebanyak 62.093 Borrower. Dari tahun ke tahun, angkanya terus meningkat.
So, kalau Anda sedang membutuhkan pembiayaan modal kerja untuk project tender pemerintah, yuk, langsung ajukan melalui Garuda Financial di sini! Proyek jadi lancar tanpa hambatan.