3 Manfaat Memberikan Berbagai Metode Pembayaran untuk Customer B2B

3 Manfaat Memberikan Berbagai Metode Pembayaran Untuk Customer B2B

Dulu, metode pembayaran hanya terbatas dengan cash via uang tunai atau transfer bank. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, sekitar 15% dari transaksi bisnis yang menggunakan metode tunai mengalami berbagai resiko khususnya aspek keamanan, mulai dari potensi pencurian hingga kehilangan. Selain itu, metode transfer bank konvensional kadang memerlukan waktu yang lama dan biaya tambahan, yang bisa menghambat efisiensi dalam proses bisnis.

Dengan tren digital yang terus bertumbuh, muncul berbagai metode pembayaran digital yang menawarkan keamanan dan efisiensi yang lebih baik. Menurut Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), sekitar 65% perusahaan business-to-business atau B2B di Tanah Air sudah beralih ke sistem pembayaran digital dalam kurun waktu lima tahun terakhir, di mana mereka merasakan 3 (tiga) manfaat seperti:

Meningkatkan keuntungan bisnis secara signifikan

Memasuki era bisnis yang dinamis, menawarkan beragam metode pembayaran sudah menjadi sebuah keharusan. Keberagaman opsi pembayaran memberi customer kebebasan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, sehingga mengurangi potensi hambatan dan mempercepat proses transaksi. Apalagi sudah banyak aplikasi yang memberikan kemudahan ini tanpa perlu menyediakan opsinya satu persatu. Tinggal pakai aplikasinya saja, maka pembayaran jadi lebih mudah.

Hal ini juga didukung oleh studi dari Business.com, di mana bisnis yang menawarkan lebih dari satu metode pembayaran mengalami peningkatan keuntungan sebesar 64% dibandingkan dengan mereka yang hanya menyediakan satu opsi pembayaran, sekaligus mempercepat proses pembayaran. 

Membebaskan customer dalam memilih metode pembayaran

Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran, perusahaan Anda menunjukkan adaptabilitas terhadap perubahan dan dinamika pasar yang berbeda. Selain itu, ada banyak pelanggan potensial yang memiliki kebijakan atau preferensi khusus terkait metode pembayaran, seperti pembayaran menggunakan kartu kredit. 

Dengan menawarkan beragam pilihan, Anda memperluas cakupan pasar dan menjangkau customer potensial yang lebih besar yang mungkin belum pernah Anda sentuh. Tentunya, bisnis Anda akan menjadi lebih berkembang! 

Baca juga: Invoice Digital: Meminimalisir Kesalahan, Meningkatkan Efisiensi! Simak Manfaatnya

Meningkatkan kepercayaan customer

Dalam dunia bisnis, reputasi dan kepercayaan adalah segalanya. Menawarkan berbagai opsi pembayaran yang up-to-date dan sesuai dengan tren pasar bukan hanya menunjukkan fleksibilitas, tetapi juga menunjukkan komitmen bisnis Anda untuk memahami dan memenuhi kebutuhan customer. Dengan demikian, Anda tidak hanya memperkuat citra bisnis di mata customer, tetapi juga menanamkan kepercayaan yang mendalam, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas mereka.

Salah satu contoh suksesnya adalah Apple ketika memperkenalkan Apple Pay untuk transaksi bisnis. Menurut laporan dari Forbes, setelah peluncuran Apple Pay, banyak penggunanya merasakan peningkatan interaksi dan transaksi dengan Apple, berkat kemudahan dan keamanan metode pembayaran tersebut. Ini adalah bukti nyata bahwa dengan menyesuaikan metode pembayaran dengan kebutuhan pasar, sebuah perusahaan dapat meningkatkan citra dan kepercayaan di mata customer-nya.

Baca juga: 7 Tujuan Bisnis yang Wajib Diketahui Sebelum Memulainya

Simpulan

Menyediakan berbagai metode pembayaran bukan hanya memberikan keuntungan dalam hal peningkatan volume transaksi, namun juga membantu dalam membangun hubungan baik dengan customer. Dalam bisnis B2B, kepercayaan dan kenyamanan adalah kunci. Oleh karena itu, selalu ada baiknya untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan pasar dan mengantisipasi kebutuhan customer Anda.

*) Artikel ini merupakan hasil kerja sama Investree dan Paper.id.