Manfaat Invoice Digital Mempermudah Penagihan & Pembayaran Bisnis

Manfaat Invoice Digital Mempermudah Penagihan & Pembayaran Bisnis

Dalam era digital yang terus berkembang, bisnis di seluruh dunia menghadapi tantangan untuk meningkatkan efisiensi dan mempermudah proses penagihan dan pembayaran. Salah satu solusi yang muncul adalah penggunaan invoice secara digital

Dengan menerapkan itu, proses penagihan yang biasanya memakan waktu lama bisa terpangkas dengan drastis. Tagihan bisnis bisa terbayar lebih cepat, otomatis cash flow bisnismu bisa lebih lancar! Berikut 5 manfaatnya yang perlu kamu simak. 

Baca juga: Invoice adalah: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Membuat Invoice

Mengurangi resiko human error hingga 99%

Dalam invoice manual, ada kemungkinan kesalahan dalam penulisan atau pengisian data yang dapat menyebabkan kebingungan atau penundaan pembayaran. 

Dengan invoice digital, seluruh informasi bisa ditinjau kembali serta dapat diimpor secara otomatis dari sistem, terdapat notifikasi jika ada input yang kurang tepat & mengurangi resiko human error hingga 100% menurut accenture. Proses pengecekkan yang biasanya memakan waktu lama dengan invoice manual, bisa lebih cepat karena semua informasi sudah tertera jelas dengan invoice digital. 

Meningkatkan efisiensi & kecepatan penagihan bisnis

Invoice digital dapat memudahkanmu mengirimkan invoice langsung melalui WhatsApp, email atau channel pengiriman online lainnya. Dibandingkan dengan pengiriman manual melalui kurir yang memakan waktu dan biaya, 

Coba bayangkan, jika biasanya proses pengiriman dokumen fisik memakan waktu antara 1-2 jam untuk instant delivery dengan biaya lebih tinggi atau normal delivery dengan pengiriman bisa berhari-hari bahkan mingguan. 

Dengan penggunaan invoice digital, customer bisa  langsung terima invoice dengan cepat dan bisa diakses di perangkat mereka. Dengan begitu, invoice bisa langsung dicek, diproses dan cepat dibayar. 

Memantau & melacak invoice jadi jauh lebih simpel

Invoice digital memungkinkan kamu untuk melacak status pengiriman dan pembayaran secara real-time, kamu dapat melihat apakah invoice telah dikirim, diterima, atau bahkan dibayar oleh pelanggan. Ini memberi kamu visibilitas yang lebih baik atas invoice-mu tanpa perlu pengecekan satu per satu. 

Terintegrasi dengan pembayaran digital

Transaksi tidak hanya seputar penerbitan invoice, tetapi juga kemudahan cara bayar, melalui invoice digital biasanya akan selalu terhubung dengan beragam metode pembayaran.  Hal ini mengubah proses pembayaran bisnis yang sebelumnya ribet dan konvensional sehingga  menjadi lebih singkat, seperti saat kamu beli barang secara grosir & untuk kebutuhan bisnis. 

Setelah invoicemu diterima oleh customer, invoice bisa dibuka langsung, mengecek serta membayarnya langsung dalam satu tempat. Tanpa harus mencocokan satu per satuesuai rekening supplier, sehingga semua menjadi lebih praktis.

Baca juga: Kenalan dengan Pre-Invoice Financing, Pinjaman Modal Usaha Ramah UKM

Tersimpan di dalam satu tempat

Tidak seperti invoice fisik yang rentan terhadap kerusakan, kehilangan, atau keusangan, invoice digital dapat dengan mudah diakses dan dilacak kembali. Kamu dapat menyimpannya dalam folder atau sistem berbasis cloud yang terproteksi dengan baik, sehingga tidak mudah hilang atau rusak. 

Selain itu, kamu bisa mengelompokkannya sesuai kategori yang diinginkan, seperti nama klien atau waktu pembayaran. Di saat kamu perlu mengeceknya, semuanya bisa dicari dengan mudah di komputer, tanpa membuka arsip brankas.

Kesimpulan

Invoice digital membawa perubahan positif dalam proses penagihan dan pembayaran bisnis bagi kamu dan pelanggan kamu. Efisiensi, akurasi, pemantauan yang lebih baik, keberlanjutan, dan kemudahan akses adalah beberapa manfaat yang ditawarkan. Dengan mengadopsi invoice digital, kamu dapat menghemat waktu, biaya, dan sumber daya, sambil meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengoptimalkan operasional bisnis kamu.

*Artikel ini hasil kerja sama Paper.id & Investree